Wujudkan Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN Gelar Edukasi Kelistrikan Bagi Masyarakat

Oleh : Wiyanto | Minggu, 30 Juni 2024 - 21:54 WIB

PLN Ilustrasi
PLN Ilustrasi

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia. Keselamatan, dan kesehatan kerja (K3) dapat dimulai dari diri sendiri, lingkungan sekitar, dan sedini mungkin.

Sadar akan pentingnya tanggung jawab K3, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) melalui Tim K3 menggelar kegiatan sosialisasi tentang keselamatan ketenagalistrikan kepada masyarakat di sekitar lokasi pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kilovolt (kV) Duri Kosambi – Muara Karang, bertempat di PLN Unit Satelit (USAT) Cengkareng pada 12 Juni 2024 lalu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai keselamatan ketenagalistrikan, khususnya bagi masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan proyek infrastruktur ketenagalistrikan. Agar terpenuhi kondisi aman dan andal bagi infrastruktur ketenagalistrikan, aman dari bahaya bagi masyarakat, serta mewujudkan infrastruktur ketenagalistrikan yang ramah lingkungan,” ujar Defiar Anis, General Manager PLN UIP JBB, dalam keterangannya (28/6/2024) dalam keterangannya.

Dalam sosialisasi tersebut, Faizal Ode Putra, selaku Assistant Manager Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Keamanan PLN UIP JBB, beserta Nursidik, selaku Team Leader Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan (K3L) dan Keamanan PLN Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat (UPP JBB) 2 menyajikan berbagai materi edukasi kelistrikan yang disampaikan secara interaktif kepada masyarakat.

Salah satu materi yang disorot adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi dan mengganggu instalasi ketenagalistrikan, dan berpotensi bahaya bagi masyarakat sekitar, diantaranya seperti bermain layang-layang di sekitar instalasi, membakar sampah di dekat instalasi, mendirikan bangunan yang terlalu dekat dengan instalasi. Hal-hal tersebut berpotensi menyebabkan gangguan penyaluran tenaga listrik kepada masyarakat, industri dan juga pelanggan lainnya.

“PLN UIP JBB berupaya menjadikan keselamatan dan kesehatan kerja menjadi cerminan budaya perusahaan, dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat semakin memahami pentingnya keselamatan ketenagalistrikan, dan ikut berperan serta dalam menjaga instalasi ketenagalistrikan di sekitar lingkungan tempat tinggal,” ujar Anis.

Selain sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan sosialisasi terkait penggunaan PLN Mobile. Seluruh peserta diminta untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi PLN Mobile. PLN coba mewujudkan kecepatan dan kemudahan layanan listrik di era digitalisasi 4.0 lewat aplikasi PLN Mobile.

“PLN Mobile dirancang untuk memudahkan pelanggan mengakses segala kebutuhan hanya dalam satu genggaman. Urusan listrik semua ada di aplikasi, seperti pasang sambungan baru, tambah daya, beli token listrik, pengaduan gangguan. Semua layanan PLN Mobile sudah terintegrasi dan termonitor realtime 24 jam, sehingga kualitas layanan pun dapat di monitor bersama oleh pelanggan dan PLN,” tutur Anis.

Dalam kegiatan ini masyarakat juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada tim dari PLN. Interaksi langsung ini diharapkan dapat memperkuat pemahaman masyarakat tentang topik yang disampaikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:30 WIB

Bank Mandiri menjadi Bank Nasional dengan penghargaan terbanyak pada FinanceAsia Award 2024, Bukti Keunggulan, Inovasi, dan Komitmen Keberlanjutan

Bank Mandiri menjadi bank nasional yang meraih penghargaan terbanyak pada ajang FinanceAsia tanggal 27 Juni 2024 di Hong Kong. FinanceAsia merupakan media publikasi berbasis di Hong Kong dan…

Ilustrasi Boikot

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:13 WIB

Dua Survei Ungkap Aksi Boikot Berhasil Gerus Produk Terafiliasi Israel di Indonesia

Dua survei terbaru membuktikan, boikot konsumen Indonesia memang punya daya gedor dahsyat, karena mampu menggerus penjualan produk-produk perusahaan multinasional terafiliasi Israel.

Media Briefing ICDX

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:01 WIB

Tepat 15 Tahun Beroperasi, Begini Strategi ICDX Group untuk Keberlanjutan

Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), pada tahun 2024 ini tepat 15 tahun beroperasi. Dalam ulang tahun ini, ICDX Group mengambil…

PT PP

Selasa, 02 Juli 2024 - 15:44 WIB

PTPP Penuhi Kewajiban Obligasi dan Sukuk Mudharabah Tepat Waktu

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu perusahaan BUMN konstruksi dan investasi di Indonesia (“PTPP”) telah melakukan pembayaran atas Obligasi Berkelanjutan III Tahap I tahun 2021 Seri A…

Program Women in Sales

Selasa, 02 Juli 2024 - 15:17 WIB

Lewat Program Women in Sales, Multi Bintang Indonesia Ciptakan Lingkungan Kerja Inklusif

Multi Bintang Indonesia, bagian dari The HEINEKEN Company, produsen merek bir premium internasional Heineken® dan BINTANG, terus menciptakan lingkungan kerja yang inklusif melalui program Women…