Sukses Bangun Popularitas, Deretan Brand Ini Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Oleh : Hariyanto | Kamis, 27 Juni 2024 - 14:41 WIB

Perusahaan Peraih Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
Perusahaan Peraih Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dinamika dan persaingan di era digital semakin sengit, popularitas sebuah brand menjadi salah satu faktor kunci dalam menentukan keberhasilan bisnis. Ranah digital menawarkan platform yang luas dan dinamis untuk brand membangun kehadiran mereka, menciptakan interaksi langsung dengan konsumen, dan mempengaruhi persepsi pasar secara signifikan.

Persaingan tidak hanya terbatas pada kualitas produk atau layanan, tetapi juga pada kemampuan brand dalam memanfaatkan teknologi dan strategi digital untuk mencapai dan mempertahankan popularitas.

Susilowati Ningsih, CEO infobrand.id mengatakan di ranah digital, brand yang popular mempunyai kecenderungan untuk lebih dipercaya dan dipilih oleh konsumen. Selain itu, dorongan untuk terus meningkatkan kualitas produk atau layanan juga menjadi lebih kuat, karena adanya kesadaran akan pentingnya memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen di tengah persaingan bisnis

“Brand-brand harus terus berinovasi, menghasilkan konten yang relevan, dan membangun komunitas yang aktif di media sosial serta platform digital lainnya untuk tetap relevan dan diminati di tengah persaingan yang semakin ketat,” kata Susilowati Ningsih, CEO infobrand.id di Jakarta, Senin (24/6/2024). 

Oleh karena itu, lanjut Susi, infobrand.id menggandeng Tras N Co Indonesia dan IMFocus Digimarketing Consultant Certified Google Partner, untuk melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand dan mengukur keberhasilan perusahaan dalam membangun brand di ranah digital.

“Melalui riset tersebut, kami menghadirkan sebuah apresiasi dan penghargaan bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan popular dibandingkan brand lainnya, melalui penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2024,” lanjut Susi.

Menurut Susi lagi, penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Fase 2 2024 kali ini merupakan sebuah penegasan atas pencapaian besar dari brand-brand yang telah berhasil membangun awareness yang kuat dan mendominasi pangsa pasar digital.

“Indonesia Digital Popular Brand Award 2024 Fase 2 ini menjadi pengakuan terhadap upaya brand dalam meraih keunggulan digital dan memenangkan hati konsumen di era digital yang begitu dinamis,” jelasnya.

Melalui kesempatan yang sama, Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia sekaligus Chairman Indonesia Brand Community (IBC) mengatakan, sebelum menentukan jajaran brand pemenang di ranah digital, pihaknya bersama IMFocus Digimarketing Consultant Certified Google Partner melakukan riset Digital Popular Brand Index 2024 Fase 2 pada Maret-Mei 2024.

Berdasarkan riset tersebut, terdapat 10 kategori brand dengan ulasan dan pencarian terbanyak di internet. Pertama Multiplatform Televisi Kabel dengan 12,4 juta ulasan dan 3,3 juta pencarian, lalu Supermarket Perkakas & Dekorasi Rumah dengan 9,5 juta ulasan dan 539 ribu pencarian, lalu ada Mie Instan dengan 7,3 juta ulasan dan 236 ribu pencarian, Online Shop Fashion dengan 6,4 juta ulasan dan 323 ribu pencarian.

Kemudian Air Minum Dalam Kemasan 1,8 juta ulasan dan 396 ribu pencarian, Convenience Store dengan 905 ribu uilasan dan 395 ribu pencarian, SPBU dengan 843 ribu ulasan dan 314 ribu perncarian, Toko Stationery dengan 670 ribu ulasan dan 249 ribu pencarian, Cargo dengan 520 ribu ulasan dan 280 ribu pencarian, dan terakhir Toko Donat dengan 479 ribu ulasan dan 318 ribu pencarian.

Lanjut Tri Raharjo, Tras N Co Indonesia melakukan riset dengan pendekatan digital research melalui Search Engine, Social Media dan Website Based, pihaknya juga mendapatkan brand-brand yang berhasil dan unggul dikategorinya dalam membangun brand di ranah digital.

“Setelah itu, kata Tri Raharjo lagi, pihaknya memberikan apresiasi melalui penghargaan ‘Indonesia Digital Popular Brand Award 2024’ kepada brand-brand yang berada di jajaran atas riset Digital Popular Brand Index 2024 Fase 2,” pungkasnya.    

Adapun para pemenang penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2024 diantaranya adalah Shop & Drive (Bengkel & Aksesoris Mobil), Cuddle Me (Gendongan Bayi), Sebamed (Baby Wash), Sasa Tepung Bumbu (Tepung Ayam Goreng), Eyesight (Softlens), Wahana Express (Logistik), Pos Indonesia – PosPay (Jasa Pengiriman Uang Nonbank), Germany Brilliant (Kloset), PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia – Allianz Syariah (Asuransi Jiwa Syariah), My Republic (Internet Berlangganan), Brighton (Broker Properti), JNE (Jasa Pengiriman), Depo Air Minum Biru (Depo Air Minum Isi Ulang), Oxone (Pisau Dapur & Panci Presto) dan lain sebagainya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pekerja menggunakan Kopra

Rabu, 03 Juli 2024 - 18:14 WIB

Semakin Inovatif, Kopra by Mandiri Ungguli Kompetitor di Bisnis Solusi Korporasi

Bank Mandiri kembali terus berkomitmen untuk menjadi partner finansial pilihan utama nasabah. Untuk itu, bank bersandi saham BMRI ini telah menyediakan inovasi dan keunggulan Kopra by Mandiri…

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha menjelaskan bagaimana BRI beradaptasi dengan tuntutan generasi masa kini

Rabu, 03 Juli 2024 - 16:56 WIB

BRI Tampilkan Perjalanan Transformasi Digital di Product Development Conference 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menekankan komitmennya terhadap transformasi digital, salah satunya dengan memberikan pendekatan inovatif. Seperti diketahui, terbaru, BRI…

Mentan Amran didampingi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Rabu, 03 Juli 2024 - 16:32 WIB

Gebrakan Mentan Libatkan Para “Jawara” Peternakan Sediakan Daging dan Susu

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengundang langsung para pelaku usaha di bidang peternakan, khususnya peternak sapi, kambing, dan domba, dalam rangka percepatan penyediaan daging…

Ilustrasi Label BPA Free

Rabu, 03 Juli 2024 - 16:26 WIB

Pasca Disahkannya Peraturan Pelabelan BPA, YLKI dan Pakar Dukung Inisiatif BPOM

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyambut pengesahan peraturan pemerintah tentang kewajiban pencantumkan label peringatan bahaya senyawa Bisfenol A (BPA) pada kemasan galon air minum…

YLKI Minta BPOM Segera Sosialisasi Pasca Terbitnya Regulasi Pelabelan Kemasan BPA

Rabu, 03 Juli 2024 - 16:17 WIB

YLKI Minta BPOM Segera Sosialisasi Pasca Terbitnya Regulasi Pelabelan Kemasan BPA

Jakarta – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak agar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secepatnya melakukan sosialisasi pasca terbitnya Peraturan BPOM Nomor 6 Tahun 2024…