PGE Area Lahendong Raih Penghargaan di Ajang International CSR Excellence Awards 2024

Oleh : Hariyanto | Kamis, 04 Juli 2024 - 16:46 WIB

PGE Area Lahendong Raih Penghargaan di Ajang International CSR Excellence Awards 2024
PGE Area Lahendong Raih Penghargaan di Ajang International CSR Excellence Awards 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Area Lahendong berkomitmen untuk selalu mengedepankan prinsip tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat dan perlindungan lingkungan. Komitmen terhadap TJSL ini mendapatkan pengakuan internasional dari International CSR Excellence Awards 2024.

Pada acara yang dilaksanakan di London, Inggris, pada 1 Juli 2024 tersebut, PGE Area Lahendong berhasil meraih penghargaan silver untuk kategori Waste Management. Penghargaan ini membuktikan bahwa PGE Area Lahendong sebagai salah satu contoh praktik terbaik (best practice) internasional dalam pengelolaan dampak lingkungan.

General Manager PGE Area Lahendong, Novi Purnomo mengapresiasi pencapaian PGE Area Lahendong yang berhasil meraih penghargaan taraf internasional pertamanya. Pengakuan dari International CSR Excellence Awards 2024 ini merupakan wujud komitmen Perusahaan dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan.

“PGE menganggap tanggung jawab lingkungan dan sosial bukan hanya sebagai kewajiban Perusahaan, tetapi juga nilai yang melekat pada kegiatan operasional sehari-hari. Pencapaian ini semakin memperkuat posisi PGE sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia yang memberikan dampak baik pada masyarakat dan lingkungan dalam memajukan transisi energi bersih,” kata Novi dalam keterangan resmi, Kamis (4/7/2024). 

International CSR Excellence Awards 2024 merupakan ajang penghargaan skala internasional yang diusung oleh The Green Organisation, sebuah organisasi nirlaba independen. Penghargaan ini diberikan kepada dunia usaha yang menjalankan inisiatif TJSL yang memberi kontribusi positif terbaik pada masyarakat dan lingkungan.

Program-program TJSL PGE Area Lahendong sebelumnya telah diakui secara nasional dan berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi, terutama raihan PROPER Emas pada 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Program inovasi sosial yang diusung PGE Area Lahendong, Mapalus Tumompaso, sebuah program sistem ekonomi sirkuler yang memberdayakan dan mengedukasi lebih dari 1.400 warga setempat melalui beberapa program turunan, yaitu Usaha Desa Wisata (SADEWI), Kelompok Usaha Bersama Mandiri dan Berdaya Maria (KUBEMADA), Usaha Ternak dengan Energi Terbarukan, dan Bank Sampah Setor Jo.

Pada kesempatan lain, Direktur Utama PGE Julfi Hadi menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan dari dunia internasional atas usaha berkelanjutan PGE dalam mendukung transisi energi dengan tetap mengutamakan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“Sebagai salah satu garda terdepan dari transisi energi di Pertamina Grup maupun Indonesia, PGE berkomitmen untuk memberi timbal balik positif bagi komunitas dan lingkungan yang senantiasa mendukung segala pekerjaan kami. Kami percaya bahwa dengan mempersiapkan sebuah ekosistem sosial, ekonomi, dan lingkungan yang berkelanjutan, target pencapaian net zero emission akan semakin dekat,” pungkas Julfi Hadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aice Resmi Menjadi Worldwide Olympic Partner dan Es Krim Pilihan Timnas Indonesia

Minggu, 07 Juli 2024 - 14:25 WIB

Aice Resmi Menjadi Worldwide Olympic Partner dan Es Krim Pilihan Timnas Indonesia

Aice Group mengumumkan dukungannya dalam olahraga sebagai Worldwide Olympic Partner 2024 dan Official Ice Cream of Timnas Indonesia di perhelatan Olimpiade Paris 2024. Terpilihnya Aice menjadi…

Forwatan bersama narasumber diskusi Sawit

Minggu, 07 Juli 2024 - 11:55 WIB

Pemerintahan Prabowo-Gibran Diharapkan Memperkuat Daya Saing dan Lindungi Sawit Sebagai Komoditas Strategis

Pemerintahan baru Prabowo-Gibran diharapkan mampu menciptakan produk sawit yang berdaya saing serta memperkuat posisinya sebagai komoditas strategis bagi pasar dalam dan luar negeri. Karena…

Pembukaan Planet Gadget di Jl Raya Condet.

Sabtu, 06 Juli 2024 - 23:46 WIB

Potensi Omset Miliaran Rupiah, Planet Gadget Tawarkan 3 Tipe Toko Franchise

Untuk menjadi mitra Planet Gadget syaratnya Warga Negara Indonesia, memiliki tempat usaha, serta dana investasi antara Rp1 miliar hingga Rp5,5 miliar, dengan target omset hinggaRp2,2 miliar…

WMI buka toko ke-20 nya.

Sabtu, 06 Juli 2024 - 23:29 WIB

Berkolaborasi Dengan Nada Puspita, WMI Hadirkan Toko Ke-20

Memiliki 20 toko yang tersebar di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Lampung dan Makassar dalam 2 tahun perjalanan bisnisnya, merupakan pencapaian tersendiri bagi WMI.

Tim dari Badan Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX melakukan kajian pada lukisan dinding gua prasejarah di Bulu Sipong, Pangkep, Sulawesi Selatan.

Sabtu, 06 Juli 2024 - 22:39 WIB

Forum Arkeologi Internasional Apresiasi Langkah SIG dalam Konservasi Warisan Arkeologi di Bulu Sipong IV, Pangkep, Sulawesi Selatan

Jakarta– Langkah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dalam konservasi warisan arkeologi dan budaya di Bulu Sipong IV, Pangkep, Sulawesi Selatan, mendapat apresiasi dan sambutan positif…