Kemenperin Apresiasi Frisian Flag Indonesia Bangun Pabrik Pengolahan Susu Senilai Rp3,8 Triliun di Cikarang

Oleh : Ridwan | Selasa, 02 Juli 2024 - 22:12 WIB

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika bersama jajaran direksi FrieslandCampina dan Frisian Flag Indonesia pada Peresmian Plant Cikarang PT Frisian Flag Indonesia
Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika bersama jajaran direksi FrieslandCampina dan Frisian Flag Indonesia pada Peresmian Plant Cikarang PT Frisian Flag Indonesia

INDUSTRY.co.id - Cikarang - FrieslandCampina dan Frisian Flag Indonesia (FFI) meresmikan pabrik terbarunya di Cikarang, Jawa Barat, untuk memenuhi permintaan susu domestik yang terus meningkat.

Pabrik baru senilai Rp3,8 triliun (€257 juta) tersebut nantinya akan memproduksi 400.000 kilogram susu segar setiap hari untuk menghasilkan 700 juta kilogram produk susu setiap tahunnya.

Pabrik susu baru ini juga telah menggunakan teknologi modern yang ramah lingkungan. 

"Kami (Kementerian Perindustrian) mengapresiasi FrieslandCampina dan FFI yang telah merealisasikan investasinya di Indonesia," kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika saat mewakili Menteri Perindustrian pada Peresmian Plant Cikarang PT Frisian Flag Indonesia di Kabupaten Bekasi, Jawa barat, Selasa (2/7).

Menurutnya, investasi ini akan mendukung salah satu program kerja dari Presiden terpilih 2024-2029 untuk minum susu bagi anak sekolah (school milk) yang diharapkan dapat mendorong peningkatan gizi serta konsumsi susu masyarakat di Indonesia.

Putu berharap, melalui pabrik baru ini, PT Frisian Flag Indonesia dapat memperkuat kontribusinya dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kemitraan dengan peternak sapi perah, mengoptimalkan nilai tambah di dalam negeri, memacu pertumbuhan ekonomi nasional, serta turut menyiapkan masyarakat Indonesia yang sehat dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Selain penambahan investasi, kami juga mengapresiasi PT Frisian Flag Indonesia yang telah melakukan kemitraan dalam pemenuhan bahan baku susu segar yang melibatkan 30.000 peternak dari 20 koperasi,” ungkapnya.

Dikatakan Putu, beroperasinya pabrik baru ini diperkirakan dapat meningkatkan penyerapan susu segar sebesar 130 ribu per tahun.

“Hal ini tentunya akan memberikan peluang dan motivasi bagi peternak mitra di dalam negeri untuk terus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya,” imbuhnya.

Kemenperin juga berharap agar PT Frisian Flag Indonesia tetap berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan melakukan inovasi dalam mengembangkan program kemitraannya dengan peternak sapi perah sehingga dapat meningkatkan produktivitas peternak untuk memproduksi susu segar sebagai bahan baku industri. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk menurunkan impor bahan baku susu.

Jan Derck van Karnebeek selaku CEO Royal FrieslandCampina N.V. mengatakan, pabrik susu baru FrieslandCampina di Cikarang adalah dedikasi perusahaan untuk berinvestasi di sektor susu di Indonesia.

“Sebagai investasi produksi global terbesar kami hingga saat ini, fasilitas ini akan berfungsi sebagai pusat penghubung untuk Asia Tenggara,” ujarnya.

Pabrik tersebut merupakan perwujudan dari komitmen perusahaan untuk menghadirkan produk susu berkualitas tinggi dan bergizi bagi generasi masa kini dan masa depan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, yang didukung oleh teknologi modern yang seimbang dengan kelestarian lingkungan.

“Frisian Flag Indonesia sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap produk susu yang terjangkau dan bergizi, serta mendukung kesejahteraan di beberapa wilayah Asia Tenggara," tuturnya.

Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia, Berend van Wel mengemukakan, peresmian pabrik di Cikarang ini menandai momen penting bagi FrieslandCampina dan FFI, yang memungkinkan perusahaan untuk memainkan peran yang lebih besar dalam mendukung kemajuan Indonesia.

“Dengan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan inovasi, kami berdedikasi untuk memproduksi produk susu yang bergizi bagi keluarga Indonesia sambil meminimalkan jejak ekologi kami sebanyak mungkin, berkontribusi positif bagi masyarakat dan planet ini," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Signify dan Mercedes-AMG PETRONAS Formula 1 Team kerjasama.

Kamis, 04 Juli 2024 - 23:24 WIB

Signify dan Mercedes-AMG PETRONAS Formula 1 Team Luncurkan Kolaborasi Baru

Signify mengusung spirit yang sama dengan Mercedes-AMG PETRONAS F1 Team di bidang inovasi yang bertanggung jawab untuk mendorong kemajuan di industri, bahkan lintas sektoral.

Media Gathering Coway bertajuk “Change Your Water, Change Your Life”.

Kamis, 04 Juli 2024 - 22:40 WIB

Coway Kembali Berikan Jaminan Air Minum Murni dan Halal

Coway beberkan komitmennya hadirkan jaminan air minum murni dan halal lewat sertifikat halal dari BPJPH.

BSI Deposito Wakaf seri 04 ITB diresmikan oleh RCEO BSI Regional Bandung Fitria Ekayani (tengah), Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro (kiri) dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB, Prof. Muhammad Abduh (kanan).

Kamis, 04 Juli 2024 - 22:10 WIB

BSI & ITB Luncurkan BSI Deposito Wakaf untuk Masjid di Cirebon

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), BSI Maslahat, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi meluncurkan BSI Deposito Wakaf dengan seri-04, Masjid ITB Kampus Cirebon.

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono pada saat menerima penghargaan

Kamis, 04 Juli 2024 - 20:38 WIB

Bank DKI Sabet Penghargaan Pada Ajang Indonesia Banking Service Excellence 2024

Bank DKI kembali meraih penghargaan dari lembaga independen, kali ini sebagai The 3rd Best Overall BPD dalam Pelayanan Prima pada ajang 21st Banking Service Excellence 2024, yang diselenggarakan…

Pengumuman PJF 2024

Kamis, 04 Juli 2024 - 18:40 WIB

Queen At The Opera Batal Tampil di Prambanan Jazz Festival 2024

Prambanan Jazz Festival 2024 kembali digelar dengan menghadirkan Panggung Special Show yang berbeda dengan gelaran tahun sebelumnya. Salah satu yang direncanakan bakal tampil di Panggung Special…