Indonesia Energy & Engineering Series Kembali Diadakan, Tampilkan Sejarah Panjang Sektor Energi dan Engineering

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 27 Juni 2024 - 20:50 WIB

Indonesia Energy & Engineering Series Kembali Diadakan, Tampilkan Sejarah Panjang Sektor Energi dan Engineering
Indonesia Energy & Engineering Series Kembali Diadakan, Tampilkan Sejarah Panjang Sektor Energi dan Engineering

INDUSTRY.co.id, Jakarta— Rangkaian pameran Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2024 akan segera digelar kembali pada bulan Agustus-September 2024. Kegiatan IEE Series telah menjadi pameran B2B untuk sektor energi dan engineering pertama dan terbesar di Asia Tenggara, yang melibatkan berbagai sektor utama penunjang perekonomian.

Beberapa sektor penting yang didukung melalui IEE Series meliputi energi (kelistrikan, gas alam, manajemen air bersih & limbah, dan energi terbarukan), pertambangan, konstruksi, serta pengecoran dan metalurgi. IEE Series 2024 juga menghadirkan sejumlah pameran co-located antar industri yang membuka peluang baru untuk kerjasama bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan masing-masing sektor industri.

IEE Series 2024 akan berlangsung selama dua minggu pada bulan Agustus dan September di JIExpo Kemayoran. Perpanjangan durasi pameran ini dilakukan untuk mengakomodir permintaan pasar dan perkembangan bidang pameran yang baru, sehingga dapat menjangkau sektor industri utama lain di Indonesia. Pada tanggal 28 - 31 Agustus 2024, IEE Series akan menghadirkan Energy Week dengan fokus utama pada sektor listrik dan ketenagalistrikan melalui Electric & Power Indonesia (EPI) serta sistem pengolahan air dan limbah pada Water Indonesia.

Pada edisinya yang ke-3 ini, Water Indonesia mendapat dukungan penuh dari PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) dan akan mengadakan Indonesia Water Forum 2024 yang bertemakan "Transformasi Air Minum Menuju Indonesia Emas 2045." Sedangkan Electric & Power Indonesia akan menyoroti pertumbuhan sektor energi surya (solar energy/photovoltaic), teknologi baterai untuk industri kendaraan listrik, dan peralatan elektronik industri. Dengan menyoroti perkembangan di sektor energi surya, baterai, dan energi terbarukan, IEE Series pada Energy Week berkomitmen untuk terus mengikuti tren dan kebutuhan terbaru industri di Indonesia, terutama dalam meningkatnya lini bisnis kendaraan listrik dan penyimpanan energi.

Sektor lain di bawah payung IEE Series akan hadir dalam Engineering Week, 11 - 14 September 2024. Pameran tertua di IEE Series, Mining Indonesia ke-22 dan Construction Indonesia ke-24, akan hadir bersama pameran teknologi beton dan bangunan Concrete Show South-east Asia / Indonesia. Sektor minyak-gas alam akan direpresentasikan melalui pameran Oil & Gas Indonesia. Engineering Week juga akan kembali menghadirkan pameran metalurgi dan pengecoran logam, GIFA - METEC Indonesia. Tahun ini, untuk pertama kalinya IEE Series menghadirkan co-located show untuk manajemen bencana serta perlindungan sipil, ADEXCO seri ketiga 2024, bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Lia Indriasari, Direktur Portofolio untuk Energy, Engineering, & Transport Pamerindo Indonesia (bagian dari Informa Markets Asia) menyampaikan visinya terhadap penyelenggaraan IEE Series 2024 ini. "Indonesia Energy & Engineering Series memiliki tujuan jangka panjang untuk membangun ekosistem sektor industri di Indonesia yang lebih maju. Ini sejalan dengan visi Indonesia yang menyambut era keberlanjutan industri. Kami mencoba menggabungkan seluruh pameran ini di bawah payung IEE Series sejak 2022 untuk membangun sinergi dan membuka peluang bisnis baru antar sektor dan industri," ungkap Lia.

