Cerita RS Sunway Kuala Lumpur yang Sudah Menggunakan Teknologi Bedah Robotic dalam Dunia Kedokteran

Oleh : Kormen Barus | Senin, 01 Juli 2024 - 12:48 WIB

Dr Thangesweran Ayakannu
Dr Thangesweran Ayakannu

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Teknologi semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Jika di masa lalu kita masih melakukan banyak hal secara manual, kini sudah serba otomatis berkat bantuan mesin berteknologi tinggi, salah satunya adalah Teknologi Robotik.

Penggunaan robot kini menjadi solusi dalam dunia kedokteran, karena mudah diatur serta pengerjaan semisal bedah atau operasi lebih mudah dan faktor keberhasilan operasi pada pasien sangat tingggi. Salah satu rumah sakit yang menggunakan teknologi Bedah Robotic, adalah RS Sunway Kuala Lumpur.

Beberapa jam setelah operasi lewat robot, pasien pun bisa segera pulang. Hal ini disampaikan oleh Dr Thangesweran Ayakannu,  mengenai Penyakit dan Gangguan Ginekologi Yang Relevan Bagi Masyarakat, Terutama Kaum Hawa, mulai dari kondisi umum hingga gejala yang lebih serius, seperti kanker, Beliau juga membahas tahap tahap pengobatan dan pilihan yang  membantu pasien  sebelum menjalani perawatan.

"Terdapat beberapa masalah kesehatan umum yang sering dihadapi wanita,  semisal kista ovarium, infeksi saluran reproduksi, endomestriosis, mioma uti dan gangguan menstruasi,"  ucap Dr Thangesweran pada acara, Bincang Sehat RS Sunway Bandar Sunway Kuala Lumpur berkolaborasi dengan Komunitas Perempuan Jakarta di hotel Veranda, Jakarta, kemarin.

Menurut Dr Thangesweran Ayakannu saat sesi gathering,  "Walaupun begitu, pasien memiliki beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan untuk memastikan mereka mendapatkan perawatan terbaik dengan kesembuhan maksimal, salah satunya adalah Menggunakan teknik bedah dengan Robot Bantuan", Jelas Dr Thangesweran Ujar Dr Thangesweran lebih lanjut,

bedah Robotik adalah alat bedah generasi terbaru yang digunakan para ahli bedah untuk melakukankan prosedur kompleks secara aman dengan presisi, fleksibilitas, kendali yang luar biasa, dan mekanisme penglihatan yang lebih baik dari pada teknik bedah konvensional.

Adapun Rumah Sakit yang sudah menggunakan teknologi Bedah Robotic adalah RS Sunway Kuala Lumpur. Selain membantu spesialis selama operasi, pengguna robotik Ini juga secara tepat dapat langsung membantu pasien internasional, terutama untuk mendapatkan perawatan di rumah Sakit dalam waktu lebih singkat serta memastikan keamanan pasien setelah menjalani operasi.

RS Sunway Bandar Sunway Kuala Lumpur Merupakan Bagian dari Grup Sunway Berhad, dengan kapasitas rumah sakit yang memiliki 724 kamar, Yang Akan Meningkat menjadi 1.100 Kamar dengan pembukaan dua blok tambahan pada awal tahun depan.

Hal ini secara tidak langsung menjadikan RS Sunway Bandar Sunway Kuala Lumpur sebagai rumah sakit terbesar di Malaysia dan juga di Asia Tenggara.

Selain memiliki Spesialis terbesar di Malaysia, RS Sunway juga Menawarkan 28 Spesialisasi dengan teknologi terbaru dan canggih, termasuk MRI 3-TESLA, Sistem Robotik Cerdas Mako Dan Rosa, Sistem Bedah Da Vinci Xi, Terapi Radiasi Intraoperatif Zeiss Intrabeam (Iort), Gamma Pisau, Varian Truebeam, XSpect, Pet Scan, Dan Banyak Lagi.

RS Sunway diakui sebagai salah satu dari 250 rumah sakit terbaik di dunia serta meraih berbagai pencapaian prestisius lainnya. RS Sunway terletak di Bandar Sunway, sebuah kota mandiri yang hanya berjarak sekitar 45 menit dari bandara dan 30 menit dari pusat Kota Kuala Lumpur.

Sesuai dengan Kebutuhan  Pariwisata medis, Terintegrasi dengan berbagai unit bisnis di bawah Grup Sunway,  seperti Sunway Mall, Sunway Lagoon, Dan Universitas, RS Sunway Menjadi pusat wisata kesehatan yang ideal. Selain Itu, dengan Adanya Sunway Sanctuary yang berdekatan dengan RS Sunway, Pasien dari manca negara atau  internasional dapat dengan mudah dan nyaman menjalani perawatan di sana.

Sunway Sanctuary menyediakan fasilitas penginapan setara hotel bintang 4 dengan harga  terjangkau.

Untuk mendukung kebutuhan pasien internasional, Pusat Pasien Internasional kami siap membantu sebelum dan selama perawatan di RS Sunway. Layanan tersebut mencakup pemesanan, transportasi, perpanjangan visa, penerjemah, dan layanan lainnya. RS Sunway juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan asuransi di Indonesia untuk memastikan pasien dapat menerima perawatan secara "cashless".

         

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SD Darmono Dirut PT Jababeka Tbk

Rabu, 03 Juli 2024 - 12:07 WIB

SD Darmono 'Turun Gunung', Saatnya Beli Saham Jababeka (KIJA)?

PT Jababeka Tbk (KIJA) mendapuk Setyono Djuandi Darmono sebagai Direktur Utama perseroan. Keputusan tersebut usai Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ) Tahunan Tahun Buku 2023, yang digelar pada…

Penandatanganan Joint Study Agreement

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:59 WIB

Wujudkan Transisi Energi Bersih, PGE Gaet Elnusa, PertaMC dan PGAS Solution

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) aktif membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan potensi energi panas bumi sebagai tulang punggung transisi energi nasional. Bersama…

Ilustrasi netizen +62

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:20 WIB

Menteri Sandiaga Uno Berikan Tips Jitu Hadapi Netizen +62

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tips jitu dalam menghadapi netizen Indonesia yang dikenal sebagai netizen +62 di acara (TERMINAL Vol.…

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:10 WIB

Kenaikan TTDI Jadi Basis Pengembangan Sektor Parekraf di Indonesia

Kenaikan peringkat Travel & Tourism Development Index (TTDI) Indonesia yang cukup signifikan menjadi basis pembangunan Indonesia melalui pengembangan sektor parekraf Tanah Air di masa mendatang.

 Grand Opening Pabrik Frisian Flag Cikarang.

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:08 WIB

Frisian Flag Resmikan Pabrik Susu Terbesarnya Di Cikarang

Frisian Flag resmikan pabrik seluas 35 lapangan sepakbola yang mampu memproduksi 400 ribu kilogram susu segar setiap hari untuk menghasilkan 700 juta kilogram produk susu setiap tahunnya dengan…