Menperin Agus Inisiasi Pembentukan Kelembagaan Kakao dan Kelapa, Ini Tujuannya!

Oleh : Candra Mata | Jumat, 12 Juli 2024 - 09:21 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Kementerian Perindustrian menginisiasi kelembagaan kakao dan kelapa untuk menjamin ketersediaan bahan baku industri, menjaga kelangsungan industri dan daya saing serta meningkatkan nilai tambah. Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo telah melaksanakan rapat terbatas mengenai Badan Pengelola Dana Kakao dan Kelapa di Jakarta, Rabu (10/7).

Ratas tersebut memutuskan bahwa pengelolaan kakao dan kelapa dilimpahkan kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dengan membentuk duakedeputian baru, yaitu Deputi Kakao dan Deputi Kelapa. ⁠

Selanjutnya, penghimpunan dana tetap dilakukan melalui skema pungutan ekspor yang dikelola langsung oleh BPDPKS.”BPDPKS sudah mempunyai dana besar yang bisa dipakai untuk sektor kakao dan kelapa sehingga bisa berjalan segera,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan hasil rapat terbatas tersebut.

Indonesia pernah menduduki peringkat ke-3 negara penghasil biji kakao hingga tahun 2015, namun saat ini berada pada peringkat ke-7. Dari sisi industri, Indonesia sejauh ini menjadi salah satu produsen dan pengekspor ke-4 produk olahan kakao di dunia pada tahun 2023.

Selama periode 2015-2023, terjadi penurunan produksi kakao Indonesia sebesar 8,3% per tahun dan terjadi peningkatan impor dari 239.377 ton menjadi 276.683 ton. Pertumbuhan industri pengolahan kakao belum dibarengi dengan ketersediaan bahan baku yang menyebabkan 9 dari 20 perusahaan berhenti beroperasi. Industri pengolahan kakao saat ini harus mengimpor 62% bahan baku biji kakao.

Sementara itu, hilirisasi kelapa masih terbatas karena pemanfaatan bahan baku kelapa belum optimal dan saat ini masih ada kelapa bulat yang diekspor. Hal ini mengakibatkan utilisasi industri pengolahan kelapa masih sekitar 55%. Di sisi lain, Indonesia memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan global, sehingga masih terdapat ruang peningkatan hilirisasi kelapa yang sangat besar.

Diharapkan kelembagaan kakao dan kelapa akan memberikan dampak positif pada petani dan industri. Manfaat bagi petani meliputi peningkatan produktivitas melalui intensifikasi dan peremajaan lahan, peningkatan hasil olahan dan jaminan kepastian penyerapan panen. Sementara manfaat bagi industri berupa peningkatan nilai tambah dan ekspor serta diversifikasi pada produk turunan bernilai tambah tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Coway Environmental Technology Research Institute di Seoul Korea Selatan yang memperoleh peringkat tertinggi dalam pengujian Water Supply for Drinking Water.

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 00:09 WIB

Pusat R&D Coway Diakui Sebagai “Laboratorium of Excellence” untuk Pengujian Air Minum

Coway Environmental Technology Research Institute memenuhi kriteria evaluasi di seluruh kategori sehingga dinyatakan sebagai “Laboratorium of Excellence” yang bersertifikat.

Ahn Hyo Seop diperkenalkan sebagai brand ambassador terbaru Mie Sedaap.

Jumat, 02 Agustus 2024 - 23:59 WIB

Sasar Pasar Anak Muda, Mie Sedaap Perkenalkan Ahn Hyo Seop Sebagai Brand Ambassador

Diperkenalkan sebagai brand Ambassador Mie Sedaap, Ahn Hyo Seop dinilai merepresentasikan Gen-Z yang masih muda, bersemangat mengejar mimpi, dan pastinya di umur yang sedaap-sedaapnya.

Ilustrasi Pabrik Petrokimia

Jumat, 02 Agustus 2024 - 23:20 WIB

Inaplas: Penerapan BMAD-BMTP Jadi Harapan Jaga Industri Petrokimia

Dengan diterapkannya kembali regulasi Permendag 36/2023, serta pemberlakuan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) dan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) menjadi harapan…

Privy Dukung Keamanan Siber di Dunia Perbankan dengan Sertifikasi Elektronik

Jumat, 02 Agustus 2024 - 22:15 WIB

Privy Dukung Keamanan Siber di Dunia Perbankan dengan Sertifikasi Elektronik

Privy sebagai penyedia layanan digital trust terkemuka kembali menekankan pentingnya keamanan siber di tengah masifnya transformasi digital industri keuangan dan perbankan. Rony Tanrim, VP Business…

Usaha Depot Air Minum

Jumat, 02 Agustus 2024 - 20:41 WIB

Tanggapan Dua Asosiasi Depot Air Minum Soal Iklan Aqua, Apdamindo: Kami UMKM, Itu Iklan Tendesius

Jakarta– Dua organisasi besar yang mewadahi bisnis depot air minum menyesalkan sikap Aqua, market leader industri air kemasan bermerek, yang menyerang produk air galon depot isi ulang lewat…