Menparekraf Luncurkan Senandung Dewi 2024 Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Desa Wisata

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Juli 2024 - 11:00 WIB

Menparekraf, Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan "Senandung Dewi (Semarak Event Unggulan di Desa Wisata) 2024" guna memperkenalkan sederet event agar dapat menarik lebih banyak kunjungan wisatawan ke desa wisata.

Sandiaga menjelaskan inisiasi Senandung Dewi merupakan hasil kolaborasi dengan enam event di desa wisata.

"Karenanya saya sangat mengapresiasi desa wisata se-Indonesia yang telah mengusulkan event-event berkualitas untuk berkolaborasi dalam program Senandung Dewi. Kita harapkan ini bisa mendatangkan kunjungan wisatawan kita ke desa wisata," kata Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (1/7)

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu menambahkan, Kemenparekraf telah menjalankan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) selama empat tahun. Ekosistem yang terbentuk pun semakin baik. Untuk itu, ini adalah momen yang tepat untuk kembali menghadirkan program dukungan lain dalam mengembangkan desa wisata dengan fokus pada nilai-nilai keberlanjutan (sustainability), skalabilitas (scalability) dan nilai jual (sellable). Salah satunya melalui penyelenggaraan event.

"Kita terjemahkan dalam bentuk event karena event menjadi salah satu instrumen yang paling efektif untuk mengundang wisatawan baik nusantara maupun mancanegara," ujar Vinsen.

Dalam program "Senandung Dewi" nantinya akan ada dua skema yang dirancang. Pertama mengkurasi desa wisata di Indonesia yang telah memiliki event namun belum berkembang. Kedua, apabila desa wisata tersebut belum memiliki event, maka dirancangkan event menarik sesuai kearifan lokal.

Adapun enam event yang berkolaborasi dalam "Senandung Dewi 2024", yakni;
1. Penglipuran Village Festival XI, Desa Wisata Penglipuran, Bali, pada 4-7 Juli 2024.
2. Event Butuh Sidowarna Shadow Puppet Festival, Desa Wisata Wayang Sidowarna, Klaten, Jawa Tengah, pada 10-11 Agustus 2024.
3. Event Hyang Argopuro Festival Jember, Kolaborasi 5 Desa Wisata, pada 12-13 September 2024.
4. Event Ngopi Padang Mbulan Rame-Rame, Desa Wisata Ketapanrame, Mojokerto, Jawa Timur, pada 19 September 2024.
5. Festival Gema Budaya, Desa Wisata Kreatif Terong, Belitung, pada 4-7 November 2024.
6. Event Pariwisata di Desa Wisata Golo Bilas, Manggarai Barat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ajang Penghargaan Mitra Pembayaran Terbaik, terbagi menjadi (4) empat mitra terbaik

Jumat, 05 Juli 2024 - 17:26 WIB

ASABRI Berikan Penghargaan ke Mitra Pembayar Terbaik Kinerja 2023

ASABRI sukses menyelenggarakan Ajang Penghargaan Mitra Pembayaran Terbaik 2023. Acara ini berlangsung di Kantor Pusat ASABRI dan menjadi tonggak penting dalam memperkuat kerja sama serta mengakui…

SoKlin Raih Predikat Most Chosen Laundry Brand Nomor Satu Pilihan Konsumen Indonesia

Jumat, 05 Juli 2024 - 16:27 WIB

SoKlin Kembali Jadi Brand Pilihan Konsumen Dalam Brand Footprint Indonesia 2024

Prestasi ini menambah daftar panjang pencapaian SoKlin pada Brand Footprint sejak tahun 2017, yang konsisten selalu menduduki posisi nomor satu merek laundry favorit pilihan masyarakat.

Para pemenang Royale Inspiring Woman Awards bersama Velove dan Brand Representative Royale by SoKlin.

Jumat, 05 Juli 2024 - 16:04 WIB

Royale Parfum Series by SoKlin Kumpulkan Ratusan Perempuan Inspiratif di Inspiring Woman Awards 2024

Sebagai bagian dari kampanye ‘Kumenangkan Duniaku’, Royale Parfum Series by SoKlin mengadakan Royale Inspiring Woman Awards 2024 pertama kalinya untuk mengapresiasi para perempuan inspiratif…

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan penghargaan ini merupakan komitmen Bank Mandiri dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabah

Jumat, 05 Juli 2024 - 15:39 WIB

Beyond Expectation ! Bank Mandiri Borong 8 Penghargaan di Asian Banking & Finance (ABF) Awards 2024

Bank Mandiri kembali menegaskan dominasinya di industri perbankan dengan meraih delapan penghargaan bergengsi di ajang Asian Banking & Finance (ABF) Awards 2024.

Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center Hardjuno Wiwoho

Jumat, 05 Juli 2024 - 13:53 WIB

Skandal BLBI Bukan Masalah Ekonomi Saja tapi Penegakan Hukum

Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho menegaskan obligasi rekapitalisasi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) telah merampas hak hidup dan masa depan rakyat…