Tak Disangka, Strategi Ini Dongkrak Performa MRAT Tahun 2023

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 28 Juni 2024 - 20:58 WIB

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT): Dari kiri ke kanan: Prof. DR. FG. Winarno (Komisaris Independen), Ir. Djoko Ramiadji, MSc (Presiden Komisaris), Ir. Bingar Egidius Situmorang (Presiden Direktur), Jodi Andrea Suryokusumo, BCom, MCorpGov, CA (ICAA) (Direktur)
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT): Dari kiri ke kanan: Prof. DR. FG. Winarno (Komisaris Independen), Ir. Djoko Ramiadji, MSc (Presiden Komisaris), Ir. Bingar Egidius Situmorang (Presiden Direktur), Jodi Andrea Suryokusumo, BCom, MCorpGov, CA (ICAA) (Direktur)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023 & Public Expose tahun 2024 di Graha Mustika Ratu, Jl. Gatot Subroto Kav.74-75 Jakarta Selatan, Jumat (28/06/2024). RUPS MRAT dipimpin oleh Ir. Djoko Ramiadji, MSc selaku Presiden Komisaris.

RUPST itu juga menyetujui untuk mengangkat Dewan Komisaris dan Dewan Direksi dengan susunan sebagai berikut:

Presiden Komisaris,  Ir. Djoko Ramiadji, MSc, Komisaris, Haryo Tedjo Baskoro, MBA, Komisaris Independen, Prof. DR.FG. Winarno, Presiden Direktur, Ir. Bingar Egidius Situmorang, Direktur, Jodi Andrea Suryokusumo BCom, MCorpGov, CA (ICAA) dan Direktur, Kusuma Ida Anjani, Mbus, MappFin.

Presiden Komisaris, Ir. Djoko Ramiadji, MSc mengatakan PT Mustika Ratu Tbk dapat tetap mempertahankan posisinya sebagai perusahaan jamu dan kosmetik terkemuka  di tengah dinamika bisnis yang dihadapi sepanjang tahun 2023, Perseroan mampu menangkap sejumlah peluang sehingga dapat terus melaju setiap tahunnya.

” Pada tahun 2023, Perseroan telah menerapkan berbagai inisiatif strategi agar dapat meningkatkan kinerja, salah satunya dengan berfokus pada pengembangan inovasi produk. Dewan Komisaris juga  menilai Kinerja Direksi telah memenuhi hasil yang ditetapkan dan selaras dengan rencana jerja serta pelaksanaan prinsip prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik, ” ujar Preskom Djoko Ramiadji,

 PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) sebagai pemimpin dalam industri kecantikan, jamu dan kesehatan Indonesia, mengumumkan pencapaian performa keuangan serta langkah strategis untuk tahun 2024 yang dapat memperkuat posisi perusahaan di pasar domestik dan internasional.

Di tahun 2023, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mampu mencatatkan peningkatan penjualan bersih (net sales) sebesar 5,41%, dan kenaikan laba kotor (gross profit) sebesar 25,86%. Perseroan berhasil membukukan penjualan bersih YTD Desember 2023 senilai Rp300 Miliar dan mencatat gross profit senilai Rp172 Miliar.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang  mengatakan,” Mustika Ratu melakukan inovasi berupa rejuvenasi produk Personal Care. Hal ini mendorong kontribusi penjualan sehingga di tahun 2023 segmen Personal Care ini juga mengalami growth sebesar 7,13%. Selain rejuvenasi, Mustika Ratu menggunakan teknologi inovatif yakni encapsulated botanic fusion (e-bion) yang dimplementasikan dalam produk hair care,” ujarnya.

Dalam rangka memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) telah merancang strategi yang komprehensif untuk tahun 2024 yang dikenal dengan GPS 2024. Strategi ini mencakup inovasi produk, promosi digital dan optimalisasi e-commerce, ekspansi distribusi, optimalisasi layanan spa, serta pengembangan sumber daya manusia. PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) juga terus berkomitmen pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial melalui berbagai inisiatif seperti program penanaman mangrove dan pohon, serta konsep green movement dengan fokus pada penggunaan kemasan yang dapat didaur ulang .

