Couchbase Beri Tips Langkah Jitu Perusahaan Dongkrak Pelayanan Pelanggan

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 Juli 2024 - 10:12 WIB

Artificial Intelligence (Ilustrasi)
Artificial Intelligence (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketika waktu sangat berharga dan perbedaan antara waktu aktif dan waktu henti dapat menyebabkan layanan publik penting, seperti layanan kesehatan, menjadi terhenti, maka memiliki koneksi internet yang dapat diandalkan adalah sebuah keniscayaan.

Menurut IEEE Computer Society, perangkat IoT seringkali memiliki sumber daya terbatas dan memiliki daya komputasi, memori, dan penyimpanan yang terbatas. Biasanya dirancang untuk mengumpulkan informasi dari dunia fisik dan mengirimkannya ke lokasi terpusat, seperti cloud, untuk diproses dan dianalisis lebih lanjut.

Genie Yuan, Wakil Presiden Regional APAC, Couchbase, menjelaskan bagaimana komputasi edge dapat diandalkan. Komputasi edge adalah arsitektur teknis yang memperluas pemrosesan data dari cloud ke edge, mendekatkannya ke titik interaksi, termasuk ke IOT seperti perangkat seluler. 

Menurutnya, perspektif basis data, arsitektur umumnya mencakup basis data di cloud, database di edge yang ada di di pusat data edge, dan basis data yang tertanam yang berjalan di dalam aplikasi di perangkat edge seperti ponsel dan tablet, semuanya ditautkan melalui sinkronisasi data untuk mencapai konsistensi.

“Dengan dukungan kemampuan edge, aplikasi IoT dapat memproses data lebih dekat ke titik interaksi, sehingga mengatasi keterbatasan latensi dan waktu henti. Komputasi edge berfungsi sebagai perantara antara perangkat IoT dan cloud untuk pemrosesan dan analisis data lokal. Dampaknya adalah berkurangnya ketergantungan pada koneksi internet yang bisa saja lambat sekaligus memastikan dihasilkannya wawasan penting tanpa penundaan," terang Genie.

Genie juga mejelaskan kemampuan dan keunggulan diterapkannya komputasi edge ketika diterapkan pada sistem AI, komputasi edge dapat mempercepat dan memperkuat kemampuan AI, baik dalam pelatihan algoritma pembelajaran, maupun dalam penerapan model secara praktis.

Untuk menjaga agar data tetap tersinkronisasi pada perangkat seluler, aplikasi IoT, komputasi edge, dan komputasi awan sangat penting hal ini untuk integritas data, akurasi, keamanan, dan pengalaman pengguna yang baik.

“Sinkronisasi berarti, ketika memainkan permainan multipemain dapat menampilkan statistik dan skor yang akurat; katalog aplikasi penjualan ritel selalu diperbarui; aplikasi layanan kesehatan selalu menampilkan data pasien terkini; rangkaian sensor dapat dipantau dan ditanggapi secara langsung; dan banyak lagi. Aplikasi modern tidak dapat berjalan tanpa fitur sinkronisasi data yang penting ini,” ungkapnya.

Untuk memanfaatkan aplikasi IoT secara efektif di perangkat seluler, penting untuk memproses data telemetri dalam jumlah besar secara langsung. Sederhananya, mereka memerlukan data yang bergerak cepat dan berubah dengan cepat agar dapat diakses dengan cepat dari basis data yang mampu menangani transaksi dalam jumlah besar. 

Hal ini memastikan aplikasi seluler mampu mendukung operasi bervolume tinggi di edge, melakukan sinkronisasi dengan aman ke backend klaster dan dari peer to peer, dan melakukan penskalaan sesuai kebutuhan. Semua itu harus dilakukan sementara volume transaksi terus meningkat.

Couchbase memiliki Layanan Aplikasi Capella yang sepenuhnya mengelola dan menjadi hosting layanan untuk menyinkronkan data antara aplikasi seluler, web, dan IoT. 

"Kami mengutamakan aplikasi luring yang selalu cepat dan selalu aktif, terjamin, bahkan meski tidak ada konektivitas internet," ungkapnya.

Dengan kata lain, IOT dan aplikasi ini cukup pintar untuk mengetahui kapan konektivitas terputus dan dapat secara otomatis memulai sinkronisasi dari titik terakhirnya, bahkan setelah jangka waktu yang lama.

Perusahaan-perusahaan saat ini sedang mencari keunggulan kompetitif besar berikutnya. Dan karena setiap perusahaan terus terkena dampak peralihan dunia ke komputasi daring dan seluler, perusahaan  berupaya memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan secara daring, baik melalui ponsel cerdas, tablet, laptop, jam tangan, atau apa pun. 

Perusahaan seperti bank, perusahaan perjalanan, dan pengecer. perlu memberikan pengalaman kontekstual yang kaya dan dipersonalisasi, agar dapat menyampaikan pesan atau penawaran yang tepat, pada saat yang tepat, dan dari perangkat yang tepat.

