BSI International Expo 2024 Ajang Intensifkan Literasi Perbankan Syariah

Oleh : Wiyanto | Rabu, 26 Juni 2024 - 14:12 WIB

Dari ki- ka: Moderator Alya Rohali, Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta Kepala Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halal BPJPH Abd Syakur, dan CEO of Diar Almanasik International Ahmed Saber pada Seminar Halal Industry Potential: “Building Halal Industry to Raise Global Economic Sustainability”.
Dari ki- ka: Moderator Alya Rohali, Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta Kepala Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halal BPJPH Abd Syakur, dan CEO of Diar Almanasik International Ahmed Saber pada Seminar Halal Industry Potential: “Building Halal Industry to Raise Global Economic Sustainability”.

INDUSTRY.co.id-Jakarta — BSI International Expo 2024 yang digelar PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadi salah satu target untuk mengintensifkan literasi dan meningkatkan inklusi perbankan dan keuangan syariah.

Dari seminar-seminar dan talkshow yang dilakukan sejak 20-23 Juni 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), diharapkan dapat membantu masyarakat meningkat pengetahuan tentang ekosistem syariah, dari mulai perbankan syariah, pendidikan dan produk-produl halal.

Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta mengatakan literasi dan inklusi perbankan syariah masih menjadi tantangan untuk BSI dalam mengembangkan ekosistem halal di Indonesia. Mengutip survei OJK di tahun 2022, Bob menyebut inklusi perbankan syariah masih di angka 12,12% dan literasi perbankan syariah di angka 9,14%. Angka ini jauh tertinggal dibandingkan inklusi dan literasi perbankan secara umum yang berada di angka 85,1% dan 49,68%.

“Selain itu, ada ketidakcocokan antara supply and demand dalam Islamic financial. Di sisi supply, belum banyak layanan perbankan syariah yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku industri halal.Di sisi permintaan, masih banyak pelaku industri halal yang belum mengetahui produk dan layanan perbankan syariah,” kata Bob.

Sementara Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia Rifki Ismal menyambut baik acara BSI International Expo, yang disebutnya sebagai saudara kembar dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang rutin diselenggarakan oleh BI. Menurut Rifki, BI tidak bisa sendirian dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia dan membutuhkan kolaborasi dengan semua pihak yang terlibat pada industri perbankan syariah.

“Setidaknya ada 3 produk halal yang menjadi perhatian BI dalam mengembangkan ekosistem halal di Indonesia, yaitu halal food, pariwisata ramah muslim, dan fesyen halal. BI juga memberi banyak insentif kepada pembiayaan-pembiayaan yang pro syariah, padat karya, dan ramah lingkungan,” ucapnya.

Investasi untuk Anak Muda

Direktur Keuangan & Strategi BSI Ade Cahyo Nugroho yang juga mengisi seminar di BSI International Expo mengatakan investasi di BSI sangat mudah dan murah. Menurutnya investasi bisa mencegah anak muda dari jeratan pinjaman online (pinjol) illegal.

Cahyo mengatakan dengan investasi, anak muda bisa menjaga harta mereka dari inflasi. Cicil Emas BSI, lanjut Cahyo, dapat menjadi pilihan investasi yang mudah dan murah bagi anak muda. Dirinya menyebut BSI ingin mengajak anak muda untuk tidak hanya mengeluarkan uang untuk sesuatu yang konsumtif, tapi juga hal-hal yang bersifat jangka panjang dan bermanfaat.

“BSI menyediakan investasi sederhana, ada yang namanya Cicil Emas itu mulai dari Rp100 ribu per bulan,” ucapnya.

Peran Ziswaf untuk Ummat

Deputi 2 bidang Pendistribusian dan Pandayagunaan BAZNAS, Imdadun Rahmat menyebut BSI memiliki kontribusi besar dalam peningkatan perekonomian umat juga kesejahteraan Masyarakat, salah satunya lewat Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (Ziswaf). Di tahun 2023, BSI menyerahkan zakat Perusahaan dan zakat karyawan sebesar Rp222.770.769.087. Pada 2021, zakat perusahaan yang disalurkan oleh BSI mencapai Rp123,2 miliar. Kemudian meningkat menjadi Rp173,1 miliar pada 2022.

Menurut Imdadun, Ziswaf yang terkumpul sepenuhnya digunakan oleh Baznas untuk 2 hal penting, pertama adalah menaikkan kesejahteraan ummat dan kedua untuk pengembangan ekonomi ummat. Melalui Ziswaf, masyarakat yang belum sejahtera dapat tertolong dalam memenuhi keburuhan primer, kesehatan dan pendidikan dasar.

“Kedua bagaimana zakat bisa berkontribusi pada pengembanfan ekonomi umat, baik akses modal, produksi dan pemasaran. Zakat juga bisa menolong para pengusaha UMKM, khususnya mikro, pada 3 aspek tersebut. Ketika pengusaha kecil ini mulai tumbuh dan tidak mungkin mereka diberi zakat lagi tapi harus masuk ke perbankan syariah,” ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf, Sandiaga Uno saat menghadiri UN CAP-CSA di Filipina

Minggu, 30 Juni 2024 - 13:20 WIB

Hadiri UN CAP-CSA di Filipina, Menparekraf Sepakati Pendidikan & Investasi Dorong Pariwisata Berkelanjutan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri “The 36th Joint Meeting of the UN Tourism Commission for East Asia and the Pacific & the UN Tourism…

Prambanan Jazz Festival 2024

Minggu, 30 Juni 2024 - 13:00 WIB

Digelar Sebentar Lagi, Festival Prambanan Jazz 2024 Bakal Dipenuhi Musisi Lokal Hingga Internasional

Festival musik Prambanan Jazz 2024 akan segera digelar selama tiga hari berturut-turut pada awal bulan Juli 2024. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, musisi-musisi nasional hingga internasional…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat menemani sang istri, Loemongga Haoemasan menerima penghargaan di ajang Kartini Award 2024

Minggu, 30 Juni 2024 - 12:05 WIB

Keren! Loemongga Haoemasan Raih Penghargaan Bergengsi di Ajang Kartini Award 2024

CEO Asiana Group, Loemongga Haoemasan berhasil membawa pulang piala penghargaan Kartini Award 2024. Istri dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita tersebut meraih penghargaan…

Menparekraf, Sandiaga Uno

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:20 WIB

Menteri Sandiaga Uno Rayu Travel Agent Tiongkok Perbanyak Paket Pariwisata ke Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para penyedia perjalanan di Tiongkok untuk memperbanyak paket wisata ke Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Juneyao Airlines

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:15 WIB

Kunjungi Trip.com & Juneyao Airlines, Menparekraf Jejaki Kerja Sama Bidang Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Trip.com dan Juneyao Airlines di Shanghai untuk menjajaki kerja sama dan menyampaikan…