Sinergi Zipay dan Jalin Perluas Akses Pembayaran Digital untuk UMKM Indonesia

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Juli 2024 - 14:09 WIB

Kerjasama Zipay dan Jalin
Kerjasama Zipay dan Jalin

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Max Interactives Technologies (Zipay) resmi bergabung dengan jaringan “Link” yang dikelola oleh PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) bagian dari Holding BUMN Danareksa, perusahaan pemroses transaksi pembayaran digital (switching) terdepan di Indonesia.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mempercepat inklusi keuangan dengan menyediakan layanan pembayaran digital berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang aman, andal, dan efisien bagi merchant mitra Zipay dalam ekosistem institusi keuangan mikro maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hingga Juni 2024, jumlah pengguna QRIS telah mencapai 50 juta pengguna, dengan lebih dari 32 juta merchant yang menerima QRIS sebagai metode pembayaran. Pertumbuhan ini sekaligus mencerminkan kepercayaan dan ketergantungan UMKM pada sistem pembayaran digital, menandakan semakin banyaknya UMKM yang menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran yang digunakan. Bank Indonesia sendiri telah menargetkan jumlah pengguna QRIS mencapai 55 juta orang pada akhir tahun 2024.

Direktur Komersial Jalin, Eko Dedi Rukmito turut menanggapi bahwa saat ini QRIS sangat berperan dalam mendukung transformasi digital UMKM. “Tantangan yang tengah dihadapi oleh para pelaku bisnis UMKM saat ini lebih banyak kepada pengelolaan keuangan mereka. Dengan menggunakan fitur dan layanan QRIS, maka para pelaku UMKM ini dapat mengelola seluruh pendapatannya secara real-time, sehingga pengelolaan keuangan mereka bisa lebih akurat dan tertata dengan baik” ujar Eko.

Chief Business Officer Zipay, Aidil Akbar Madjid, menyatakan bahwa kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi para mitra Zipay dalam ekosistem institusi keuangan mikro maupun UMKM. Dengan akseptasi yang lebih luas dan teknologi yang lebih andal, kami yakin para mitra Zipay dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional mereka. 

“QRIS akan menjadi metode pembayaran yang sangat penting dalam memperkuat daya saing mitra Zipay di pasar digital serta membuka potensi peningkatan transaksi dalam jangkauan yang lebih luas" ungkap Aidil. 

Dengan dukungan infrastruktur sistem pembayaran yang andal dari Jalin, diharapkan UMKM serta institusi keuangan mikro yang bermitra dengan Zipay dapat merasakan manfaat interkoneksi dan interoperabilitas yang lebih luas. Melalui peningkatan adopsi transaksi pembayaran digital oleh masyarakat, diharapkan transisi dari transaksi tunai ke digital dapat berjalan lebih cepat dan efisien. 

“Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat ekosistem pembayaran digital di Indonesia tetapi juga memberikan kesempatan bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang dalam ekonomi digital yang semakin kompetitif” tutup Eko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.