Sennheiser Group Kembali Melihat Tahun Fiskal 2023 Yang Sukses

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 17 Juli 2024 - 17:45 WIB

Sennheiser Group
Sennheiser Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sennheiser Group menghasilkan pendapatan sebesar 527,2 juta euro dengan solusi audio profesionalnya pada tahun fiskal 2023. Pendapatan ini melampaui hasil tahun sebelumnya dengan pertumbuhan sebesar 12,7 persen. Tahun 2023 juga menjadi momen bagi perusahaan keluarga independen ini untuk terus berinvestasi secara berkelanjutan di masa depannya. Dengan investasi ini, Sennheiser meningkatkan kemampuannya untuk mengejar strategi pertumbuhan yang konsisten dan ambisius.

Sennheiser Group menutup tahun fiskal 2023 dengan sangat sukses. Dengan demikian, Co-CEO Daniel dan Andreas Sennheiser memberikan gambaran positif tentang kinerja perusahaan: “Kami lebih dari puas. Secara keseluruhan, kami mencapai pendapatan sebesar 527,2 juta euro. Hal ini memungkinkan kami bertumbuh untuk tahun ketiga secara berturut-turut dan dapat lebih memperluas posisi kuat kami di pasar audio global. Kami sangat bangga dengan hasil ini karena sebagai perusahaan keluarga, kami terus berusaha untuk bertumbuh secara berkelanjutan untuk jangka panjang.” Target pendapatan yang dicapai ini, sekali lagi, telah melampaui pendapatan Sennheiser Group tahun sebelumnya dengan pertumbuhan sebesar 12,7 persen. Pendapatan sebelum Bunga dan pajak (EBIT) mencapai 55,4 juta euro.

Pertumbuhan Pendapatan di Semua Kawasan

Perusahaan keluarga ini berhasil tumbuh di semua kawasan di seluruh dunia: Khususnya, kawasan APAC dan EMEA yang mencapai pertumbuhan kuat. Pendapatan tertinggi terus dihasilkan di wilayah EMEA, yang juga mencatat pertumbuhan pendapatan terbesar. Pendapatan di sini mencapai 240,6 juta euro atau terdapat peningkatan sebesar 22,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. APAC mencapai pendapatan sebesar 107,2 juta euro, tumbuh sebesar 15,3 persen.

Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa kawasan APAC secara bertahap telah pulih dari dampak pandemi COVID-19 dan bisnis produk audio profesional perusahaan semakin kuat di pasar yang sebelumnya didominasi oleh produk konsumen. Wilayah kawasan Amerika berkembang secara stabil: Pasar ini berhasil mendapatkan total pendapatan sebesar 179,4 juta euro pada tahun 2023, mencapai pertumbuhan pendapatan sebesar 0,9 persen. Melambatnya pertumbuhan pasar di AS terutama disebabkan oleh penurunan dalam kepercayaan dan perilaku pembelian konsumen secara umum.

Sennheiser Group memiliki 21 anak perusahaan penjualan dan 55 mitra distribusi di seluruh dunia, di mana memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil bisnis perusahaan yang sukses. Saat ini, solusi audio profesional Sennheiser Group telah didistribusikan di lebih dari 100 negara secara global.

Membangun masa depan berarti berinvestasi di masa depan“Kami didorong oleh ambisi untuk membangun masa depan industri audio. Untuk mencapai hal tersebut, kami harus berinvestasi di masa depan, dan kami telah melakukan hal tersebut dari generasi ke generasi,” ujar Andreas Sennheiser, Co-CEO Sennheiser. Ituulah sebabnya Sennheiser Group kembali membuat investasi yang signifikan pada tahun 2023 dengan total investasi sekitar 62 juta euro dalam penelitian & pengembangan, penguatan rantai pasok, dan digitalisasi. Dalam penelitian dan pengembangan saja, Sennheiser telah menginvestasikan sekitar 46 juta euro pada tahun lalu, yang merupakan 8,7 persen dari pendapatan, setelah menginvestasikan 42 juta euro pada tahun 2022. 