Kampanye digital yang agresif di berbagai platform media sosial dan kolaborasi dengan Puteri Indonesia 2024 diharapkan akan meningkatkan awareness dan penjualan produk. Kerjasama business-to-business dengan PT United Dico Citas (UDC) akan memperluas distribusi di medical channel, kerjasama dengan Koperasi Tunas Insan Madani melalui jaringan luas anggota koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menggarap channel sales baru yang direct to end users, sementara promosi offline melalui kegiatan Beauty Class dan pameran seperti Jakarta X Beauty dapat memperkuat citra merek. Peningkatan jaringan waralaba spa di tingkat nasional dan internasional turut mendukung pertumbuhan industri spa global yang terus meningkat.

Sepanjang tahun 2023, PT Mustika Ratu Tbk. (MRAT) juga berhasil meningkatkan penetrasi pasar dengan memperluas jangkauan ekspor ke lebih dari 40 negara. Peningkatan permintaan dari pasar internasional semakin menegaskan pengakuan pasar global terhadap kualitas produk Mustika Ratu. Negara-negara di berbagai benua termasuk di Asia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara, termasuk negara Jepang menjadi pasar utama dengan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan nilai ekspor perusahaan.

Dengan pencapaian yang telah diraih pada tahun 2023 dan strategi komprehensif untuk tahun 2024, PT Mustika Ratu Tbk optimis akan terus memberikan kontribusi positif bagi para pemegang saham dan masyarakat luas. Perseroan berkomitmen untuk menjaga kualitas produk dan layanan, serta terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis dan berkembang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus menambah fitur baru pada aplikasi BTN Mobile untuk mendorong transaksi nasabah. Pada akhir bulan Juni ini dirilis 3 fitur baru yaitu reksadana, money changer online dan top up e-money.

Senin, 01 Juli 2024 - 02:10 WIB

Makin Inovatif, BTN Luncurkan Tiga Fitur Baru di BTN Mobile

Jakarta-Menjelang semester II tahun 2024, BTN makin inovatif dalam meningkatkan kenyamanan bertransaksi dengan menampilkan tiga fitur baru pada aplikasi digital unggulannya, BTN Mobile. Tiga…

Ibu Kota Negara (IKN) Baru dirancang untuk pemerataan dan kemajuan bangsa di masa depan.

Minggu, 30 Juni 2024 - 22:06 WIB

Tinjau PLTS PLN, Menteri BUMN Pastikan Peringatan HUT RI di IKN Gunakan Listrik Hijau

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur telah beroperasi melistriki kawasan IKN, khususnya…

PLN Ilustrasi

Minggu, 30 Juni 2024 - 21:54 WIB

Wujudkan Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN Gelar Edukasi Kelistrikan Bagi Masyarakat

Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia. Keselamatan, dan kesehatan kerja (K3) dapat dimulai dari diri sendiri, lingkungan sekitar, dan sedini mungkin.

Menparekraf, Sandiaga Uno saat menghadiri UN CAP-CSA di Filipina

Minggu, 30 Juni 2024 - 13:20 WIB

Hadiri UN CAP-CSA di Filipina, Menparekraf Sepakati Pendidikan & Investasi Dorong Pariwisata Berkelanjutan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri “The 36th Joint Meeting of the UN Tourism Commission for East Asia and the Pacific & the UN Tourism…

Prambanan Jazz Festival 2024

Minggu, 30 Juni 2024 - 13:00 WIB

Digelar Sebentar Lagi, Festival Prambanan Jazz 2024 Bakal Dipenuhi Musisi Lokal Hingga Internasional

Festival musik Prambanan Jazz 2024 akan segera digelar selama tiga hari berturut-turut pada awal bulan Juli 2024. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, musisi-musisi nasional hingga internasional…