Menguat Hampir 20%, BTC Melesat Mendekati $65.000

Oleh : Hariyanto | Selasa, 16 Juli 2024 - 15:33 WIB

Ilustrasi Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bitcoin (BTC) melesat mendekati $65.000 mencatat kenaikan 6,35% dalam 24 jam terakhir dan menguat hampir 20% dalam sepekan terakhir. Kenaikan pasar kripto, kali ini didorong oleh peristiwa politik, inflasi yang melandai, pidato dovish dari Jerome Powell serta akumulasi dari manajer investasi. 

Serangan terhadap Donald Trump, yang terjadi saat rapat umum di Pennsylvania pada Minggu (14/7/2024), berdampak langsung pada pasar kripto. Segera setelah berita tersebut tersiar, Bitcoin & altcoin melonjak.

"Efek Trump, sebagai kandidat yang pro-Bitcoin, telah memainkan peran penting dalam dinamika ini. Disusul dengan peningkatan likuiditas dengan Investor yang merasa yakin dengan kesehatan Trump, meningkatkan kepercayaan mereka terhadap aset digital, sehingga berkontribusi terhadap peningkatan dramatis ini." kata Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha

Pasar aset kripto menguat sebagai respons terhadap lonjakan peluang Trump. Dia dipandang sebagai kandidat yang lebih ramah terhadap kripto daripada Presiden Joe Biden. Sehingga probabilitas kandidat pro-crypto untuk memenangkan pemilu menjadi 70% di Polymarket.

Mantan Presiden AS Donald Trump juga diumumkan sebagai salah satu pembicara di konferensi Bitcoin 2024 yang akan berlangsung di Nashville, Tennessee, dari tanggal 25 hingga 27 Juli. Acara ini merupakan salah satu konferensi bitcoin terbesar di dunia.

“Bitcoin terakhir diperdagangkan di atas $63,000 pada 1 Juli dan pada Selasa (16/7/2024) pukul 08:00 WIB, Bitcoin melanjutkan kenaikan menjadi $64,600, bahkan sempat mendekati level $65.000 pada perdagangan Senin (15/7/2024). Saat ini, Jika BTC bertahan di atas support $64.000, maka dapat lanjut naik ke resistance selanjutnya di $69.000 Namun, jika turun di bawah, 64.000 BTC bisa melemah ke $62.000.” lanjut Panji. 

Sementara, data Indeks Harga Konsumen AS (CPI) yang dirilis pada Kamis (11/7/2024) pekan lalu , turun menjadi 3% YoY, lebih rendah dari perkiraan pasar sebesar 3,1% dan juga lebih rendah dari 3,3% yang tercatat pada bulan Mei.

“Selain itu, meskipun target inflasi masih di atas target The Fed yaitu 2% YoY. Jerome Powell mencatat bahwa Federal Reserve tidak akan menunggu sampai inflasi turun menjadi 2% untuk memangkas suku bunga karena kondisi makroekonomi, menurut pidatonya pada Senin (16/7/2024).  Sentimen positif tersebut berpotensi akan menarik likuiditas masuk lebih banyak ke pasar kripto,” kata Panji. 

Menurut CME FedWatchtools, meskipun The Fed akan kembali mempertahankan suku bunganya pada FOMC 31 Juli. Probabilitas penurunan suku bunga 25 bps atau 0,25% pada FOMC 18 September meningkat menjadi 91,2%. 

Sementara itu, perdagangan ETF Bitcoin spot di AS mencatat minggu yang sukses. Berdasarkan data dari SoSoValue, pada hari Jumat saja, ETF Bitcoin spot AS mencatat arus masuk sebesar $310 juta, menjadikannya arus masuk harian terbesar dalam 5 minggu terakhir. Selama periode perdagangan 8-12 Juli, net inflow perdagangan ETF Bitcoin spot di AS melampaui US$ 1 miliar.

Menariknya, aksi akumulasi manajer investasi terjadi ditengah pemerintah Jerman yang telah sepenuhnya melepaskan kepemilikan Bitcoinnya setelah 23 hari penjualan. Berdasarkan data dari Arkham Intelligence, saldo kepemilikan Bitcoin pemerintah menunjukkan nol. 

“Pemotongan suku bunga menguntungkan aset berisiko, termasuk Bitcoin, dan diperkirakan akan memicu reli di pasar saham dan tradisional. Beberapa perusahaan institusional memproyeksikan pemotongan suku bunga pada September dan akhir tahun karena inflasi mendingin. Arus masuk besar ke ETF Bitcoin di AS dan global menunjukkan ketahanan pasar crypto dan minat institusional yang kuat, menjadi indikator positif untuk masa depan,” tutup Panji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.