TikTok Live Buka Kesempatan Kreator Musik Menjadi Musisi Profesional Lewat Gimme The Mic

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 19 Juli 2024 - 22:20 WIB

TikTok LIVE kembali gelar Gimme The Mic.
TikTok LIVE kembali gelar Gimme The Mic.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - TikTok LIVE kembali menghadirkan ajang pencarian bakat nasional bertajuk "Gimme The Mic". Yaitu kompetisi menyanyi berskala nasional bagi para kreator musik yang ingin menjalani karirnya sebagai musisi profesional. 

Mengusung tema "Where LIVE Stars are Born!", TikTok LIVE akan mencari bintang baru untuk mewarnai industri musik tanah air bersama para musisi ternama. Pertama kali diadakan tahun 2023, kompetisi Gimme The Mic ketika itu diikuti oleh lebih dari 28 ribu peserta.

Setiap hari, kreator musik dari seluruh Indonesia hadir untuk menunjukkan bakatnya dan berinteraksi langsung dengan pengguna lainnya secara real-time di TikTok LIVE. 

"Melihat besarnya potensi yang dimiliki para kreator ini, kami kembali menghadirkan 'Gimme The Mic' untuk membukakan jalan bagi para kreator musik dan masyarakat agar bisa berkarier secara profesional di industri musik," jelas Agna Pradisti Putri, Content, Event, Partnership and Product Operation Lead, TikTok LIVE Indonesia.

Untuk menemukan talenta musik baru, TikTok LIVE mengajak tiga musisi ternama dari industri hiburan tanah air yaitu penyanyi dan penulis lagu Raisa, komposer musik dan musisi Eka Gustiwana, serta penyanyi dan penulis lagu Budi Doremi sebagai juri "Gimme The Mic" 2024. 

Selain penilaian dari para juri, komunitas TikTok LIVE juga diajak untuk turut memberikan dukungan kepada para peserta terpilih melalui voting di TikTok LIVE.

Menurut Budi Doremi, Kompetisi 'Gimme The Mic' tahun lalu menjadi bukti nyata bagaimana TikTok LIVE berhasil membuka peluang bagi semua orang di seluruh Indonesia untuk berinteraksi, menunjukkan bakatnya. 

Dari 28 ribu peserta yang bergabung tahun lalu, Budi Doremi berhasil menemukan sejumlah talenta musik luar biasa yang telah meramaikan industri musik tanah air dengan karya mereka. 

"Tahun ini, kami siap untuk menemukan bintang baru yang diharapkan dapat memberi warna baru di industri musik Indonesia," ujar Budi Doremi, yang juga merupakan salah satu dewan juri inti dari "Gimme The Mic" tahun 2023.

Kompetisi "Gimme The Mic" 2024 yang berlangsung selama 15 Juli hingga 22 September 2024 akan dibagi menjadi tiga babak. Registrasi, semi final, dan grand final. Peserta akan dipilih berdasarkan penilaian juri dan perolehan poin dari voting. 

Sementara itu, babak eliminasi akan dilakukan melalui rangkaian LIVE show di TikTok menggunakan fitur multi-guest. Enam finalis terpilih yang berhasil lolos akan menjalani masa karantina di Jakarta untuk menerima pelatihan intensif bersama para profesional di industri musik. 

Keenam finalis pun kemudian akan ditantang untuk menunjukkan bakat mereka secara langsung di konser Grand Final "Gimme The Mic" 2024 pada tanggal 22 September 2024. 

Empat juara akan memperoleh sejumlah hadiah menarik, termasuk uang tunai serta kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi global "Gimme The Mic" bersama pemenang dari negara lainnya.

Yang lebih menariknya lagi, juara utama dari kompetisi "Gimme The Mic" tahun ini akan mendapatkan kesempatan untuk merekam dan merilis single yang diciptakan oleh Eka Gustiwana bersama TikTok LIVE dan SoundOn, yang kemudian akan dipromosikan secara global. 

Tahun lalu, pemenang "Gimme The Mic" 2023 asal Sulawesi Utara, Faren Yokung, mewakili Indonesia dalam grand final "Gimme The Mic 2023" di tingkat dunia serta meraih penghargaan "Most Improve: Rising Star" dalam ajang global tersebut. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:30 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Capai Rp1,4 Triliun Sampai Akhir September 2024

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) telah merealisasikan penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,465 triliun hingga September 2024 dengan laju…

Propan Sandimas Experience Center di Indonesia Design District (IDD) PIK 2, lebih dari sekadar showroom biasa.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Propan Sandimas Experience Center Resmi Dibuka di IDD PIK 2, Sajikan Inovasi Mewah untuk Ruang Hunian

Propan Sandimas Experience Center dirancang oleh Domisilium Studio, menggabungkan kekuatan dua merek besar di bidang bahan bangunan: Propan Raya, yang terkenal dengan produk cat ramah lingkungan,…

Seminar bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim (dalam Asuransi Pengangkutan) yang digelar Asuransi Tokio Marine Indonesia

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:20 WIB

Perkuat Posisi Pemimpin Asuransi Pengangkutan, TMI Gelar Seminar Mitigasi Risiko & Klaim

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan di Indonesia, baru-baru ini menggelar seminar hybrid bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim…

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:18 WIB

Panglima TNI Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024

(Puspen TNI) - Dalam rangka kesiapan Apel Gelar Pengamanan VVIP rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 yang rencananya akan berlangsung pada 20 Oktober 2024…

Direktur Utama Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:10 WIB

Ini Sejumlah Terobosan Smesco Indonesia Bantu Pasarkan Produk UMKM Tembus Pasar Global

Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Smesco Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan fasilitasi layanan promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM ke pasar domestik hingga global.