Cetak Lulusan Handal, FK President University Teken MoU dengan Kemnaker

Oleh : Candra Mata | Selasa, 16 Juli 2024 - 12:54 WIB

Fakultas Kedokteran Preaident University MoU dengan Kemnaker
Fakultas Kedokteran Preaident University MoU dengan Kemnaker

INDUSTRY.co.id - Jakarta - President University (PU) terus meningkatkan kerjasama dengan pemerintah untuk keberlanjutan mutu dunia pendidikan. Dengan menggaet Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. 

Atas hal itu, PU melalui Fakultas Kedokteran (FK) melakukan penandatanganan kerjasama strategis berupa Memorandum of Understanding (MoU) dengan Balai Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

" Pertemuan yang berlangsung produktif ini dilaksanakan di gedung Balai Besar K3 Jakarta dan dihadiri oleh perwakilan dari kedua institusi, termasuk tujuh dosen dari Fakultas Kedokteran, Direktur Hukum, serta Direktur dan Manager President Development Center (PDC) President University," kata Prof. DR. budi Setiawan, Dekan Fakultas Kedokteran President University di Jakarta, Senin (15/7/3024).

Menurutnya, penandatanganan ini menandai dimulainya kolaborasi erat antara President University dan Balai Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja untuk membuka peluang baru dalam pengembangan pendidikan dan penelitian. 

Kerja Sama FKPU dengan Kemnaker untuk bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, serta Implementasi Program lainnya ini juga menegaskan komitmen President University terhadap kemajuan di sektor keselamatan dan kesehatan kerja. 

"Nantinya seluruh lulusan FKPU juga akan mendapat sertifikat HIPERKES dari Kemnaker. Dan sebagai bagian dari kerjasama ini, akan diadakan Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi di bidang Hiperkes (Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja) bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya," ujar Prof Budi.

Menurutnya lebih lanjut, acara MoU ini berlangsung lancar dan mencapai hasil yang diharapkan sekaligus menjadi langkah penting bagi Fakultas Kedokteran President University dalam memperkuat keunggulannya di bidang keselamatan dan kesehatan kerja.

"Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan standar praktik keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia," pungkas Prof. Budi

Keunggulan FK President University

1. Kerja sama Strategis Bidang Kedokteran antara Fakultas Kedokteran President University (FKPU) dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung. 

2. Fakultas Kedokteran President University (FKPU), merupakan bagian dari Academic Health System (AHS) keterkaitan sistem akademik dan layanan kesehatan (RS pemerintah, RS swasta, puskesmas) di kawasan Jababeka Medical City. 

3. Fakultas Kedokteran President University (FKPU), berbasis kesehatan kerja (Occupational Health) yang memiliki akses, Industry Network dengan bekerja sama strategis dengan 2000 Perusahaan Multinasional dari 34 negara, di Kawasan Industri Jababeka 

4. Fakultas Kedokteran President University (FKPU) menerapkan ⁠Kurikulum Transformatif, yaitu kurikulum yang terus berkembang, dengan memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran basis literasi sains dan teknologi, sehingga proses pembelajaran FKPU selalu adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dan kesehatan.

5. Fakultas Kedokteran President University (FKPU) menerapkan model pembelajaran dengan Early Exposure, yaitu sejak awal semester mahasiswa sudah dilibatkan kegiatan kunjungan ke RS pemerintah, RS swasta, dan Puskesmas, serta pemberian materi dan visitasi ke unit rawat inap, unit rawat jalan, unit Instalasi Gawat Darurat, logistik, depo-depo farmasi dan lainnya dipandu oleh staf Instalasi Rumah Sakit.

6. Perkuliahan Fakultas Kedokteran President University (FKPU) menggunakan bahasa inggris

7. Lulusan Dokter FKPU, mendapatkan Sertifikat dokter Hiperkes (Hygiene Perusahaan, Ergonomi, dan Kesehatan), yaitu sertifikat resmi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI yang dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan minimal untuk bekerja sebagai dokter di perusahaan. Sertifikat ini menunjukkan bahwa dokter telah mengikuti pelatihan hiperkes, yang merupakan bagian dari K3 (Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Utama BNI saat di Kantor Perwakilan di Sidney Australia

Minggu, 08 September 2024 - 07:58 WIB

Kantor Perwakilan BNI di Sydney Siap Disulap Jadi Kantor Cabang Tahun Depan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperluas jaringan internasional dengan meresmikan Kantor Perwakilan BNI di Sydney, Australia.

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…