Kolaborasi Lazada dan OTW Hadirkan Operasional Logistik Ramah Lingkungan

Oleh : Nina Karlita | Senin, 01 Juli 2024 - 15:28 WIB

Kolaborasi Lazada dan OTW.
Kolaborasi Lazada dan OTW.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dari sumber tak bergerak (industri) maupun bergerak (kendaraan bermotor), Lazada Indonesia memiliki berbagai inisiatif keberlanjutan.

Salah satunya dengan menjalankan operasional logistik lebih ramah lingkungan #BlueVehicle melalui kemitraan dengan PT OTW Sinergi Niaga (Orderan Tepat Waktu - OTW). Operasional tersebut seluruhnya menggunakan armada sepeda motor berbasis listrik.

Menurut penelitian dari Global Carbon Project (2022), Indonesia menempati peringkat tujuh sebagai penghasil karbon terbanyak di dunia. Meski demikian, pemerintah menargetkan penurunan emisi karbon sebanyak 29% pada 2030 dan mencapai nol emisi karbon pada 2060. 

Pemerintah pun mendorong partisipasi sektor swasta dalam upaya lingkungan ini, yang disambut baik oleh Lazada dengan berbagai inisiatif. Termasuk meningkatkan operasional yang lebih ramah lingkungan dengan dukungan para mitra strategis seperti OTW.

Sebagai platform eCommerce pertama dengan inisiatif solusi ramah lingkungan, berbagai upaya terus dilakukan Lazada untuk mendukung tujuan jangka panjang pertumbuhan berkelanjutan perusahaan. 

“Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem eCommerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Karena itulah kami terus mengembangkan armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, termasuk melalui kolaborasi dengan OTW,” ujar Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata.

Armada #BlueVehicle dikembangkan Lazada untuk pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan. Kolaborasi Lazada dengan OTW dengan #BlueVehicle berfokus pada konsumen yang tinggal di area Tangerang, Banten hingga ke Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

Sejalan dengan Lazada, OTW memiliki perhatian besar terhadap upaya keberlanjutan dan juga berupaya menjalankan operasional yang lebih ramah lingkungan. 

“Kami menyadari bahwa operasional logistik lekat dengan berbagai isu lingkungan, namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi kami untuk tetap melayani konsumen dengan baik sembari berupaya mengurangi emisi gas karbon. OTW memang didirikan di tahun 2023 dengan visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik. Kerja sama dengan Lazada menjadi salah satu bentuk perwujudan kami mencapai visi ini,” kata Chief Executive Officer OTW, Gary Prawira.

Bersama dengan OTW, Lazada terus memperluas akses konsumen di Indonesia untuk berbelanja online, khususnya yang tinggal di area Bogor, Jawa Barat, dan sekitarnya, bahkan bagi masyarakat yang masih tinggal di area terpencil sekalipun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Impor

Rabu, 03 Juli 2024 - 13:30 WIB

Tegas! Kadin Minta Kemendag Lakukan Ini Sebelum Finalisasi Kebijakan Bea Masuk

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, pihaknya menghimbau agar Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian/Lembaga…

SD Darmono Dirut PT Jababeka Tbk

Rabu, 03 Juli 2024 - 12:07 WIB

SD Darmono 'Turun Gunung', Saatnya Beli Saham Jababeka (KIJA)?

PT Jababeka Tbk (KIJA) mendapuk Setyono Djuandi Darmono sebagai Direktur Utama perseroan. Keputusan tersebut usai Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ) Tahunan Tahun Buku 2023, yang digelar pada…

Penandatanganan Joint Study Agreement

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:59 WIB

Wujudkan Transisi Energi Bersih, PGE Gaet Elnusa, PertaMC dan PGAS Solution

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) aktif membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan potensi energi panas bumi sebagai tulang punggung transisi energi nasional. Bersama…

Ilustrasi netizen +62

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:20 WIB

Menteri Sandiaga Uno Berikan Tips Jitu Hadapi Netizen +62

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tips jitu dalam menghadapi netizen Indonesia yang dikenal sebagai netizen +62 di acara (TERMINAL Vol.…

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:10 WIB

Kenaikan TTDI Jadi Basis Pengembangan Sektor Parekraf di Indonesia

Kenaikan peringkat Travel & Tourism Development Index (TTDI) Indonesia yang cukup signifikan menjadi basis pembangunan Indonesia melalui pengembangan sektor parekraf Tanah Air di masa mendatang.