Kemenperin Beri Fasilitas Sertifikasi TKDN-IK Gratis ke IKM

Oleh : Hariyanto | Kamis, 27 Juni 2024 - 11:26 WIB

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendaftaran Sertifikasi TKDN-IK
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendaftaran Sertifikasi TKDN-IK

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong para pelaku industri dalam negeri khususnya yang berskala industri kecil, untuk turut berpartisipasi pada pengadaan barang dan jasa pemerintah. 

Salah satu langkah yang dilakukan Kemenperin adalah memberikan fasilitas kepada industri kecil berupa Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri bagi Industri Kecil (TKDN-IK) secara gratis dan mudah melalui portal Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas).

Untuk mendorong para pelaku industri kecil memanfaatkan fasilitas tersebut, Kemenperin melakukan berbagai upaya terkait diseminasi dan konsultasi terkait pengajuan Sertifikasi TKDN-IK melalui pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendaftaran Sertifikasi TKDN-IK di berbagai daerah di Indonesia, yang salah satunya diselenggarakan pada tanggal 21 Juni 2024 di Tangerang untuk wilayah Provinsi Banten.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita, menyampaikan bahwa salah satu upaya pemerintah untuk semakin memperkuat penguasaan pasar domestik oleh para produsen dalam negeri adalah melalui kebijakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) terutama dalam pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah. 

Kebijakan P3DN ini diharapkan dapat memperluas pangsa pasar produk dalam negeri, sekaligus memberikan dampak berlipat (multiplier effect) yang signifikan untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional.

“Sehingga pada akhirnya kebijakan P3DN dapat menekan ketergantungan pada produk impor, dan selanjutnya juga akan merangsang semangat nasionalisme di kalangan seluruh masyarakat, mendorong mereka untuk lebih mencintai dan bangga menggunakan produk buatan dalam negeri,” ungkap Reni di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Adapun keberpihakan pemerintah pada produk dalam negeri, utamanya yang dihasilkan oleh IKM dan UMKM terlihat pada beberapa kebijakan yang dikeluarkan, antara lain dengan terbitnya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022, yakni untuk merencanakan, mengalokasikan, dan merealisasikan 40 persen nilai anggaran belanja barang/jasa untuk menggunakan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dari hasil produksi dalam negeri.

“Dalam Inpres tersebut juga mengamanatkan untuk mendorong percepatan penayangan produk dalam negeri dan produk UMKM (termasuk IKM) dan koperasi pada e-katalog nasional, sektoral dan lokal,” ujar Reni.

Menurutnya, Kemenperin sebagai entitas yang diberikan mandat oleh Undang-undang sebagai pelaksana program P3DN, memperoleh tugas untuk menerbitkan sertifikat TKDN sebagai jaminan bahwa produk yang dibeli adalah produksi dalam negeri. 

“Sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada industri kecil, pemerintah memberikan kemudahan untuk mendapatkan sertifikat TKDN melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 46 Tahun 2022 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai TKDN untuk Industri Kecil,” imbuhnya. 

Sertifikat TKDN IK didapatkan secara gratis, sederhana dan cepat. Hanya membutuhkan waktu lima hari kerja dalam prosesnya.

“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Provinsi Banten yang telah aktif dalam sosialisasi dan implementasi Program P3DN dan TKDN IK, serta berharap semakin banyak produk IKM di Indonesia dan khususnya Provinsi Banten yang memiliki sertifikat TKDN IK sehingga semakin banyak produk Industri Kecil yang dapat masuk dalam pengadaan pemerintah,” papar Reni.

Sekretaris Ditjen IKMA Kemenperin, Riefky Yuswandi turut menyampaikan bahwa berdasarkan data pada dashboard monitoring TKDN-IK per tanggal 19 Juni 2024, dari sebanyak 34.113 permohonan sertifikasi TKDN-IK yang masuk, telah terbit 13.489 sertifikat dengan jumlah sebanyak 16.496 produk. 

“Sementara itu, di Provinsi Banten telah terdapat 1.973 sertifikat dengan 2.296 produk, yang merupakan provinsi dengan perolehan jumlah sertifikat tertinggi ketiga setelah Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta, dan jumlah produk TKDN IK tertinggi keempat setelah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Tengah,” sebutnya.

Kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis Pendaftaran Sertifikasi TKDN-IK dilaksanakan dalam dua sesi, yakni pemaparan materi Tata Cara Pendaftaran SIINas, serta materi Tata Cara dan Simulasi Pendaftaran Sertifikasi TKDN IK, yang dilanjutkan dengan sesi desk asistensi pendaftaran sertifikasi TKDN-IK. 

“Diharapkan seluruh para peserta pelaku industri yang hadir mendapatkan wawasan dan informasi sehingga dapat melakukan sertifikasi TKDN-IK secara mandiri di masa mendatang,” tandas Sesditjen IKMA.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST Jababeka (KIJA)

Sabtu, 29 Juni 2024 - 18:31 WIB

KIJA Gelar RUPST, SD Darmono 'Turun Gunung' Kembali Nahkodai Jababeka

PT Jababeka Tbk (KIJA) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS/Rapat) Tahunan Tahun Buku 2023 pada hari Jumat, 28 Juni 2024 bertempat di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta.…

Orang-orang meminum susu

Sabtu, 29 Juni 2024 - 14:13 WIB

UGM dan Kementan Pecahkan Rekor MURI Minum Susu dengan Peserta Terbanyak

Masih dalam rangkaian memperingati Hari Susu Nusantara 1 Juni 2024 dan Lustrum XI Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan…

Talkshow disampaikan oleh Direktur Compliance & Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (tengah); Komisaris PT Bank Jago Tbk Anika Faisal (paling kiri); Direktur Keuangan SDM, dan Umum PT Bursa Efek Indonesia Risa E. Rustam (dua dari kiri); Komisaris PT Permodalan Nasional Madani Nurhaida (empat dari kiri); dan Pengamat Ekonomi Aviliani (paling kanan).

Sabtu, 29 Juni 2024 - 14:01 WIB

BSI Siap Jadi Partner Para Ibu Lewat Produk-Produk Syariah yang Cocok untuk Keluarga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong literasi dan inklusi keuangan syariah khususnya pada perempuan dan para ibu. Hal ini dilakukan agar mereka tidak masuk dalam risiko kejahatan…

Vasaka Hotel Jakarta

Sabtu, 29 Juni 2024 - 12:17 WIB

Rayakan Summer Long Weekend Bersama Vasaka Hotel Jakarta

Vasaka Hotel Jakarta baru saja merilis promo kamar yang sangat menarik dengan menargetkan segmentasi keluarga yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga terkasih…

Program ‘CSR Maritim’ Nippon Paint

Sabtu, 29 Juni 2024 - 11:40 WIB

Ratusan Kapal Nelayan Ramaikan Pantai Boom Tuban, Ikuti Kompetisi Menghias Kapal Pada Program ‘CSR Maritim’

Sebagai negara yang sangat besar dan luas, wilayah geografis Indonesia didominasi dengan perairan dan gugusan pulau sehingga tak ayal negara ini dikenal sebagai negara Maritim dan juga bangsa…