TASPEN Gandeng Mitra Internasional Bangun Oasis Central Sudirman

Oleh : Wiyanto | Senin, 01 Juli 2024 - 11:54 WIB

Taspen bersama investor internasional
Taspen bersama investor internasional

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) turut berkontribusi dalam penerapan strategi Environmental, Social & Governance (ESG) melalui pembangunan World-Class Property Oasis Central Sudirman Project yang dilaksanakan bersama sejumlah mitra internasional.

Kali ini TASPEN, melalui Taspen Properti selaku anak perusahaan bersama dengan Mitsubishi Estate Co. Ltd., melanjutkan proyek kerja sama yang dimulai sejak Juni 2021 yang dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan telah dilakukan Peletakan Batu Pertama (groundbreaking) pada Januari 2023, melakukan penandatanganan kerja sama dengan kontraktor utama terpilih, yakni konsorsium antara China State Contruction dan Taisei Joint Operation (CSCT-JO) dalam pembangunan Proyek Oasis Central Sudirman. Sebagai kontraktor utama, CSCT-JO nantinya akan melakukan pembangunan struktur, penyelesaian arsitektural, serta pengerjaan mechanical, electrical, dan plumbing (MEP).

Adapun kegiatan penandatanganan dihadiri langsung oleh Direktur Perencanaan dan Aktuaria TASPEN, Feb Sumandar, Direktur Operasional TASPEN, Ariyandi, Direktur Utama Mitsubishi Estate Indonesia, Yasuaki Oda, dan Direktur Utama China State Construction Overseas Development Shanghai (CSCODS) Indonesia, Steven Li Jie, di Marketing Gallery dari Proyek Oasis Central Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (1/07/2024).

Direktur Perencanaan dan Aktuaria TASPEN, Feb Sumandar, mengatakan, “Kolaborasi antara TASPEN melalui Taspen Properti dengan Mitsubishi Estate Co. Ltd. merupakan pengembangan kawasan berstandar internasional, di mana salah satu gedung tertinggi di Indonesia akan berdiri. Penunjukan CSCT-JO, perusahaan-perusahaan kontraktor bereputasi internasional, didasarkan pada pengalaman dan kompetensinya dalam pembangunan gedung-gedung super tall sehingga diharapkan dapat melaksanakan pembangunan Proyek Oasis Central Sudirman secara efektif dan efisien sesuai rencana. Melalui kolaborasi ini, TASPEN berharap dapat memberikan manfaat yang signifikan dan memperkuat peran BUMN sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia melalui peningkatan Foreign Direct Investment (FDI).”

Sebelumnya, TASPEN menggandeng salah satu pengembang properti terbesar di dunia, Mitsubishi Estate Co. Ltd. dalam pengembangan Proyek Oasis Central Sudirman di Jakarta. Mitsubishi Estate Co. Ltd. bertindak sebagai investor utama pada proyek ini. Proyek Oasis Central Sudirman merupakan upaya optimalisasi lahan milik TASPEN dan Taspen Properti yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kavling 2, Jakarta Pusat, di kawasan Transit Oriented Development (TOD) yang strategis. Proyek ini terdiri dari kompleks komersial dan residensial.

Proyek Oasis Central Sudirman akan memiliki dua gedung utama, yaitu gedung pertama yang akan digunakan sebagai kantor, apartemen servis, hotel, dan fasilitas ritel gaya hidup, serta gedung kedua untuk Strata Title Apartments. Kedua gedung ini akan berdiri di atas lahan seluas 3,3 hektar yang pembangunannya direncanakan selesai pada tahun 2029. Hingga bulan Juni 2024, Proyek Oasis Central Sudirman telah menyelesaikan pekerjaan pondasi bangunan dan pembangunan Marketing Gallery yang telah selesai 100%.

Proyek ini juga diuntungkan dengan akses sangat mudah ke berbagai moda transportasi massal seperti MRT, LRT, Sky Train Bandara, KRL, dan Bus Transjakarta, serta kedekatan dengan pusat bisnis, pusat perdagangan, dan kawasan pemerintahan.

Pada bulan Agustus yang akan datang, Proyek Oasis Central Sudirman akan meluncurkan brand dan kerja sama dengan operator berkelas internasional dalam pengelolaan salah satu elemen dalam gedung komersial. Dengan demikian, Proyek Oasis Central Sudirman akan menjadi destinasi yang ikonik di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Pembangunan Proyek Oasis Central Sudirman sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, bahwa pembangunan properti merupakan salah satu fondasi pertumbuhan ekonomi, terutama property yang mendukung Green and Sustainable Building berkelas internasional. Selain itu, TASPEN telah menjalankan amanat Menteri BUMN lainnya dengan berkolaborasi bersama mitra internasional dalam menghadirkan bisnis dan properti yang berkelas dunia di Indonesia. Diharapkan upaya ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menjaga stabilitas perekonomian, serta membuka lapangan pekerjaan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SD Darmono Dirut PT Jababeka Tbk

Rabu, 03 Juli 2024 - 12:07 WIB

SD Darmono 'Turun Gunung', Saatnya Beli Saham Jababeka (KIJA)?

PT Jababeka Tbk (KIJA) mendapuk Setyono Djuandi Darmono sebagai Direktur Utama perseroan. Keputusan tersebut usai Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ) Tahunan Tahun Buku 2023, yang digelar pada…

Penandatanganan Joint Study Agreement

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:59 WIB

Wujudkan Transisi Energi Bersih, PGE Gaet Elnusa, PertaMC dan PGAS Solution

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) aktif membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan potensi energi panas bumi sebagai tulang punggung transisi energi nasional. Bersama…

Ilustrasi netizen +62

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:20 WIB

Menteri Sandiaga Uno Berikan Tips Jitu Hadapi Netizen +62

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tips jitu dalam menghadapi netizen Indonesia yang dikenal sebagai netizen +62 di acara (TERMINAL Vol.…

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:10 WIB

Kenaikan TTDI Jadi Basis Pengembangan Sektor Parekraf di Indonesia

Kenaikan peringkat Travel & Tourism Development Index (TTDI) Indonesia yang cukup signifikan menjadi basis pembangunan Indonesia melalui pengembangan sektor parekraf Tanah Air di masa mendatang.

 Grand Opening Pabrik Frisian Flag Cikarang.

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:08 WIB

Frisian Flag Resmikan Pabrik Susu Terbesarnya Di Cikarang

Frisian Flag resmikan pabrik seluas 35 lapangan sepakbola yang mampu memproduksi 400 ribu kilogram susu segar setiap hari untuk menghasilkan 700 juta kilogram produk susu setiap tahunnya dengan…