Segudang Prestasi Kejari Tangsel, Pengamat: Hati-Hati Akan Ada Perlawanan Coba Rusak Intergritas

Oleh : Hariyanto | Jumat, 26 Juli 2024 - 19:56 WIB

Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan
Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan (Kejari Tangsel) terus meningkatkan prestasinya dalam upaya penegakan hukum di wilayah kerjanya. Bahkan Kejari Tangsel juga dinilai telah memberikan kontribusi nyata bekerja keras dalam memberikan pelayanan hukum yang baik pada masyarakat.

Tak ayal, prestasi Kejari Tangsel tersebut sejalan dengan capaian Kejaksaan Agung yang mencetak sejarah sebagai lembaga penegak hukum paling dipercaya dalam lima tahun terakhir. Hal tersebut pun langsung diapresiasi pengamat Kejaksaan, Fajar Trio yang menyebut bahwa prestasi yang ditorehkan Kejari Tangsel merupakan kado spesial dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64.

Menurutnya, prestasi dan kinerja moncer Kejari Tangsel tak lepas dari peran sang pimpinan yang sepenuh hati dalam menangani sejumlah kasus baik itu pidana umum, khusus hingga perdata dan tata usaha negara. 

“Patut diapresiasi bagi Kajari Tangsel dan jajarannya yang berhasil menorehkan prestasi hingga menjaga marwah kejaksaan ke arah yang lebih baik. Artinya keberhasilan Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam menahkodai lembaga Adhyaksa juga ditularkan ke jajaran paling bawah,” kata Fajar di Jakarta, Jumat (26/7/2024). 

Namun pihaknya mewanti-wanti agar para jaksa di Kejari Tangsel berhati-hati karena pasti ada perlawanan balik dari para pelaku kejahatan untuk melemahkan dan merusak citra kejaksaan dalam upaya penegakan hukum. 

“Karena para pelaku kejahatan baik itu dalam kasus korupsi, narkoba maupun tindak pidana lainnya pasti akan terus berupaya melakukan perlawanan untuk merusak integritas institusi kejaksaan. Salah satunya dengan melakukan penggiringn opini untuk merusak nama baik Kejari Tangsel,” ujarnya.

Ia menambahkan, para pelaku kejahatan biasanya karena sudah kehabisan akal akan melakukan berbagai cara untuk menjegal segala upaya kejaksaan dalam menegakan hukum. “Apalagi dengan segudang prestasi yang telah dicapai Kejari Tangsel, para pelaku kejahatan pasti makin pusing mencari cara untuk mempengaruhi masyarakat untuk membenci kejaksaan,” ujarnya.

Sebabnya, Fajar mengajak seluruh insan Adhyaksa Kejari Tangsel untuk terus berfokus pada penyelesaian penanganan tindak pidana secara profesional, proporsional, dan mengedepankan integritas serta transparan dalam semua tahapan penanganannya. Sementara untuk masyarakat agar tidak tepengaruh akan isu-isu atau hoax yang beredar di media sosial maupun media massa yang menyudutkan Kejari Tangsel tanpa cukup bukti yang kuat.

Ia pun mencatat ada sejumlah cara yang dilakukan pelaku kejahatan untuk melemahkan integritas dan mencoreng nama baik Kejari Tangsel. “Seperti memanfaatkan berbagai media sosial dengan dalih kriminalisasi, melakukan berbagai upaya dengan tuduhan-tuduhan yang tidak berdasar bahkan upaya pelaporan dengan berbagai cara seolah-olah menjadi korban, melakukan upaya gratifikasi dan/atau penyuapan. Dan membangun opini-opini negatif baik kepada perorangan maupun institusi,” ujarnya.

"Selama jaksa semua bekerja secara baik, profesional, teliti dan cermat maka reputasi dan keberhasilan penegakan hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan tetap terjaga marwahnya," katanya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) Kamilov Sagala menilai bahwa Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan memiliki prestasi yang cukup baik. 

"Kalau lihat prestasi Kejaksaan Negeri Tangsel ini dari Tahun 2022 hingga saat ini terbukti telah menorehkan sejumlah prestasi yang sangat baik," kata Kamilov.

Artinya, kata dia, keberhasilan ini memang menjadikan suatu kinerja baik yang ditorehkan oleh seorang penegak hukum.

"Khususnya Kepala Kejaksaan Negeri yang satu tim dengan bawahannya dari rekan-rekan di bawah kajari ada Kasi Intel, kasi pidsus, kasi pidum segala macam itu," katanya.

Sehingga menurutnya, hal tersebut juga patut diapresiasi, karena membawahi suatu institusi di Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan.

"Jadi kalau Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan ini berprestasi memang sudah selayaknya mendapatkan reward atau penghargaan," ujarnya mengakhiri wawancara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.