Perempuan Pendorong Penting Pergerakan Ekonomi Jakarta

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 29 Juni 2024 - 07:33 WIB

Talk show PUAN
Talk show PUAN

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Memanfaatkan momentum HUT Jakarta tahun ini, organisasi PUAN (Perempuan Amanat Nasional) menyelenggarakan dialog bertema "Perspektif PeremPUAN Menuju Transformasi Jakarta Sebagai Kota Global."

Sari Pramono, Ketua PUAN DPW DKI Jakarta yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Pasar Kerja dan Pemagangan Kadin Indonesia, menyatakan bahwa transformasi Jakarta tidak dapat dipisahkan dari kontribusi aktif kaum perempuan, "sebagai kota yang dinamis dan penuh potensi, Jakarta tidak hanya menjadi pusat ekonomi dan budaya, tetapi juga merupakan tempat di mana transformasi besar sedang terjadi. Dalam perubahan ini, perempuan memainkan peran yang sangat krusial."

Data terbaru menunjukkan bahwa perempuan di Indonesia, termasuk di Jakarta, telah mencapai kemajuan signifikan dalam berbagai bidang. Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, mencapai sekitar 54,3%.

Di Jakarta sendiri, angka ini lebih tinggi, mencapai 56,1%, menunjukkan bahwa perempuan semakin aktif dalam dunia kerja dan berkontribusi pada perekonomian kota. Di sektor pendidikan, perempuan juga menunjukkan pencapaian yang mengesankan. Tingkat partisipasi pendidikan perempuan di tingkat menengah atas dan perguruan tinggi terus meningkat.

Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2023, sekitar 52% dari total mahasiswa di perguruan tinggi adalah perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan semakin mendapatkan akses yang lebih baik ke pendidikan tinggi, yang merupakan modal penting untuk berpartisipasi dalam transformasi kota.

Di sektor ekonomi, menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tahun 2023, sekitar 60% dari total usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta dimiliki dan dikelola oleh perempuan, yang pada akhirnya berkontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal.

Ini menunjukkan bahwa perempuan adalah kekuatan pendorong penting dalam pergerakan ekonomi Jakarta.

Walaupun dengan segala kemajuan yang telah dicapai, masih banyak pula perempuan Indonesia yang menghadapi berbagai kendala di kehidupan sehari-hari mereka. Seperti masalah kesetaraan gender di tempat kerja, angka kematian ibu dan anak yang relatif masih cukup tinggi dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara, kekerasan berbasis gender, akses ke modal usaha, masih kurangnya representasi dalam politik dan kepemimpinan, dan lainnya. Jelas hal ini masih menjadi tugas yang besar dan tidak ringan untuk dihadapi bersama.

Untuk itulah, PUAN, sebagai organisasi yang memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia, akan terus berkomitmen untuk mendukung dan menginspirasi perempuan di Jakarta. "Kami percaya bahwa dengan memberikan peluang, dukungan, dan platform yang tepat, perempuan Indonesia dapat meraih potensi tertinggi mereka dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi transformasi kota ini. Kami ingin melihat lebih banyak perempuan di posisi kepemimpinan, lebih banyak perempuan yang berinovasi, dan lebih banyak perempuan yang berkontribusi dalam membentuk masa depan Jakarta," ucap Sari.

Diana Dewi, S.E., Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, yang turut hadir sebagai narasumber dalam dialog menambahkan, "pengusaha adalah pejuang, maka dari itu perempuan pengusaha harus pintar melihat peluang dan harus berjuang agar Jakarta dapat menjadi Kota Global dan pastinya tidak kalah dengan negara-negara lain yang sudah memindahkan ibu kotanya ke daerah lain. Kita, sebagai perempuan Indonesia, harus optimis menyongsong masa depan yang lebih cerah".

Transformasi Jakarta menuju Kota Global bukan hanya tentang pembangunan fisik atau ekonomi, tetapi juga bagaimana seluruh elemen masyarakat, termasuk perempuan, berperan aktif dalam perkembangan kota. Melalui kolaborasi inklusif dan berkelanjutan, Jakarta dapat menjadi kota global dalam praktik dan kenyataan.

Acara dialog yang diselenggarakan oleh PUAN DPW DKI Jakarta di Sarinah, Jakarta Pusat, ini juga turut dihadiri oleh Inke Prima Diyarni, Staf Ahli Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Bidang Perencanaan Strategis dan Pendanaan Pembangunan, dan Intan Fauzi, Ketua Umum PUAN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah bertransaksi di mesin ATM BRI

Senin, 01 Juli 2024 - 19:52 WIB

Tingkatkan Kualitas Layanan Kepada Nasabah, BRI Rilis Kebijakan Baru Terkait Rekening Pasif

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI merilis kebijakan baru terkait perubahan batas waktu penutupan bagi rekening dormant BRI. Rekening dormant merupakan rekening yang tidak pernah…

Pelindo saat menerima penghargaan

Senin, 01 Juli 2024 - 19:38 WIB

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Pelindo Diganjar Tiga Penghargaan ‘CSR - SDG - ESG Award VII – 2024’

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menerima penghargaan ‘CSR - SDG - ESG Award VII – 2024’. Penghargaan ini merupakan apresiasi tahunan Economic Review atas implementasi program tanggung…

Salurkan kurban Snack video gandeng Cintaquran

Senin, 01 Juli 2024 - 19:19 WIB

Sensasional! Ratusan Ribu Konten Dihasilkan Oleh Puluhan Ribu Kreator

QurbanBersama SnackVideo Dalam Semarak Idul Adha SnackVideo, platform media sosial berbasis video pendek, bersama Cinta Quran Foundation, dengan bangga mengumumkan kesuksesan besar program #QurbanBersama…

Protes PPDB soal batas usia siswa dan zonasi sekolah Jakarta (foto CNNIndonesia)

Senin, 01 Juli 2024 - 18:49 WIB

Regulasi dan Pengawasan Fondasi PPDB Akuntabel

Jakarta, FMB9 - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan gerbang awal bagi anak untuk menggapai cita-cita mereka melalui pendidikan. Dalam konteks ini, peran regulasi, pengawasan, dan…

Foto caca

Senin, 01 Juli 2024 - 18:11 WIB

Dorong Industri Tekstil! Lenzing Group berkolaborasi dengan Sritex Hadirkan Program Sourcing Day Vol. 1: Sritex X Lenzing di Bandung

Jakarta- Dalam upaya mendorong industri tekstil dan fashion di Indonesia menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, PT. South Pacific Viscose (SPV), bagian dari Lenzing…