President University Tempati Peringkat ke-1 WURI Kategori Culture/Values, dan Posisi ke-9 Dunia

Oleh : Ridwan | Jumat, 26 Juli 2024 - 07:50 WIB

President University
President University

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, President University (Presuniv) berhasil menempati peringkat ke-1 versi World’s Universities with Real Impact (WURI) untuk kategori Culture/Values.

Sementara, untuk kategori yang sama di tingkat dunia, yang daftarnya berisi 100 universitas, Presuniv menempati peringkat ke-9.

Peringkat untuk kategori Culture/Values versi WURI ini juga berisi beberapa universitas terkemuka di dunia. Misalnya, University of Milan, Italia, di peringkat ke-14, Griffith University (Australia, #22), King’s College (London, Inggris, #24), University of Tsukuba (Jepang, #49), University of Glasgow (Skotlandia, #55), University of West England (Inggris, #60), Universiti Teknologi Petronas (Malaysia, #87), atau bahkan Australian National University, Australia, yang berada di peringkat ke-93. 

Setiap tahun WURI selalu mengumumkan peringkat 300 universitas di seluruh dunia yang dinilai paling inovatif. Untuk tahun 2024, WURI mengumumkan peringkat tersebut pada 7 Juni lalu di Franklin University Switzerland, Swiss. 

Universitas tersebut untuk tahun ini menempati peringkat ke-29. Peringkat pertama ditempati oleh Minerva University, San Francisco, California. Universitas top dunia, seperti Massachusetts Institute of Technology atau MIT menempati peringkat ke-3, Stanford University di posisi ke-5, dan Harvard University #12. 

Untuk kawasan Asia, dua kampus asal Korea Selatan, yakni Incheon National University dan Seoul National University, masing-masing menempati peringkat ke-13 dan ke-16. Lalu, National University of Singapore #17, Tsinghua University dan Peking University, keduanya asal China, menempati posisi #19 dan #33.

Selain daftar tersebut, WURI juga mengumumkan peringkat universitas berdasarkan 13 kategori lainnya. Misalnya, kategori Student Support and Engagement, Student Mobility and Openness, Industrial Application, Entrepreneur Spirit, Leadership, dan beberapa lainnya, termasuk kategori Culture/Values. 

Pada pemeringkatan berdasarkan 13 kategori tersebut, untuk setiap kategorinya WURI mengeluarkan daftar peringkat 100 universitas teratas. 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset dan Inovasi Presuniv, Adhi Setyo Santoso menjelaskan bahwa untuk kategori Culture/Values, WURI menilai bagaimana kinerja suatu kampus dalam mempromosikan budaya dan nilai-nili inovasi di kalangan mahasiswa, dosen, dan tenaga administrator di lingkungan universitas. 

"Penilaian untuk kategori ini memiliki beberapa komponen misalnya, ada komponen tentang bagaimana universitas mempromosikan pemikiran yang berfokus pada industri/mahasiswa, bukan lagi pemikiran yang berfokus pada universitas/dosen,” papar Adhi. 

Komponen lainnya mencakup keselarasan nilai-nilai sosial dengan nilai-nilai universitas, termasuk bagaimana capaian universitas dalam membangun budaya inovasi.

“Beberapa komponen lain yang dinilai, diantaranya, keberanian dalam mengambil risiko dan melakukan eksperimen, tingkat dukungan dari pimpinan universitas, perluasan kolaborasi lintas disiplin, serta keterbukaan komunikasi dan berbagi gagasan," ungkapnya.

Merujuk penilaian pada kategori Culture/Values, lanjut Adhi, Presuniv sangat diuntungkan oleh lokasi kampusnya yang berada di tengah-tengah kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, yakni kawasan industri Jababeka, Cikarang. 

“Ada sekitar 2.000 perusahaan nasional dan multinasional yang beroperasi di kawasan ini. Kondisi semacam itu membuat Presuniv sangat mudah menjalin kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan tersebut,” tegasnya.