Beberapa pameran dan konferensi di bawah payung IEE Series telah dilaksanakan selama lebih dari dua dekade. Electric & Power Indonesia dan Mining Indonesia telah sukses dilaksanakan sebanyak 21 kali, sementara Construction Indonesia tahun ini mencapai pelaksanaan ke-24. IEE Series 2024 siap mencetak sejarah baru dengan membagi rangkaian pameran menjadi Energy Week dan Engineering Week. Energy Week akan berlangsung di area seluas 20,000+ m2, melibatkan 1,000+ peserta pameran dari lebih dari 35 negara, dan menargetkan 15,000+ pengunjung selama 4 hari. Engineering Week akan diselenggarakan di area seluas 80,000+ m2, melibatkan lebih dari 2,000 peserta pameran dari 40+ negara, serta menargetkan lebih dari 40,000 pengunjung selama 4 hari.

Melihat sejarah panjangnya, IEE Series diharapkan dapat menjawab kebutuhan industri yang semakin kompleks, mulai dari energi terbarukan, konservasi air, pembangunan dan pertambangan berkelanjutan, hingga ketahanan pembangunan yang berkelanjutan. "Melalui sinergi antar sektor dan industri, kita dapat mendukung kemajuan berbagai sektor yang menjadi penggerak utama ekonomi Indonesia. Sejarah panjang berbagai pameran di bawah payung IEE Series membuktikan komitmen kami dalam memberikan wadah untuk kemajuan pelaku industri di Indonesia," tambah Lia Indriasari.

Salah satu peserta yang telah berpartisipasi di Mining Indonesia sejak 2007, PT Gaya Makmur Tractors (GMT), pun menyatakan apresiasinya terhadap perkembangan IEE Series. Sebagai pameran B2B terbesar untuk sektor energi dan engineering di Asia Tenggara, IEE Series telah terbukti mampu menghadirkan pengunjung potensial dan kompeten dengan jumlah yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. "Kami merasa langkah kami sangat tepat karena kami dapat meningkatkan brand awareness secara luas dan tepat sasaran. Kami dapat memamerkan produk dan inovasi yang sedang kami kembangkan kepada audiens yang tepat, serta membangun jaringan bisnis yang kuat sejak saat itu," ucap Fahrudin, Marketing Communication Manager dari PT Gaya Makmur Tractors.

Sejak tahun 2013, PT SANY Heavy Industry telah menjadi peserta loyal Mining Indonesia. Tahun ini SANY memberikan optimisme yang sama kepada penyelenggaraan Indonesia Energy & Engineering Series. SANY menyatakan bahwa mereka mendapatkan dampak langsung dari pertemuan dengan para profesional, pelaku industri pertambangan, dan pelaku dari sektor-sektor lain.

Hal ini senada dengan pendapat Xiaolin Chen selaku Managing Director dari PT SANY Heavy Industries bahwa penyelenggaraan pameran ini memberikan dampak positif bagi perusahaan, “Pameran Mining Indonesia mampu menjangkau target pasar kami secara luas, dan angkanya pun terus meningkat tiap tahunnya. Keputusan kami untuk berpartisipasi sampai sekarang dirasa sangat tepat, karena kami bisa menyajikan berbagai produk dan inovasi secara langsung, serta meningkatkan brand awareness masyarakat Indonesia atas produk-produk kami. Pencapaian terbesar kami adalah kesuksesan dalam mengenalkan dan menjual produk Truk Listrik kami.” tandasnya.

Bagi peserta yang telah berpartisipasi selama ini, IEE Series dan berbagai pameran di bawah naungannya telah menjadi sumber informasi utama bagi perkembangan industri pertambangan, energi, konstruksi, dan berbagai sektor terkait lainnya. Sesama peserta menjadikan pameran ini sebagai wadah untuk bertukar ilmu dan pengalaman, serta kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pengguna produk mereka di lapangan guna mendengar dan mendapatkan umpan balik mengenai berbagai kebutuhan mereka.

Pada perhelatan IEE Series 2024, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai teknologi canggih dan presentasi berwawasan yang mendorong kolaborasi dan transisi sektor industri Indonesia menuju masa depan yang lebih maju dan berkelanjutan. Diselenggarakan pada bulan Agustus dan September 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, jangan lewatkan IEE Series 2024 untuk menemukan solusi terbaik bagi perusahaan dan industri di Indonesia. Saat ini pre-registrasi untuk pengunjung pameran telah dibuka, kunjungi bit.ly/PR_IEE24 untuk mendapatkan akses lebih awal dan informasi terkini tentang seminar, pameran, dan acara pendukung lainnya.

