Global Chemical Raih Sertifikasi SNI Bergengsi untuk Resin Polietilena InnoPlus

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 27 Juni 2024 - 14:04 WIB

Direksi PTT Global Chemical (GC) berfoto bersama usai menerima sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) yang bergengsi untuk resin InnoPlus Polyethylene-nya. (Foto: Humas GC)
Direksi PTT Global Chemical (GC) berfoto bersama usai menerima sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) yang bergengsi untuk resin InnoPlus Polyethylene-nya. (Foto: Humas GC)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PTT Global Chemical (GC) dengan bangga mengumumkan pencapaian sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) yang bergengsi untuk resin InnoPlus Polyethylene-nya. Tonggak penting ini menegaskan dedikasi GC untuk memberikan produk polimer berkualitas tertinggi dan paling berkelanjutan ke pasar Indonesia.

 

Sertifikasi ini diperoleh melalui PT GCM Marketing Solutions Indonesia (GCMI), anak usaha PTT GC, yang menunjukkan upaya kolaboratif dan komitmen terhadap keunggulan di dalam Grup PTT GC.

 

 

Komitmen terhadap Kualitas dan Inovasi

“Karena bertujuan menjadi perusahaan kimia terkemuka di dunia, maka GC di Indonesia menawarkan solusi total yang inovatif dan berkelanjutan. Pasalnya, pencapaian sertifikasi SNI adalah langkah strategis kami,” ujar Saroj Phuttammawong, Chief Operating Officer – Value Added Products PTT GC.

 

Saroj mengemukakan, sertifikasi ini secara luas diakui sebagai tolok ukur untuk jaminan kualitas produk. PTT GC menjadi perusahaan asing pertama yang menerima sertifikasi SNI untuk resin Polietilena bermerek 'InnoPlus by GC', baik di pasar domestik maupun internasional. Ini adalah bukti komitmen kami yang tak tergoyahkan terhadap kualitas dan keamanan.

 

 

Pentingnya Pasar Indonesia

Pasar Indonesia memiliki arti penting bagi segmen resin plastik GC karena permintaannya yang besar dan terus berkembang, lokasi strategis, dan kebijakan ekonomi yang menguntungkan.

 

“Potensi implementasi sertifikasi SNI yang wajib menawarkan manfaat substansial, termasuk akses pasar yang lebih luas, kepatuhan regulasi, kepercayaan pelanggan, efisiensi operasional, dan peningkatan daya saing merupakan faktor-faktor yang sangat penting untuk keberhasilan GC yang berkelanjutan di Indonesia,” papar Saroj.

 

 

Keberlanjutan Lingkungan

Sertifikasi SNI memastikan bahwa resin Polietilena InnoPlus memenuhi standar tertinggi, termasuk yang terkait dengan keberlanjutan lingkungan. “Sertifikasi kami mendukung penyediaan bahan yang dapat didaur ulang dan ramah lingkungan. Kami optimistis bahwa sertifikasi ini akan membantu pelanggan di Indonesia dan sekitarnya yang mencari solusi inovatif dan berkelanjutan,” ungkap Mr. Art Thitipol, SVP of Marketing and Sales - General Applications.

 

 

Peran Konsumen dan Produsen

Konsumen memainkan peran penting dalam mendukung kepatuhan SNI dengan memilih produk dengan tanda SNI. “InnoPlus by GC adalah merek impor pertama yang menerima tanda ini, yang menunjukkan kepatuhan terhadap standar nasional tertinggi. Permintaan konsumen untuk produk bersertifikat semacam itu mendorong produsen untuk menjaga standar kualitas yang ketat dan memprioritaskan praktik berkelanjutan,” tukas Mr. Thaiyapat Jittiborripat, President Director GCM Indonesia.

 

 

Kepatuhan Produsen terhadap Standar SNI

Produsen dapat memastikan kepatuhan terhadap standar SNI dengan secara teratur menguji produk mereka di laboratorium terakreditasi, mengikuti praktik produksi terbaik, dan menjalani proses sertifikasi oleh badan sertifikasi yang diakui. “Pemantauan berkelanjutan dan pengendalian kualitas sangat penting untuk menjaga kepatuhan,” ujar Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc. sebagai kepala Badan Standardisasi Indonesia.

