Berantas Rokok Ilegal! Operasi Gempur 2024 Serentak Dimulai Juli Ini...

Oleh : Candra Mata | Jumat, 12 Juli 2024 - 10:30 WIB

Ilustrasi Berhenti Merokok (ist)
Ilustrasi Berhenti Merokok (ist)

INDUSTRY.co.id - Bea Cukai secara resmi memulai pelaksanaan Operasi Gempur Tahun 2024, yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 31 Juli 2024. Operasi pengawasan terhadap barang kena cukai (BKC) ilegal, khususnya rokok ilegal ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh unit vertikal Bea Cukai dalam periode waktu tertentu dan dilaksanakan secara terpadu di daerah produksi hingga pemasaran.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, pada Rabu (10/07) mengatakan Operasi Gempur 2024 merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam memberantas rokok ilegal.

"Operasi Gempur ini menjadi wujud komitmen pemerintah, khususnya Bea Cukai dan pihak-pihak terkait lainnya dalam menjalankan fungsi community protection melalui upaya preventif dan represif guna memberantas peredaran rokok ilegal untuk melindungi masyarakat dan menciptakan level playing field bagi industri," ujarnya.

Operasi Gempur juga menjadi upaya intensifikasi dari operasi pengawasan rokok ilegal yang sudah rutin dilakukan instansi ini sepanjang tahun. Sebelumnya, di tahun 2023, Operasi Gempur menghasilkan 8.813 penindakan rokok ilegal atau mencapai 44,4% dari total penindakan Bea Cukai nasional. Adapun nilai barang hasil penindakan pada tahun 2023 tercatat sebesar 253,7 juta batang rokok ilegal atau memberikan capaian sebanyak 35,8% dari total jumlah barang hasil penindakan nasional.

Atas capaian itu, Encep menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh pelaku usaha di bidang cukai yang telah mematuhi aturan, sehingga penerimaan negara di bidang cukai tetap optimal. Ia juga mengimbau masyarakat untuk turut mendukung pelaksanaan Operasi Gempur 2024.

"Dalam menyukseskan Operasi Gempur 2024 dan menjaga kinerja pengawasan rokok ilegal, tentunya Bea Cukai tidak dapat bekerja sendiri. Perlu kerja sama yang baik dengan aparat penegak hukum lainnya dan dukungan masyarakat. Kami harap masyarakat dapat berkontribusi aktif dalam memberantas rokok ilegal, yaitu dengan tidak membeli dan mengedarkan, juga ikut membantu melaporkan apabila terdapat indikasi peredaran rokok ilegal," tutup Encep.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Coway Environmental Technology Research Institute di Seoul Korea Selatan yang memperoleh peringkat tertinggi dalam pengujian Water Supply for Drinking Water.

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 00:09 WIB

Pusat R&D Coway Diakui Sebagai “Laboratorium of Excellence” untuk Pengujian Air Minum

Coway Environmental Technology Research Institute memenuhi kriteria evaluasi di seluruh kategori sehingga dinyatakan sebagai “Laboratorium of Excellence” yang bersertifikat.

Ahn Hyo Seop diperkenalkan sebagai brand ambassador terbaru Mie Sedaap.

Jumat, 02 Agustus 2024 - 23:59 WIB

Sasar Pasar Anak Muda, Mie Sedaap Perkenalkan Ahn Hyo Seop Sebagai Brand Ambassador

Diperkenalkan sebagai brand Ambassador Mie Sedaap, Ahn Hyo Seop dinilai merepresentasikan Gen-Z yang masih muda, bersemangat mengejar mimpi, dan pastinya di umur yang sedaap-sedaapnya.

Ilustrasi Pabrik Petrokimia

Jumat, 02 Agustus 2024 - 23:20 WIB

Inaplas: Penerapan BMAD-BMTP Jadi Harapan Jaga Industri Petrokimia

Dengan diterapkannya kembali regulasi Permendag 36/2023, serta pemberlakuan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) dan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) menjadi harapan…

Privy Dukung Keamanan Siber di Dunia Perbankan dengan Sertifikasi Elektronik

Jumat, 02 Agustus 2024 - 22:15 WIB

Privy Dukung Keamanan Siber di Dunia Perbankan dengan Sertifikasi Elektronik

Privy sebagai penyedia layanan digital trust terkemuka kembali menekankan pentingnya keamanan siber di tengah masifnya transformasi digital industri keuangan dan perbankan. Rony Tanrim, VP Business…

Leny Ng, Presiden Direktur Acer Indonesia mengatakan, di Acer, kami percaya bahwa teknologi memiliki kekuatan untuk mengubah cara berpikir, bekerja, dan berkarya.

Jumat, 02 Agustus 2024 - 20:11 WIB

Acer Day kembali digelar untuk ke-8 kalinya di wilayah Asia Pasifik

Setelah sukses menyebarkan semangat dan inovasi di setiap tahunnya, Acer Day kembali hadir untuk ke-8 kalinya secara berturut-turut di seluruh kawasan Asia Pasifik, kini dengan tema “AI'M…