Berikut daftar pameran pada perhelatan Indonesia Energy & Engineering Series 2024:

Energy Week

28-31 Agustus 2024

Electric & Power Indonesia

The 22nd Series of Power Generation Renewable Energy & Electrical Equipment Exhibition

Menampilkan berbagai solusi ketenagalistrikan, salah satunya energi terbarukan melalui energi surya dan komponen instalasinya seperti sel surya, material, baterai, dan lain-lain.   Water Indonesia

The 3rd International Industrial Water & Waste Treatment Exhibition

Pameran khusus yang menyediakan berbagai solusi konservasi dan manajemen air di sektor industri seperti sistem perairan pabrik serta waste water treatment.

Engineering Week

11-14 September 2024

Mining Indonesia

The 22nd International Mining & Mineral Recovery Exhibition

Pameran di tahun ke-22 yang fokus pada penyediaan berbagai kebutuhan pertambangan dan sektor industrial seperti alat berat, kendaraan niaga tambang, teknologi pengangkutan material, dan lainnya.   Construction Indonesia

The 24th  International Construction Structure, Building Technology, Engineering Procurement and Equipment Exhibition

Berkolaborasi dengan Concrete Show Southeast Asia, pameran ini menghadirkan beragam teknologi terbaru di bidang konstruksi seperti arsitektur & desain interior, supplier material bangunan, dan kontraktor struktural.

Oil & Gas Indonesia

The 15th International Oil & Gas Exploration, Production and Refining Exhibition

Wadah bagi pelaku industri di bidang minyak dan gas, pameran oil & gas ini akan menampilkan penyedia layanan seperti petrokimia, pengeboran minyak, serta penyulingan.     GIFA METEC Indonesia

The 2nd International Foundry Trade Fair and Forum for Indonesia & The 2nd International Metallurgical Trade Fair and Forum for Indonesia

Menjadi tahun keduanya bergabung di IEE Series, GIFA METEC Indonesia menghadirkan solusi industri pada bidang metalurgi dan pengecoran logam.

ADEXCO 2024

Pertama kalinya akan bergabung di IEE Series 2024, pameran dan konferensi yang berkolaborasi dengan BNPB RI ini berfokus pada manajemen bencana dan perlindungan sipil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf, Sandiaga Uno

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:20 WIB

Menteri Sandiaga Uno Rayu Travel Agent Tiongkok Perbanyak Paket Pariwisata ke Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para penyedia perjalanan di Tiongkok untuk memperbanyak paket wisata ke Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Juneyao Airlines

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:15 WIB

Kunjungi Trip.com & Juneyao Airlines, Menparekraf Jejaki Kerja Sama Bidang Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Trip.com dan Juneyao Airlines di Shanghai untuk menjajaki kerja sama dan menyampaikan…

Pembeli membayar belanjaan menggunakan Brimo saat transaksi QRIS

Minggu, 30 Juni 2024 - 10:18 WIB

Waspada Penipuan Berkedok QRIS Palsu, BRI Himbau Masyarakat Jaga Keamanan Transaksi Lewat BRIMerchant

Berbagai modus penipuan baru di industri keuangan terus muncul mengelabui para korban. Terbaru marak penipuan QRIS palsu dalam metode pembayaran.

Masyarakat antusias menukarkan botol plastik dengan saldo senilai Rp500/botol ke Reverse Vending Machine (RVM) yang terpasang di Area Mall/Hotel Ambarukmo pada gelaran Mandiri Jogja Marathon

Minggu, 30 Juni 2024 - 09:54 WIB

BSI Dukung Sustainable Movement Pada Gelaran Mandiri Jogja Marathon 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengajak peserta Mandiri Jogja Marathon dan masyarakat Yogyakarta untuk sadar pada kebersihan lingkungan, khususnya sampah botol plastik.

Penerima manfaat daging kurban dari ybm pln

Minggu, 30 Juni 2024 - 09:41 WIB

Tebar Berkah Idul Adha, YBM PLN Bagikan 1.982 Kilogram Daging di Jakarta, Banten dan Jawa Barat

Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN menebar manfaat bagi yang membutuhkan. Dalam rangka meningkatkan semangat berbagi kebahagiaan di hari raya Idul Adha 1445 H, YBM PLN Unit Induk Pembangunan Jawa…