Dukung Konektivitas IKN, Presiden Resmikan Jembatan Pulau Balang

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Juli 2024 - 15:27 WIB

Presiden Resmikan Jembatan Pulau Balang
Presiden Resmikan Jembatan Pulau Balang

INDUSTRY.co.id - Pulau Balang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang juga Plt Ketua Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Plt Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Jalan Bebas Hambatan Akses IKN dengan mengendarai kendaraan roda dua (sepeda motor) sekaligus meresmikan Jembatan Pulau Balang, Minggu (28/7/2024).

Presiden Jokowi mengatakan, Jembatan Pulau Balang menjadi salah satu infrastruktur pendukung untuk IKN terutama dalam hal konektivitas dari Kota Balikpapan sebagai bagian dari ruas Jalan Tol IKN. 

"Alhamdulillah pada sore ini kita resmikan salah satu infrastruktur pendukung IKN, yakni Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan ke Penajam Paser Utara dan ke Kalimantan Selatan. Dibangun sejak 2015 dengan biaya Rp1,43 triliun, dan sudah saya coba juga jalan tolnya. Belum selesai tapi sudah mulus dan nyaman," kata Presiden.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Bebas Hambatan Akses IKN akan difungsikan untuk memperlancar pergerakan para tamu Upacara 17 Agustus 2024 mendatang di IKN Nusantara. "Seluruh jalan akses mulai dari jalan tol, jalan lingkar dan jalan sumbu kebangsaan disiapkan untuk mendukung kelancaran para peserta mengikuti upacara Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia," kata Menteri Basuki.

Jalan Bebas Hambatan Akses IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 - Kariangau, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kira-kira 1 jam 30 menit. 

Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Akses IKN saat ini sudah berjalan di Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 81,15%, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 91,53%, Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km dengan progres 88,28%. 

Kemudian Seksi 5B Jembatan Pulau Balang-Riko sepanjang 13,27 km dengan progres 23,54%, Seksi 6A Riko – Rencana Outer Ring Road IKN sepanjang 6,28 km dengan progres 31,68%, dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road – Simpang 3 ITCI sepanjang 6,18 km dengan progres 35,18%.

Selain jalan tol, saat ini juga tengah diselesaikan pembangunan duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek dan pengecatan (beautifikasi) Jembatan Pulau Balang. Duplikasi jembatan Pulau Balang bentang pendek ini penting untuk melengkapi Jembatan Pulau Balang bentang pendek yang lama sekaligus menghubungkan Jembatan Pulau Balang yang sudah selesai pembangunannya dan sore tadi diresmikan Presiden Jokowi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Program beasiswa ScholarFlip

Senin, 09 September 2024 - 13:25 WIB

Flip Luncurkan ScholarFlip, Beasiswa untuk Mahasiswa Hemat Pertama di Indonesia

Flip, group fintech terkemuka di Indonesia dengan bangga meluncurkan ScholarFlip, program beasiswa pertama di Indonesia yang ditujukan bagi masyarkat hemat.

Kerjasama FWD Insurance dan OCBC

Senin, 09 September 2024 - 12:58 WIB

Perkuat Kemitraan Bisnis, FWD Insurance dan OCBC Tandatangani Kerja Sama Bancassurance

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) memperkuat kemitraannya dengan PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pemasaran produk asuransi melalui kanal…

Direktur Utama PT Reethau Dharma Andalan Arry Pasya bersama President Director PT Pertagas Niaga Aminuddin seusai penandatanganan kontrak kerja sama

Senin, 09 September 2024 - 12:25 WIB

Reethau Group - Pertagas Niaga Teken Kontrak Kerja Sama Regasifikasi LNG di Kalimantan Timur

Reethau Group, perusahaan yang fokus pada industri energi melalui, PT Reethau Dharma Andalan menandatangani kontrak kerja sama dengen PT Pertagas Niaga untuk pekerjaan Jasa Pengangkutan Penyimpanan,…

Kenko dan Sampari berkolaborasi

Senin, 09 September 2024 - 12:17 WIB

Kenko Stationery Gandeng Sampari Luncurkan Produk Alat Tulis Sekolah

PT Kenko Sinar Indonesia (Kenko Stationery) menggandeng kerja sama dengan Sampari resmi meluncurkan serangkaian produk alat tulis sekolah Kenko Stationery yang diperkenalkan melalui wadah kreasi…

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem

Senin, 09 September 2024 - 10:38 WIB

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem, Ajak Masyarakat Berlari Sambil Membersihkan Lingkungan

Melalui event bertajuk Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem, Garmin Indonesia mengajak masyarakat untuk berlari bersama sembari membersihkan sampah di sepanjang rute lari