Kideco Jaya Agung Raih Penghargaan di Ajang Bina Mitra UMKM Award 2024

Oleh : Ridwan | Selasa, 02 Juli 2024 - 07:40 WIB

Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco Arif Kayanto (kanan) sedang meninjau kesiapan booth pameran UMKM binaan Kideco dalam rangkaian acara Bina Mitra UMKM Award 2024
Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco Arif Kayanto (kanan) sedang meninjau kesiapan booth pameran UMKM binaan Kideco dalam rangkaian acara Bina Mitra UMKM Award 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah berkomitmen untuk memajukan UMKM di Tanah Air salah satunya, dengan memberikan keistimewaan terhadap UMKM dalam realisasi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Sesuai dengan arahan Presiden, UMKM dalam konteks TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) diberikan privilege untuk masuk lebih dalam pada realisasi APBN.

Pemerintah juga terus mendorong keterlibatan UMKM dalam kegiatan Business Matching, dan hasilnya sangat menggembirakan terutama di tingkat Kabupaten Kota dan Provinsi.

Staf Ahli Kementerian Perindustrian Bidang Peningkatan Kemampuan Industri Dalam Negeri, Ignatius Warsito
mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk menjadikan UMKM sebagai tuan rumah di negeri sendiri. 

"Kami di Kementerian Perindustrian siap mendukung untuk mewujudkan UMKM kita sebagai tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya saat membuka acara Bina Mitra UMKM Award 2024, yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) di Jakarta, kemarin.

Bina Mitra UMKM Award 2024 diberikan kepada Perusahaan/Lembaga/Organisasi yang telah berkontribusi dan ikut berperan dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, agar dapat berkontribusi lebih besar dalam perekonomian dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas serta memperkuat struktur perekonomian nasional. 

Penghargaan juga diberikan kepada UMKM Binaan Perusahaan atau Lembaga maupun Organisasi yang telah “Naik Kelas,” dan Pendamping UMKM. 

Dalam sambutannya Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno menyampaikan, peran UMKM harus ditingkatkan, baik di tingkat perdagangan nasional, maupun perdagangan global. 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian upaya dalam rangka meningkatkan peran penting UMKM dalam perdagangan nasional dan global serta memperkuat ekosistem rantai pasok yang tangguh dan kompetitif,” katanya.

Pada ajang tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, berhasil meraih penghargaan Gold sebagai Pembina UMKM dan Pendamping UMKM Terbaik 2 yang diberikan kepada Iffah Saaidah selaku CSR Community Development & Economy Section Head Kideco. 

Pada kesempatan yang sama, UMKM Binaan Kideco yaitu Bakpia Sari Berkah dan Buen Were Paser juga menerima penghargaan dengan level Platinum dan Gold.

Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco, Arif Kayanto menyampaikan bahwa Kideco berkomitmen untuk memajukan UMKM. 

Saat ini, Kideco memiliki 40 UMKM binaan yang merupakan upaya meningkatkan ekonomi Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, di lokasi operasi Kideco. 

“Kideco terus mewujudkan komitmennya untuk menciptakan kemandirian masyarakat di area operasionalnya. Salah satunya dilakukan dengan turut mendukung pengembangan UMKM,” tandas Arif Kayanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Alumni Atma Jaya Jakarta Desak Pemerintah Bersikap Adil Terhadap Perguruan Tinggi Swasta

Kamis, 04 Juli 2024 - 10:51 WIB

Di Hadapan Wakil Rakyat, Alumni Atma Jaya Jakarta Desak Pemerintah Bersikap Adil Terhadap Perguruan Tinggi Swasta

Jakarta-PANITIA Kerja (Panja) Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Perkumpulan Alumni Atma Jaya Jakarta (Perluni-UAJ), Ikatan Alumni ITB (IA-ITB),…

Livin KPR

Kamis, 04 Juli 2024 - 10:14 WIB

Semakin Cepat ! Bank Mandiri Mudahkan Proses Pengajuan KPR Digital dengan Livin' KPR

Bank Mandiri terus berinovasi dalam memberikan kemudahan bagi nasabah melalui peluncuran fitur terbaru di beyond super app Livin’ by Mandiri. Sekarang, Bank Mandiri menghadirkan solusi kepemilikan…

Ilustrasi Smelter

Kamis, 04 Juli 2024 - 08:56 WIB

Top! Menteri ESDM Ungkap Sinyal Commisioning Proyek Smelter Nikel di Sulawesi

Jakarta-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memberikan sinyal terkait progres pembangunan proyek pemurnian (smelter) nikel milik PT. Ceria Nugraha Indotama (Ceria) di…

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan keterangan pers terkait Pemindahan ASN ke IKN di Istana Negara, Senin (01/07).

Kamis, 04 Juli 2024 - 08:42 WIB

Tinggal Menghitung Hari! Kementerian PANRB Paparkan Tiga Skema Menuju IKN

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas optimistis pemindahan ASN ke IKN sekaligus akan mewujudkan transformasi budaya kerja baru…

Pertemuan dengan HKTI

Kamis, 04 Juli 2024 - 07:43 WIB

HKTI Minta Kelembagaan Penyuluh di Era Prabowo-Gibran Sesuai UU No 16

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyerukan agar program pangan yang akan dijalankan presiden terpilih Prabowo-Gibran dapat dilaksanakan secara baik.