Iida Group Holdings Gandeng ITB, dan IPB Kembangkan Rumah Kayu di Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 22 Juli 2024 - 16:35 WIB

Perjanjian kerja sama penelitian rumah katu antara Iida Group Holdings, Universitas Tokyo, ITB dan IPB
Perjanjian kerja sama penelitian rumah katu antara Iida Group Holdings, Universitas Tokyo, ITB dan IPB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Iida Group Holdings secara resmi melakukan kerja sama perjanjian penelitian bersama dengan Universitas Tokyo, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Adapun kerja sama ini bertujuan untuk mempromosikan rumah kayu yang tahan gempa, tahan lama, dan hemat energi.

Selama kurang lebih tiga tahun kedepan, proyek ini akan mengembangkan pembangunan rumah contoh, survei analitis terhadap bahan dan struktur bangunan lokal, persiapan item pemeriksaan, dan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan rumah kayu.

Di Indonesia, sebagian besar bangunan dibangun dengan menggunakan balok dan batu bata, dan rumah kayu jarang sekali dibangun. Namun, seiring dengan tren global menuju dekarbonisasi yang semakin cepat, pemerintah dalam beberapa tahun terakhir telah mencari cara untuk meningkatkan jumlah rumah kayu di masa depan. 

Meski demikian, salah satu tantangan konstruksi kayu adalah rayap. Untuk menyikapi hal ini, Iida Group Holdings menggunakan teknologi yang telah dikembangkannya untuk melakukan eksperimen pada konstruksi rumah yang tahan terhadap rayap dan gempa bumi, serta memiliki insulasi termal yang tinggi. 

"Kami menargetkan model bisnis berdasarkan produksi lokal untuk konsumsi domestik, dimana bahan bangunan dan komponen lainnya dibeli di dalam negeri, dan berencana untuk mempelajari sistem promosi penjualan pada tahun 2026. Selain kualitas, pembangunan sistem jaminan, termasuk pemeliharaan untuk memastikan nilai aset, juga akan dipromosikan," kata Presiden Iida Group Holdings, Masashi Kanei di Jakata (22/7).

Pada acara tersebut, Profesor Aoki menyampaikan pandangannya bahwa Jepang memiliki teknologi pembangunan rumah kayu yang dapat diadaptasi di Indonesia. 

Iida Group Holdings, Inc. adalah perusahaan terkemuka dalam pengembangan dan penjualan rumah serta kondominium yang terbuat dari kayu di Jepang. Selain itu, perusahaan ini juga terlibat dalam berbagai sektor lain seperti produksi kayu, keuangan, fasilitas perumahan, dan industri perjalanan. 

Iida Group Holdings juga merupakan pemasok properti residensial terbesar di Jepang, dengan penjualan mencapai 40.000 hingga 45.000 rumah per tahun. Semua rumah yang diproduksi memenuhi standar tertinggi di Jepang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Kembangkan Aplikasi Keuangan Haji, BPKH Gelar Sayembara Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Sabtu, 07 September 2024 - 17:36 WIB

Kembangkan Aplikasi Keuangan Haji, BPKH Gelar Sayembara Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Padang - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar Sayembara Logo, Nama dan Desain User Interface BPKH Apps berhadiah puluhan juta rupiah yang terbuka untuk umum.