PertaLife Insurance Gelar Literasi Keuangan Bagi Mahasiswa Universitas Pertamina

Oleh : Wiyanto | Rabu, 03 Juli 2024 - 06:31 WIB

Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Universitas Pertamina atas kesempatan yang diberikan kepada PertaLife Insurance untuk bisa sharing knowledge tentang Inklusi dan Literasi Keuangan
Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Universitas Pertamina atas kesempatan yang diberikan kepada PertaLife Insurance untuk bisa sharing knowledge tentang Inklusi dan Literasi Keuangan

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Sebagai upaya untuk terus mendukung peningkatan literasi keuangan masyarakat, PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) melalui program PertaLife Goes to Campus menyelenggarakan seminar dengan tema “Literasi dan Inklusi Keuangan” di kampus Universitas Pertamina, Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Universitas Pertamina atas kesempatan yang diberikan kepada PertaLife Insurance untuk bisa sharing knowledge tentang Inklusi dan Literasi Keuangan. Seminar ini merupakan salah satu upaya kita bersama untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, mengenai pentingnya merencanakan dan mengelola keuangan sejak dini termasuk memahami pentingnya asuransi.

“Asuransi menjadi salah satu alat mitigasi risiko dengan cara mengalihkan risiko yang dimilki ke Perusahaan asuransi. Seperti Pertamina yang memiliki risiko bisnis dalam operasionalnya, dan PertaLife Insurance menjadi salah satu Perusahaan yang memberikan solusi terhadap risiko tersebut dari sisi Sumber Daya Manusia”. Jelas Hanindio di Jakarta, Selasa (3/7/2024).

Sementara itu Head of Legal & Compliance PertaLife Insurance Ridky J. Sitorus, S.H, M.H, CRMO, CLA, yang menjadi narasumber, mengajak mahasiswa untuk mulai berani mengelola keuangan secara terintegrasi dan terencana sebagai persiapan masa depan saat bekerja nanti. Pemahaman tentang literasi dan inklusi keuangan akan membantu mahasiswa terhindar dari masalah keuangan dan mampu berinvestasi untuk masa depan yang lebih berkualitas.

Menurutnya, peningkatan literasi dan inklusi keuangan termasuk perencanaan dan penggunaan keuangan akan berpengaruh terhadap mahasiswa dalam mengelola keuangan.

”Semakin tinggi pengetahuan serta kemampuan mahasiswa dengan perencanaan keuangan, maka mahasiswa akan lebih bijak dalam mengambil keputusan finansial,” paparnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana mengelola uang yang baik, paham cara mengatur risiko keuangan dalam investasi, serta memahami penggunaan financial technology (fintech). ”Agar mahasiswa terhindar dari pinjaman atau investasi ilegal yang saat ini marak terjadi,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang diikuti lebih dari 100 mahasiswa Universitas Pertamina itu, turut hadir Direktur Utama PertaLife Insurance Hanindio W. Hadi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pertamina Dr. Dewi Hanggraeni, S.E., M.B.A, Ketua Program Studi (Kaprodi) Fakultas Manajemen Arif Murti Rozamuri, Ph.D, dan Kaprodi Fakultas Ekonomi Dr. Feriansyah, S.E., M.Si.

Selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dewi mengapresiasi inisiatif PertaLife Insurance dalam memberikan knowledge tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan, serta berharap agar program ini bisa terus berlanjut. “Literasi finansial ini sangat penting, agar mahasiswa paham sejak dini cara mengelola keuangan. Selama ini mahasiswa sudah dibekali dengan teori dan praktik di lab keuangan serta magang tentang bagaimana menganalisis investasi dan keuangan, namun banyak yang tidak mengerti tentang bagaimana mengelola risiko dan mengamankan asetnya secara riil ,” terang Dewi.

Jadi, lanjut Dewi, seminar ini akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan pentingnya mencapai tujuan keuangan di masa depan dan memitigasi berbagai potensi risiko. ”Termasuk untuk menghindari fenomena yang sedang viral saat ini yaitu pinjol dan investasi bodong,” imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MiLaRi dan Molita Lin hadirkan bra desain eksklusif

Jumat, 05 Juli 2024 - 13:10 WIB

MiLaRi - Molitan Lin Jalin Kolaborasi Hadirkan Bra Desain Eksklusif yang Menginspirasi

MiLaRi, brand bra online terkemuka dengan bangga mempersembahkan kolaborasi terbarunya dengan influencer terkenal Molita Lin. Kolaborasi ini tidak hanya menghasilkan produk fashion yang stylish…

Ibu Tribuana Tunggadewi

Jumat, 05 Juli 2024 - 13:05 WIB

Bangun Ekosistem Halal hingga Inisiatif ESG, BSI jadi Benchmark Perbankan Malaysia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) semakin mengukuhkan posisinya sebagai bank syariah terkemuka di Indonesia dan menjadi contoh bagi negara-negara lain, termasuk Malaysia.

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

Jumat, 05 Juli 2024 - 10:58 WIB

Menteri ESDM Ungkap Kebutuhan Tenaga Listrik untuk Smelter Sangat Besar

Jakarta-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bahwa pembangunan fasilitas pemurnian mineral (smelter) memiliki tantangan, khususnya dalam penyediaan tenaga listriknya.

Pers Conference Royale Inspiring Woman Awards 2024

Jumat, 05 Juli 2024 - 10:57 WIB

Apresiasi Perempuan Inspiratif Indonesia, Royale Inspiring Woman Awards 2024  Digelar

Untuk mengangkat lebih banyak sosok perempuan hebat dan inspiratif di Indonesia, Royale Parfum Series by SoKlin, menyelenggarakan Royale Inspiring Woman Awards 2024. Ratusan sosok inspiratif…

Ketjasama KADIN dan JETRO

Jumat, 05 Juli 2024 - 10:39 WIB

Kadin Teken MoU dengan JETRO Perkuat Kerjasama Peningkatan Kapasitas UMKM  

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Japan External Trade Organization (JETRO) untuk memperkuat kerja sama dalam…