Aktivis Indonesia Desak Kewpie Adopsi Kebijakan Telur Bebas Sangkar Global

Oleh : Wiyanto | Jumat, 12 Juli 2024 - 16:59 WIB

Aksi ayam bebas sangkar
Aksi ayam bebas sangkar

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Bersama badut berkostum bayi, Aktivis Act For Farmed Animals (AFFA) turun ke jalan di luar kantor Kewpie pada Jumat (12/7). Aksi tersebut untuk mendesak Kewpie, perusahaan mayones Jepang serta konsumen telur terbesar kedua di pasarnya, untuk menerapkan kebijakan global telur bebas sangkar, di seluruh wilayah operasinya, termasuk di Indonesia.

Kampanye ini merupakan bagian dari kampanye global yang dilakukan oleh Open Wing Alliance, koalisi yang terdiri lebih dari 95 organisasi di 70 negara di seluruh dunia yang melakukan kampanye untuk mengubah praktik inj dalam industri telur.

“Kewpie belum memiliki komitmen global untuk mengubah rantai pasok telurnya dari kandang sangkar, termasuk juga di Indonesia, padahal mereka sudah mulai beralih dari praktik kejam ini di beberapa bagian Amerika dan Eropa. Berarti, Kewpie punya standar ganda, terhadap konsumen,” ungkap Elfha Shavira, Manajer Kampanye AFFA, koalisi organisasi perlindungan hewan—Animal Friends Jogja dan LSM internasional Sinergia Animal dalam siaran pers yang diterima Industry.co.id di Jakarta, Jumat (13/7/2024).

“Sistem sangkar, dianggap sebagai salah satu sistem paling kejam terhadap hewan, dan telah dilarang di banyak negara di seluruh dunia. Lebih dari 4.000 perusahaan telah memiliki berkomitmen untuk mengubah rantai pasok mereka, ke 100% telur bebas sangkar. Kami mendesak Kewpie untuk mengambil langkah penting ini”, jelas Elfha.

Kandang sangkar dan permasalahan kesehatan masyarakat

Pada tahun 2022, diperkirakan 370 juta ayam untuk telur di Indonesia dikurung dalam sistem sangkar konvensional. Menurut AFFA, sistem sangkar dipertanyakan karena risiko kesehatan masyarakat. Sebuah studi dari Otoritas Keamanan Pangan Eropa menemukan prevalensi Salmonella yang lebih tinggi pada sistem sangkar dibandingkan dengan sistem bebas sangkar. Salmonella merupakan penyebab utama penyakit bawaan makanan, yang menunjukkan bahwa sistem kurungan tidak hanya menimbulkan kekejaman pada hewan namun juga meningkatkan risiko kontaminasi bakteri, dan ancaman signifikan terhadap keselamatan konsumen dan keamanan pangan.

“Sebagai perusahaan besar yang berkomitmen terhadap kesehatan masyarakat sebagaimana tercantum dalam visi mereka, Kewpie seharusnya memprioritaskan kesejahteraan hewan dan kesehatan masyarakat dengan mengadopsi kebijakan bebas sangkar,” ungkap Elfha. “Permintaan kami tidak hanya selaras dengan salah satu tren pasar saat ini; hal ini juga sejalan dengan kebutuhan pasca pandemi dengan kesadaran konsumen dalam memilih merek yang memiliki dampak sosial positif dan mempertimbangkan kesejahteraan hewan,” tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.