Hiperpersonalisasi secara langsung memerlukan AI dan IoT yang bekerja secara sinkron, sehingga penting bagi perusahaan untuk memproses data telemetri dalam jumlah besar secara instan. 

Kemampuan ini sangat penting untuk memantau, mengendalikan, dan memprediksi masalah dalam sistem ritel, mengatasi tantangan dalam membangun solusi terukur dari berbagai perangkat IoT, dan mendukung Kit Pengembangan Peranti Lunak (Software Development Kit/SDK) yang kaya untuk mempercepat pengembangan.

Sederhananya, menurut Genie, mereka memerlukan data yang bergerak cepat dan berubah dengan cepat agar dapat diakses dengan cepat dari basis data yang mampu menangani transaksi dalam jumlah besar. Hal ini memastikan aplikasi-aplikasi yang dipakai kota pintar mampu mendukung operasi bervolume tinggi di edge, melakukan sinkronisasi dengan aman ke backend klaster dan dari peer to peer, dan melakukan penskalaan sesuai kebutuhan. Semua itu harus dilakukan sementara volume transaksi terus meningkat.

Genie juga menyampaikan adanya tren baru yang muncul di IoT dan AI menurutnya hal ini dapat memberikan manfaat bagi semua industri, mulai dari diagnosis yang lebih akurat dalam layanan kesehatan dan peningkatan ketahanan pangan melalui sensor pertanian, hingga peningkatan konektivitas antarlembaga keuangan dan periklanan ritel yang menyasar target tertentu.

Semua manfaat tersebut memerlukan basis data dan infrastruktur yang tepat untuk mendukung sejumlah besar data yang ditangkap dan diproses.

Menurut riset yang dikutip Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lemahnya kualitas data dapat menimbulkan potensi bencana perekonomian. Daripada sekadar mengikuti tren AI dan IoT, bisnis lokal harus membangun fondasi yang kuat dengan data mereka dan memastikan terciptanya infrastruktur yang tepat.

“Jadi, meskipun Indonesia berada di jalur yang benar, platform data terpadu sangat penting dalam penyediaan pengelolaan yang lebih sederhana, agar aksesibilitas dan kualitas analisis meningkat. Dengan mengatasi hambatan antara berbagai jenis data dan sumbernya, akan memberikan pandangan holistik mengenai operasional, perilaku pelanggan, dan peluang pasar. Wawasan komprehensif ini sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat yang mendorong pertumbuhan, efisiensi, dan inovasi,” Pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Coway Environmental Technology Research Institute di Seoul Korea Selatan yang memperoleh peringkat tertinggi dalam pengujian Water Supply for Drinking Water.

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 00:09 WIB

Pusat R&D Coway Diakui Sebagai “Laboratorium of Excellence” untuk Pengujian Air Minum

Coway Environmental Technology Research Institute memenuhi kriteria evaluasi di seluruh kategori sehingga dinyatakan sebagai “Laboratorium of Excellence” yang bersertifikat.

Ahn Hyo Seop diperkenalkan sebagai brand ambassador terbaru Mie Sedaap.

Jumat, 02 Agustus 2024 - 23:59 WIB

Sasar Pasar Anak Muda, Mie Sedaap Perkenalkan Ahn Hyo Seop Sebagai Brand Ambassador

Diperkenalkan sebagai brand Ambassador Mie Sedaap, Ahn Hyo Seop dinilai merepresentasikan Gen-Z yang masih muda, bersemangat mengejar mimpi, dan pastinya di umur yang sedaap-sedaapnya.

Ilustrasi Pabrik Petrokimia

Jumat, 02 Agustus 2024 - 23:20 WIB

Inaplas: Penerapan BMAD-BMTP Jadi Harapan Jaga Industri Petrokimia

Dengan diterapkannya kembali regulasi Permendag 36/2023, serta pemberlakuan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) dan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) menjadi harapan…

Privy Dukung Keamanan Siber di Dunia Perbankan dengan Sertifikasi Elektronik

Jumat, 02 Agustus 2024 - 22:15 WIB

Privy Dukung Keamanan Siber di Dunia Perbankan dengan Sertifikasi Elektronik

Privy sebagai penyedia layanan digital trust terkemuka kembali menekankan pentingnya keamanan siber di tengah masifnya transformasi digital industri keuangan dan perbankan. Rony Tanrim, VP Business…

Usaha Depot Air Minum

Jumat, 02 Agustus 2024 - 20:41 WIB

Tanggapan Dua Asosiasi Depot Air Minum Soal Iklan Aqua, Apdamindo: Kami UMKM, Itu Iklan Tendesius

Jakarta– Dua organisasi besar yang mewadahi bisnis depot air minum menyesalkan sikap Aqua, market leader industri air kemasan bermerek, yang menyerang produk air galon depot isi ulang lewat…