Dengan demikian, investasi kembali meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Investasi yang lebih besar juga direncanakan pada tahun 2024. Sebagai fungsi utama dalam Sennheiser Group, development atau pengembangan berkontribusi dalam mendorong perluasan portofolio produk, misalnya, dengan solusi inovatif yang menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menawarkan nilai tambah bagi pelanggan internasional.

Rantai pasok juga mencatatkan investasi yang konsisten pada tahun 2023. “Kami selalu mengendalikan sebagian besar value chain di tangan kami sendiri. Kemandirian ini telah berulang kali terbukti menjadi keuntungan strategis mengingat adanya permasalahan rantai pasok secara global yang sedang berlangsung dan situasi geopolitik yang bergejolak beberapa tahun terakhir. 

Meskipun lingkungan ekonomi sangat dinamis, kami selalu mampu memberikan hasil dan menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi pelanggan. Hal ini yang membedakan kami dari banyak perusahaan lain,” kata Co-CEO Sennheiser, Daniel Sennheiser.

Di kantor pusat Sennheiser di Wedemark, investasi signifikan dilakukan pada proses manufaktur modern dan otomatis pada tahun 2023. Total investasi di sini berjumlah 5,6 juta euro. Lokasi ini memiliki spesialisasi dalam teknologi untuk proses otomatis dan presisi tinggi serta pembuatan produk high-end, termasuk produksi kapsul mikrofon di cleanroom khusus. 

Tahun lalu, perusahaan juga terus memperluas pabrik di Braşov, Rumania, dengan investasi sekitar 7,5 juta euro; area produksi meningkat tiga kali lipat sejak pembukaan pabrik pada tahun 2019. Pabrik di Rumania beroperasi khusus untuk produksi manual serta menjadi lokasi pengujian akhir dan pengemasan produk. Tim manufaktur Sennheiser terdiri dari 419 karyawan, dengan 306 karyawan di lokasi utama di Wedemark dan 113 karyawan di Rumania.

Investasi penting lainnya yang dilakukan Sennheiser adalah pada value chain digital. Dengan tujuan untuk lebih fokus pada pelanggan, Sennheiser menginvestasikan hampir 3 juta euro di fungsi ini pada tahun 2023. Investasi ini dipusatkan untuk membangun model bisnis digital dan implementasi dari organisasi dengan layanan yang cepat. Hal ini termasuk juga pada pendirian pusat layanan bersama di Poznań, Polandia, yang dibuka pada Mei 2023. Pusat layanan bersama ini menyediakan berbagai proses backend otomatis – mulai dari akuntansi, TI, hingga SDM – secara global dan merupakan tulang punggung penting bagi perusahaan dalam bisnisnya yang sedang berkembang.

Sebagai perusahaan global yang hadir di seluruh dunia, Sennheiser Group juga meningkatkan promosi implementasi DE&I (Diversity, Equity & Inclusion) sebagai bagian dari strategi keberlanjutannya pada tahun 2023; progres langkah ini akan diukur menggunakan metrik yang spesifik di masa depan. Pengakuan terhadap Sennheiser sebagai “perusahaan terbaik”, yang diterima perusahaan untuk ketiga kalinya berturut-turut dari platform employer insight bernama Kununu, menegaskan bahwa hal ini merupakan apresiasi khusus dari karyawan atas langkah-langkah keberagaman yang telah dilakukan perusahaan. “Kepuasan karyawan kami sangat penting bagi kami. Keahlian dan semangat mereka adalah fondasi kesuksesan kami. Bersama-sama, kami membangun masa depan dunia audio,” kata Co-CEO Sennheiser, Daniel Sennheiser. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Utama BNI saat di Kantor Perwakilan di Sidney Australia

Minggu, 08 September 2024 - 07:58 WIB

Kantor Perwakilan BNI di Sydney Siap Disulap Jadi Kantor Cabang Tahun Depan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperluas jaringan internasional dengan meresmikan Kantor Perwakilan BNI di Sydney, Australia.

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…