Sinergi Kemensos dan Forum CSR Indonesia Perkuat TJSLBU

Oleh : Wiyanto | Jumat, 26 Juli 2024 - 15:28 WIB

Forum CSR bersama Kemensos di Jambi
Forum CSR bersama Kemensos di Jambi

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Kegiatan Penguatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) dari Kementerian Sosial di Provinsi dan Kabupaten/Kota dinilai sangat berguna sebagai bentuk sinergi terintegrasi antara dunia usaha dan pemerintah dengan tujuan mencapai pembangunan berkelanjutan.

Guna mendukung hal tersebut Kemensos bersama Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesia mengadakan diskusi dengan para pelaku usaha di Bank 9 Jambi, Jumat (19/7/2024) lalu.

"Kolaborasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa program TJSLBU berjalan efektif dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Dengan integrasi program yang baik, kita dapat mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dengan lebih cepat dan efisien," kata Ketua Umum Forum CSR Indonesia Mahir Bayasut, dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Mahir menguraikan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah mewujudkan sinergi penyelenggaraan program TJSLBU di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Selain itu, lanjutnya, acara ini juga bertujuan untuk mengintegrasikan penyelenggaraan program dan kegiatan TJSLBU dengan program dan kegiatan pemerintah daerah, guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, terkhusus di Provinsi Jambi.

"Sinergitas, sinkronisasi, dan peningkatan kerja sama antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan pelaku usaha juga menjadi fokus utama kegiatan ini," tambahnya.

Hadir pada kegiatan ini Perwakilan Kementerian Sosial Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Yahya dan Mia Kharisma, juga dari Dinas Sosial Dukcapil Provinsi Jambi Drs. M. Arif Budiman,Anggota Bidang Organisasi, Kelembagaan dan Keanggotaan Forum CSR Indonesia Antya Dayinta dan Nurfitria Rosa serta kalangan dunia usaha di Jambi.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Forum CSR Indonesia dari kalangan dunia usaha lintas sektor dan Dinas Sosial Provinsi Jambi. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait implementasi program TJSLBU, serta menjajaki potensi kerja sama yang lebih erat di masa mendatang.

"Partisipasi aktif dari dunia usaha dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen mereka untuk turut serta dalam pembangunan berkelanjutan," kata Mahir lagi.

Diungkapkan, salah satu yang menjadi sorotan adalah bagaimana menggunakan dana CSR untuk membangun dan menjaga reputasi baik perusahaan. "Ketika perusahaan terlibat dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan, mereka menciptakan citra positif di mata masyarakat, konsumen, investor, dan pemangku kepentingan lainnya," tukas Mahir.

Dirinya berharap kegiatan penguatan TJSLBU ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam menciptakan kolaborasi yang lebih erat dan efektif antara semua pihak terkait, serta mendorong tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di Jambi dan sekitarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:30 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Capai Rp1,4 Triliun Sampai Akhir September 2024

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) telah merealisasikan penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,465 triliun hingga September 2024 dengan laju…

Propan Sandimas Experience Center di Indonesia Design District (IDD) PIK 2, lebih dari sekadar showroom biasa.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Propan Sandimas Experience Center Resmi Dibuka di IDD PIK 2, Sajikan Inovasi Mewah untuk Ruang Hunian

Propan Sandimas Experience Center dirancang oleh Domisilium Studio, menggabungkan kekuatan dua merek besar di bidang bahan bangunan: Propan Raya, yang terkenal dengan produk cat ramah lingkungan,…

Seminar bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim (dalam Asuransi Pengangkutan) yang digelar Asuransi Tokio Marine Indonesia

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:20 WIB

Perkuat Posisi Pemimpin Asuransi Pengangkutan, TMI Gelar Seminar Mitigasi Risiko & Klaim

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan di Indonesia, baru-baru ini menggelar seminar hybrid bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim…

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:18 WIB

Panglima TNI Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024

(Puspen TNI) - Dalam rangka kesiapan Apel Gelar Pengamanan VVIP rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 yang rencananya akan berlangsung pada 20 Oktober 2024…

Direktur Utama Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:10 WIB

Ini Sejumlah Terobosan Smesco Indonesia Bantu Pasarkan Produk UMKM Tembus Pasar Global

Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Smesco Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan fasilitasi layanan promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM ke pasar domestik hingga global.