Dolorosa Sinaga dan Budi Santoso Gelar Workshop Patung, Lukis dan Cukil di Galeri Nasional Indonesia

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 24 Juli 2024 - 17:51 WIB

Dua orang pengunjung asing sedang memperhatikan karya Budi Santoso berjudul “Bird Series_ Bird Series 1, Bird Series 2. Bird Series 3. Bird Series 4”
Dua orang pengunjung asing sedang memperhatikan karya Budi Santoso berjudul “Bird Series_ Bird Series 1, Bird Series 2. Bird Series 3. Bird Series 4”

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah resmi dibuka pada 19 Juli 2024, Pameran “Patung dan Aktivisme: Dolorosa Sinaga dan Budi Santoso” menghadirkan program edukasi berupa seminar dan workshop membuat patung di Galeri Nasional Indonesia. 

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan pameran, pengunjung yang berminat untuk mengikuti workshop juga mendapatkan kesempatan untuk melihat pameran dan mengeksplorasi pameran patung yang akan menjadi wadah percakapan ekspresi patung lintas generasi.

Membuat patung merupakan salah satu kegiatan yang menarik dan interaktif, tidak hanya dimanfaatkan sebagai aktivitas yang unik untuk meningkatkan kreatifitas, kegiatan mematung juga memberikan pengalaman berharga yang dapat dilakukan untuk hiburan dan edukasi yang menyenangkan. 

Kegiatan Workshop Patung, Lukis, dan Cukil pada Pameran Patung dan Aktivisme Dolorosa Sinaga & Budi Santoso akan dilaksanakan setiap hari Sabtu tanggal 27 Juli dan 10 Agustus 2024 pukul 10.00 - 15.00 WIB. 

Dalam kegiatan workshop, peserta yang terdiri dari remaja dan  dewasa akan mendapatkan kesempatan untuk membuat patung dari tanah liat dan aluminium foil, mempelajari cara mewarnai dan melukis patung, serta seni untuk memahat patung dengan alat cukil. Untuk pengunjung anak-anak yang tertarik mengikuti workshop dapat mengikuti kegiatan mewarnai dan melukis patung. 

Budi Santoso, seorang pematung asal Yogyakarta dan juga seniman dalam pameran  “Patung dan Aktivisme: Dolorosa Sinaga dan Budi Santoso” menyampaikan kesannya dalam membuat patung. 

“Saat mengeksplorasi material dalam membuat patung, saya menemukan tantangan dan keasyikan tersendiri, ketika saya 'berdialog" dengan bentuk dan karakter alamiah mereka yang sudah memiliki kualitas artistik pada dirinya sendiri. Saya ingin berbagi pengalaman ini melalui kegiatan workshop yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat," kata Budi Santoso.

Selain untuk mendukung edukasi terkait seni patung dan cara pembuatannya, kegiatan workshop membuat patung merupakan salah satu bentuk komitmen IHA dalam mendorong pelaksanaan program publik yang menarik di museum. 

“Hadirnya program publik dalam kegiatan pameran yang diselenggarakan di unit museum yang dikelola oleh IHA merupakan salah satu bentuk upaya kami untuk menjadikan museum sebagai ruang eksplorasi seni, budaya, dan juga edukasi yang menarik, menghibur, dan dapat dinikmati oleh publik," kata Plt. Kepala Indonesian Heritage Agency, Ahmad Mahendra. 

Selain menyelenggarakan kegiatan workshop membuat patung, Pameran Patung dan Aktivisme Dolorosa Sinaga & Budi Santoso juga mengadakan kegiatan seminar dan diskusi pada 25 Juli 2024 pukul 14.00. Membahas terkait Aktivisme Seni dalam Pendidikan Seni, kegiatan seminar ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada pengunjung dan peserta terkait pentingnya seni mematung dalam pelestarian seni dan budaya di Indonesia. 

“Bagi saya creativity is a joy forever, dan memandang seni serta ekspresi yang dibawanya maka penting bagi saya untuk berbagi makna seni yaitu Art is Love, Art is Power melalui kegiatan workshop membuat patung," cerita Dolorosa Sinaga, Maestro patung yang telah berkarya lebih dari empat dekade di Indonesia. 

Untuk mengikuti kegiatan workshop, para pengunjung perlu melakukan registrasi Pameran Seni Rupa “Patung & Aktivisme” melalui link berikut. Untuk informasi lebih lanjut terkait pameran dan kegiatan workshop dapat melalui akun resmi Instagram @galerinasional. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.