Inilah Proyek Penyulingan Minyak Sawit Kapasitas Produksi 500.000 Ton di Kaltim yang kontraknya di Tandatangani TRIPATRA dengan AGPA Refinery Complex

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 10 Juli 2024 - 09:34 WIB

TRIPATRA Tandatangani Kontrak dengan AGPA Refinery Complex untuk Proyek Penyulingan Minyak Sawit di Kalimantan Timur
TRIPATRA Tandatangani Kontrak dengan AGPA Refinery Complex untuk Proyek Penyulingan Minyak Sawit di Kalimantan Timur

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA), penyedia solusi berbasis rekayasa teknik terkemuka di Indonesia, baru saja mengumumkan penandatanganan kontrak dengan PT AGPA Refinery Complex (ARC), perusahaan joint venture antara POSCO International dan GS Caltex, untuk memulai pembangunan “AGPA Refinery Complex (ARC) Project” yang merupakan fasilitas penyulingan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyulingan minyak sawit di Indonesia serta mendorong pertumbuhan pembangunan ekonomi di sekitar kawasan. 

Proyek ARC menempati area seluas 300.000 m2 di Interport Industrial Park dengan kapasitas produksi sebesar 500.000 ton minyak sawit olahan setiap tahunnya. Pekerjaan dimulai pada 29 Februari 2024 dan diharapkan akan selesai pada Juni 2025. Dalam proyek ini, TRIPATRA akan bertanggung jawab dalam aspek EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning) dengan ruang lingkup pekerjaan yang meliputi Project Management (Manajemen Proyek), Detailed Engineering and Design (Perancangan dan Rekayasa), Procurement (Pengadaan), Construction (Pembangunan), dan Installation (Pemasangan) hingga Commissioning (pelaksanaan) serta penyediaan dukungan lainnya untuk membantu klien menyelesaikan proyek tersebut.

President Director & CEO TRIPATRA, Raymond Naldi Rasfuldi mengatakan, “Kami merasa bangga dan terhormat dapat bermitra dengan PT AGPA Refinery Complex untuk menghadirkan fasilitas yang akan meningkatkan kemampuan penyulingan minyak sawit di Indonesia. Kerjasama ini merupakan bagian penting dari komitmen TRIPATRA dalam menghadirkan solusi rekayasa teknik untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan inovatif serta percepatan hilirisasi.”

President Director of PT AGPA Refinery Complex, Sang Real Kim mengatakan, "Kerja sama dengan Tripatra mencerminkan visi bersama kami dalam mendorong pertumbuhan industri melalui berbagai praktik yang berkelanjutan. Kilang ini tak hanya akan memenuhi permintaan produk minyak kelapa sawit yang terus meningkat, tetapi juga akan berkontribusi terhadap tujuan lingkungan dan ekonomi kami."

Melalui kemampuan rekayasa teknik, TRIPATRA akan mendukung bisnis PT AGPA Refinery Complex dalam melakukan penyulingan minyak kelapa sawit yang juga akan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi kawasan dan berfokus pada keberlanjutan. TRIPATRA akan terus berinovasi dalam menyediakan berbagai solusi kepada para klien, baik dari sisi operasional maupun pengembangan untuk memaatikan hasil yang terbaik bagi klien

“TRIPATRA merasa terhormat menjadi mitra terpercaya PT AGPA Refinery Complex dalam pelaksanaan proyek ARC ini. Kami meyakini upaya kami akan memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan perekonomian kawasan. Kami berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini tepat waktu, beroperasi dengan aman, serta mencapai hasil yang diharapkan,” kata Raymond Naldi Rasfuldi, Presiden Direktur & CEO TRIPATRA.

PT AGPA Refinery Complex didirikan pada Maret 2023 sebagai perusahaan joint venture antara POSCO International, yang merupakan anak perusahaan konglomerat baja POSCO Holdings Inc. di bidang perdagangan dan eksplorasi energi, dan GS Caltex, perusahaan kilang minyak terbesar kedua di Korea. POSCO International memegang 60% saham dalam usaha joint venture ini, sementara GS Caltex memegang 40%. Kemitraan strategis ini bertujuan untuk menggabungkan keahlian dan sumber daya dari kedua perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan bisnis penyulingan minyak sawit yang juga berfokus pada kepedulian lingkungan dan sosial. Setelah kemitraan ini, perusahaan akan berupaya memperluas value chain dalam rangka memperluas kehadirannya di pasar serta memperkuat keunggulan kompetitifnya.

Sementara  PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA) yang Selama lebih dari 50 tahun, Tripatra telah menghadirkan solusi berkelanjutan berdasarkan keahlian rekayasa teknik terintegrasi terbaik untuk sektor infrastruktur energi, minyak dan gas, petrokimia, logam, serta energi baru dan terbarukan di Indonesia dan mancanegara dengan komitmen kuat terhadap penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. Sebagai bagian dari Indika Energy Group, TRIPATRA secara konsisten menyediakan layanan Engineering, Procurement and Construction (EPC) serta solusi aset yang komprehensif serta layanan solusi lain yang menyeluruh untuk setiap siklus proyek dan manajemen aset industrial. TRIPATRA didukung oleh pemanfaatan teknologi termutakhir dan digitalisasi untuk optimalisasi aktivitas operasional. Sejak 2019, TRIPATRA melakukan inisiatif transformasi untuk dapat menghadirkan solusi berkelanjutan terintegrasi berdasarkan keahlian rekayasa teknik terbaik dan terintegrasi untuk mentransformasi energi dan mendukung percepatan hilirisasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.