Ada beragam bentuk kolaborasi antara Presuniv dengan perusahaan. Misalnya, dalam bentuk program magang yang wajib dilakukan oleh mahasiswa Presuniv. 

“Banyak mahasiswa kami yang magang di perusahaan-perusahaan tersebut. Durasinya bahkan bisa sampai satu tahun. Ini sejalan dengan konsep kami tentang industry-centered learning,” ungkap Adhi. 

Lamanya periode magang, menurutnya, justru sangat menguntungkan. “Banyak mahasiswa kami yang setelah selesai magang justru langsung direkrut oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Jadi, berkat program magang, banyak mahasiswa Presuniv yang sudah mendapatkan pekerjaan bahkan sebelum mereka lulus atau diwisuda," katanya.

Lalu, lanjut Adhi, banyak pula mahasiswa dan dosen Presuniv yang melakukan kolaborasi riset dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Jababeka, terutama riset yang bersifat terapan. Kolaborasi lainnya adalah dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

“Masih banyak perusahaan yang sebetulnya ingin agar kehadirannya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Hanya kerap kali mereka tidak tahu apa yang mesti dilakukan. Lewat kolaborasi dengan Presuniv, berbagai program sosial perusahaan, termasuk Corporate Social Responsibility atau CSR, menjadi lebih efektif dan efisien, tepat sasaran dan berkelanjutan,” ungkap Adhi. 

Kriteria pemeringkatan universitas yang dilakukan WURI memang berbeda dengan pemeringkatan versi berbagai lembaga lainnya, seperti QS World University Ranking, Times Higher Education (THE) World University Ranking, atau Academic Ranking of World Universities (ARWU). 

Pemeringkatan versi WURI, misalnya, lebih fokus pada inovasi dan dampak sosialnya ketimbang reputasi akademik atau hasil riset dan publikasinya. 

WURI juga sangat menonjolkan kolaborasi dengan industri, entrepreneurship, mobilitas mahasiswa dan keterbukaan, serta kemampuannya dalam manajemen krisis. Sementara, pemeringkatan versi lain lebih fokus pada capaian kinerja akademik, rasio antara dosen/staf dengan mahasiswa, rasio mahasiswa internasional dengan mahasiswa lokal, atau hasil-hasil penelitiannya. 

Salah satu yang menonjol dari kriteria WURI adalah keterkaitan antara universitas dengan industri. Fokusnya adalah pada bagaimana universitas bekerja sama dengan industri dan melakukan penelitian yang benar-benar dapat diterapkan. 

“Kriteria semacam ini benar-benar cocok dengan kondisi Presuniv yang berada di tengah-tengah kawasan industri dan dikelilingi oleh ribuan perusahaan,” tegas Adhi. 

Mudahnya bekerja sama perusahaan, salah satunya, tercermin pada ajang Seoul Beats Korean Festival yang digelar awal Juni 2024 dan sekaligus sebagai bagian dari pembukaan konsentrasi Korean Wave atau K-Wave di Program Studi Business Administration, Fakultas Bisnis. 

“Acara tersebut ternyata mendapat banyak dukungan dari berbagai perusahaan dan organisasi-organisasi bisnis asal Korea Selatan, seperti Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA), Korea Automobile Environment Association, IBK Indonesia, Mugunghwa Group, Shinhan Investment Corp., dan masih banyak lagi lainnya," terang Adhi.

Pembukaan konsentrasi K-Wave, ungkap Adhi, memang ditujukan bagi mahasiswa dengan semangat kewirausahaan yang tinggi, memiliki mindset global dan multikultural. 

“Melalui konsentrasi ini, mahasiswa kami tantang untuk mampu berpikir kreatif, berani mengambil risiko dan mau mengembangkan ide-ide bisnis yang berdampak global,” paparnya. 

Gagasan semacam ini, menurut Adhi, ternyata sangat sejalan dengan beberapa kriteria pada kategori Culture/Values versi WURI. 

“Jadi, itu mungkin yang menjadi salah satu pertimbangan WURI menempatkan Presuniv pada peringkat ke-9 di dunia, dan peringkat ke-1 di Indonesia,”  tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.