 

 

Manfaat Mematuhi Standar SNI

Mematuhi standar SNI menawarkan banyak manfaat bagi produsen, termasuk peningkatan kualitas produk, peningkatan kepercayaan konsumen, pengurangan risiko penarikan produk, dan peningkatan daya saing di pasar lokal maupun internasional. “Kepatuhan juga memfasilitasi persetujuan regulasi yang lebih lancar, berkontribusi pada lanskap industri yang lebih kuat,” tambah Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc.

 

 

Masa Depan Sertifikasi SNI

Dengan potensi wajibnya sertifikasi SNI di masa depan, manfaatnya bagi industri Indonesia sangat signifikan. “Meskipun penyesuaian awal dan investasi mungkin diperlukan untuk mematuhi, manfaat jangka panjang dari akses pasar yang lebih luas, kepercayaan konsumen, dan efisiensi operasional sangat berharga,” jelas Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc.

 

 

Bekerja dengan GC

Perjalanan mencapai sertifikasi SNI telah menjadi pengalaman kolaboratif dan memperkaya. “Bekerja dengan GC adalah pengalaman yang berharga, ditandai dengan pertumbuhan profesional, budaya kolaboratif, dan keterlibatan dalam proyek inovatif dan berkelanjutan,” kata Ir. Gatot Dwigustono, anggota tim audit.

 

“Fokus GC pada tata kelola perusahaan yang tinggi, etika, keselamatan, dan tanggung jawab komunitas telah menjadi teladan, dan kami menantikan kemitraan kami untuk audit berikutnya di Thailand,” imbuhnya.

 

                                                                                                   

Tentang PTT Global Chemical (GC)

PTT Global Chemical Public Company Limited, atau GC, berkomitmen untuk menjadi perusahaan kimia global terkemuka yang meningkatkan kualitas hidup manusia melalui plastik dan bahan kimia inovatif sesuai dengan visi "Chemistry for Better Living".

 

Bisnis perusahaan itu dioperasikan dengan mengutamakan keseimbangan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) bersama efisiensi ekonomi, dengan tujuan memaksimalkan penggunaan sumber daya dalam konsep Ekonomi Circular.

 

GC fokus pada inovasi produk dan solusi yang mengatasi megatren sambil memenuhi harapan semua pemangku kepentingan. Menurut S&P Global, GC adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang berada di peringkat pertama di Sektor Kimia oleh Dow Jones Sustainability Indices (DJSI) selama lima tahun berturut-turut (2019-2023). Selain itu, GC dinilai pada tingkat kepemimpinan (A List) dalam manajemen air dan manajemen lingkungan dalam perubahan iklim oleh CDP.

 

GC sedang berproses untuk menjadi organisasi berkarbon rendah sambil memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan menetapkan strategi dan rencana yang jelas, dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 20 persen pada tahun 2030 dan mencapai Net Zero pada tahun 2050. ***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Peduli salurkan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan memberikan dukungan beasiswa pendidikan tinggi di Aceh

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:08 WIB

Salurkan Program TJSL, Hutama Karya Peduli Berikan Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi Putra Putri TNI-POLRI di Aceh

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Pendidikan menyalurkan beasiswa dalam Program Dukungan Pendidikan Perguruan Tinggi…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi saat paparan di Bali

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:01 WIB

BSI Harap Izin Buka Cabang Direstui Pemerintah Arab Saudi

Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) benar-benar menjadi bank syariah secara global. Dubai sudah dicengkram menjadi Cabang pertama BSI di di luar negeri.

Festival Panen Makmur

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:00 WIB

Festival Panen Makmur Kembali Digelar: Langkah Bersama Petani Lokal Menuju Pertanian yang Lebih Optimal

Setelah sukses menggelar Festival Panen Makmur di Takalar, Sulawesi Selatan pada tanggal 23 dan 24 Juli 2024 lalu yang dihadiri oleh ratusan petani, Cap Panah Merah (CPM), Brand dari Perusahaan…

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:30 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Capai Rp1,4 Triliun Sampai Akhir September 2024

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) telah merealisasikan penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,465 triliun hingga September 2024 dengan laju…

Propan Sandimas Experience Center di Indonesia Design District (IDD) PIK 2, lebih dari sekadar showroom biasa.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Propan Sandimas Experience Center Resmi Dibuka di IDD PIK 2, Sajikan Inovasi Mewah untuk Ruang Hunian

Propan Sandimas Experience Center dirancang oleh Domisilium Studio, menggabungkan kekuatan dua merek besar di bidang bahan bangunan: Propan Raya, yang terkenal dengan produk cat ramah lingkungan,…