Kerja Sama PT Sang Hyang Seri dan Bulog, Tingkatkan Produktivitas Pertanian dan Serapan Gabah Petani

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 10 Juli 2024 - 20:04 WIB

Kerja Sama PT Sang Hyang Seri dan Bulog, Tingkatkan Produktivitas Pertanian dan Serapan Gabah Petani
Kerja Sama PT Sang Hyang Seri dan Bulog, Tingkatkan Produktivitas Pertanian dan Serapan Gabah Petani

INDUSTRY.co.id, Jakarta–Pemerintah terus mendorong kerja sama strategis antar pelaku industri pertanian dalam rangka membangun ekosistem pertanian nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satu kerja sama pertanian yang saat ini tengah diperkuat adalah sinergitas BUMN Pangan, diantaranya antara PT Sang Hyang Seri sebagai anggota Holding BUMN Pangan ID FOOD dan Perum Bulog.

Direktur Utama PT Sang Hyang Seri Adhi Cahyono Nugroho mengatakan, kerja sama strategis antar kedua perusahaan tersebut telah disepakati dan ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU). Pihaknya meyakini, kerja sama antar dua perusahaan yang bergerak di sektor pertanian hulu-hilir tersebut akan mampu membantu pemerintah dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

"Kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam upaya kami untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang erat BUMN Pangan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesejahteraan petani dan masyarakat luas," ujar Adhi, Rabu, (10/7/2024), di Jakarta.

Ruang lingkup kerja sama meliputi 4 (empat) fokus, yang pertama terkait peningkatan produktivitas hasil panen. “Melalui kegiatan budidaya yang lebih intensif dan berbasis teknologi, PT Sang Hyang Seri dan Bulog berkomitmen untuk meningkatkan hasil panen para petani. Inisiatif ini guna memberikan dampak positif terhadap ketahanan pangan nasional,” jelasnya.

Kedua, penyediaan sarana produksi bagi petani. Dalam kegiatan ini PT Sang Hyang Seri akan menyediakan berbagai sarana produksi seperti benih unggul, pupuk, dan pestisida yang berkualitas untuk mendukung kegiatan budidaya para petani.

“Langkah ini diambil untuk memastikan para petani memiliki akses ke sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian mereka,” tutur Adhi.

Kemudian yang ketiga, tambahnya, akan dilakukan pendampingan budidaya, di mana PT Sang Hyang Seri dan Bulog bekerja sama dalam memberikan pendampingan teknis kepada petani. “Pendampingan ini mencakup pelatihan dan konsultasi mengenai teknik budidaya yang efektif dan efisien, guna mengoptimalkan produktivitas pertanian,” terangnya.

Untuk ruang lingkup yang keempat, melingkupi pelaksanaan kegiatan offtake hasil panen. “Kerja sama ini bertujuan mengamankan seluruh tahapan rantai pasok pertanian sehingga di hilir Bulog akan memastikan adanya penyerapan hasil panen petani dengan harga yang wajar dan kompetitif. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian pasar bagi petani dan mendorong peningkatan produksi pertanian,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurti mengatakan, dengan menggandeng PT Sang Hyang Seri dapat memberikan banyak manfaat khususnya dalam peningkatan ketahanan pangan melalui serap gabah nasional. "Kemitraan ini akan memberikan banyak manfaat bagi petani Indonesia. Dengan dukungan dari PT Sang Hyang Seri, kami optimis dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian, serta memastikan penyerapan hasil panen yang adil dan merata,” ujarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.