Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Tondano Kabupaten Minahasa

Oleh : Hariyanto | Selasa, 30 Juli 2024 - 10:37 WIB

Kawasan Tondano Kabupaten Minahasa
Kawasan Tondano Kabupaten Minahasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pariwisata merupakan salah satu sektor vital yang dapat menggerakkan perekonomian daerah. Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan Kawasan Tondano Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan infrastruktur yang memadai akan mempercepat pengembangan destinasi wisata. 

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” kata  Menteri Basuki, Senin (29/7/2024). 

Penataan Kawasan Tondano Minahasa dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Utara Ditjen Cipta Karya dengan total Anggaran sebesar Rp33,5 miliar. Penataan kawasan ini telah selesai dan telah dilakukan serah terima kelola ke pemerintah daerah serta soft opening pada 19 Maret 2024. 

Kegiatan penataan kawasan ini meliputi revitalisasi Jalan Sam Ratulangi, pembangunan gerbang plaza, pembangunan panggung dan Lapangan Sam Ratulangi yang juga dikenal sebagai Taman God Bless Minahasa, pembangunan promenade, perbaikan saluran drainase dan trotoar di area pasar bawah. Penataan kawasan ini bertujuan untuk menyediakan infrastruktur pendukung pariwisata, menciptakan kawasan terbuka kota, serta menyediakan sarana pejalan kaki yang nyaman dan aman.

Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Wahyu Kusumosusanto mengatakan penataan kawasan ini merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Infrastruktur Permukiman (RPIP) Kawasan Tondano yang diarahkan untuk mengembangkan infrastruktur pariwisata di kawasan Danau Tondano.

“Danau Tondano merupakan salah satu danau yang diprioritaskan penanganannya secara nasional. Statusnya juga telah dituangkan dalam Perda Sulut nomor 1 tahun 2014 tentang RTRW Provinsi Sulawesi Utara tahun 2014-2034 yang menetapkan DAS Tondano sebagai Kawasan Strategis Nasional sebagai Kawasan Konservasi dan Wisata Daerah Aliran Sungai Tondano,” kata Wahyu. 

Penataan Kawasan Tondano ini tidak hanya akan meningkatkan daya tarik pariwisata, tetapi juga berdampak positif bagi perekonomian lokal. Penyediaan sarana pejalan kaki dan revitalisasi kawasan perkantoran dan pertokoan diharapkan dapat mendorong peningkatan aktivitas ekonomi di daerah tersebut. 

Selain itu, perbaikan saluran drainase dan trotoar akan mengurangi risiko banjir dan genangan air, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penduduk setempat serta pengunjung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Program beasiswa ScholarFlip

Senin, 09 September 2024 - 13:25 WIB

Flip Luncurkan ScholarFlip, Beasiswa untuk Mahasiswa Hemat Pertama di Indonesia

Flip, group fintech terkemuka di Indonesia dengan bangga meluncurkan ScholarFlip, program beasiswa pertama di Indonesia yang ditujukan bagi masyarkat hemat.

Kerjasama FWD Insurance dan OCBC

Senin, 09 September 2024 - 12:58 WIB

Perkuat Kemitraan Bisnis, FWD Insurance dan OCBC Tandatangani Kerja Sama Bancassurance

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) memperkuat kemitraannya dengan PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pemasaran produk asuransi melalui kanal…

Direktur Utama PT Reethau Dharma Andalan Arry Pasya bersama President Director PT Pertagas Niaga Aminuddin seusai penandatanganan kontrak kerja sama

Senin, 09 September 2024 - 12:25 WIB

Reethau Group - Pertagas Niaga Teken Kontrak Kerja Sama Regasifikasi LNG di Kalimantan Timur

Reethau Group, perusahaan yang fokus pada industri energi melalui, PT Reethau Dharma Andalan menandatangani kontrak kerja sama dengen PT Pertagas Niaga untuk pekerjaan Jasa Pengangkutan Penyimpanan,…

Kenko dan Sampari berkolaborasi

Senin, 09 September 2024 - 12:17 WIB

Kenko Stationery Gandeng Sampari Luncurkan Produk Alat Tulis Sekolah

PT Kenko Sinar Indonesia (Kenko Stationery) menggandeng kerja sama dengan Sampari resmi meluncurkan serangkaian produk alat tulis sekolah Kenko Stationery yang diperkenalkan melalui wadah kreasi…

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem

Senin, 09 September 2024 - 10:38 WIB

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem, Ajak Masyarakat Berlari Sambil Membersihkan Lingkungan

Melalui event bertajuk Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem, Garmin Indonesia mengajak masyarakat untuk berlari bersama sembari membersihkan sampah di sepanjang rute lari