Agoric Permudah Pengembangan Smart Contract Cross-Chain dengan Integrasi IBC Protocol dari Cosmos

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Juli 2024 - 10:39 WIB

Agoric
Agoric

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Solusi cross-chain telah menjadi salah satu fokus utama bagi tim pengembang blockchain dalam menyediakan layanan yang terintegrasi dan mudah terhubung antar jaringan. Untuk itu, blockchain layer 1 Agoric mengintegrasikan tool Inter-Blockchain Communication Protocol (IBC) dari Cosmos, yang kemudian menghasilkan inovasi Orchestration API.

Integrasi ini memungkinkan para pengembang untuk menciptakan aplikasi terdesentralisasi (dApps) secara cross-chain dengan interoperabilitas antar jaringan yang mulus.

Sebagai informasi, IBC adalah inti dari blockchain Cosmos dan memungkinkan blockchain yang menggunakan protokol komunikasi ini untuk saling berinteraksi. IBC tidak berfungsi seperti bridge. Sebaliknya, blockchain mengirimkan paket informasi melalui smart contract yang memungkinkan mereka tidak hanya bertukar nilai tetapi juga menyampaikan berbagai bentuk data, seperti komunikasi, melalui protokol komunikasi ini.

Ini sejalan dengan fokus Agoric untuk menjembatani para pengembang dari Web2 untuk masuk ke Web3 secara mudah dengan memanfaatkan Harderned Javascript untuk mengembangkan smart contract cross-chain. Platform ini memiliki arsitektur multi-block asinkron yang memberikan keuntungan unik, memungkinkan pengembang untuk mengatur likuiditas dan layanan di seluruh ekosistem multi-chain yang berkembang.

Adapun integrasi ini juga memungkinkan pengembang menciptakan aplikasi yang mengintegrasikan ekonomi global dan sistem keuangan, mempermudah transaksi internasional dan manajemen aset lintas negara.

Pengembangan Cross-Chain yang Lebih Mudah dengan Agoric Orchestration API

Sebagai salah satu hasil dari pengembangan solusi cross-chain, Agoric memperkenalkan teknologi terbarunya yaitu Orchestration API, yang mempermudah para pengembang kripto untuk membangun dApps secara cross-chain dengan mudah, yang menghubungkan berbagai jaringan dan layanan blockchain.

Tool ini memungkinkan dApps untuk terhubung dalam ekosistem yang kohesif dan terintegrasi, sehingga dapat menawarkan pengalaman pengguna yang terpadu di berbagai blockchain dan protokol.

Adapun platform ini mendukung pengembangan instrumen keuangan inovatif di ruang DeFi, dengan memanfaatkan kekuatan berbagai jaringan blockchain. End-user dari aplikasi cross-chain ini akan merasakan pengalaman yang lebih mulus sehingga komunikasi dan transfer aset digital serta layanan yang lebih baik.

Beberapa dApps pertama yang dikembangkan dan dirilis menggunakan Agoric Orchestration API ini adalah Calypso, Inter Protocol, dan Crabble, dengan berbagai dApps lainnya yang segera menyusul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder OK Oce Sandiaga dan Ketua Umum, Sandiaga berharap kolaborasi dengan komunitas lainnya

Minggu, 06 Oktober 2024 - 12:06 WIB

Sandiaga : Gerak Bersama Adalah Soul Gerakan OK OCE

Gerakan sosial OK OCE terus mempererat kualitas hubungan antar Komunitas Penggerak.

Kaprodi Teknik Mesin President University, Dr.Eng. Lydia Anggraini, S.T., M.Eng.

Minggu, 06 Oktober 2024 - 10:24 WIB

Terintegrasi dengan Industri, Prodi Teknik Mesin President University Sukses Cetak SDM Berkualitas

Di tengah pesatnya perkembangan industri manufaktur dewasa ini, Prodi Teknik Mesin President University muncul sebagai salah satu pelopor kampus swasta dalam hal mencetak tenaga profesional…

Ketua DPR Puan Maharani (foto CNNindonesia.com)

Minggu, 06 Oktober 2024 - 08:58 WIB

Pesan Puan Maharani di HUT ke-79 TNI: 'Ojo Pedhot Oyot' Jangan Lupakan Rakyat!

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menghadiri upacara HUT TNI yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Dalam HUT ke-79 TNI, Puan berpesan kepada seluruh prajurit untuk ojo pedhot oyot yang…

Ekspor produk industri Sarung Tangan

Minggu, 06 Oktober 2024 - 08:49 WIB

Mantap! Perusahaan Industri Asal Yogyakarta Ekspor 4.876 Karton Sarung Tangan ke AS Senilai Miliaran Rupiah

PT Sport Glove Indonesia, salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat (KB) di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta, kembali ekspor ribuan karton sarung tangan ke Amerika Serikat…

Dua dokter spesialis ortopedi dari Siloam Hospitals Mampang, berbagi wawasan komprehensif mengenai strategi pemulihan yang efektif untuk cedera lutut dan tangan.

Minggu, 06 Oktober 2024 - 00:20 WIB

Siloam Hospitals Mampang Bahas Penanganan Komprehensif Cedera Orthopedi pada Bincang Sehat

Bincang Sehat digelar Siloam Hospitals Mampang untuk mengupas secara mendalam tentang penanganan cedera dan penyakit orthopedi dengan pendekatan komprehensif, melibatkan berbagai disiplin ilmu.