Badan Bank Tanah Menandatangani Nota Kesepahaman dengan J Trust Bank dan J Trust Consulting Indonesia

Oleh : Wiyanto | Rabu, 26 Juni 2024 - 13:05 WIB

Press Conference J Trust
Press Conference J Trust

INDUSTRY.co.id-Jakarta Badan Bank Tanah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) dan PT J Trust Consulting Indonesia untuk pemanfaatan salah satu lahan Badan Bank Tanah yang berlokasi di Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur.

Melalui nota kesepahaman ini, J Trust Consulting Indonesia ditunjuk sebagai mitra Badan Bank Tanah, dengan mandat eksklusif untuk memperkenalkan dan menangani investor-investor asal Jepang yang akan berinvestasi di kawasan hak pengelolaan lahan (HPL) Badan Bank Tanah tersebut. Sementara itu J Trust Bank akan mendukung para investor asal Jepang dalam aspek finansial.

Kepala Badan Pelaksana Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja menyambut baik penandatanganan MoU pihaknya dengan J Trust Consulting Indonesia dan J Trust Bank. Kolaborasi ini akan semakin memperkuat hubungan ekonomi dari Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin dengan baik.

Besar harapan kami Jepang menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia, khususnya pada HPL Badan Bank Tanah. Hal ini sejalan dengan upaya kami dalam menciptakan kerja sama yang inklusif dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di area HPL kami dan sekitarnya, kata Parman.

HPL Badan Bank Tanah yang saat ini tengah dikembangkan yakni proyek Penajam Eco City berada di Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur. Kawasan ini merupakan salah satu aset persediaan lahan Badan Bank Tanah dari total keseluruhan seluas 18.758 Ha di seluruh Indonesia.

Konsep eco city ini menawarkan kota yang sehat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Konsep ini mengajarkan untuk kembali ke alam dan menghemat energi, mendorong kota menghadirkan ruang terbuka hijau sebanyak mungkin, dan manajemen kota yang seimbang pada aspek lingkungan, ekonomi, sumber daya alam, dan manusianya sendiri. Eco city tak sekadar memperluas ruang hijau, efisien akan energi, tetapi perilaku manusia di dalamnya juga menjadi perhatian.

Kami ingin turut serta menciptakan keadilan di bidang pertanahan serta terciptanya ekonomi berkeadilan di PPU, tapi kami tidak bisa sendirian. Oleh karena itu kami menggandeng J Trust Consulting Indonesia dan J Trust Bank untuk mengajak investor Jepang berinvestasi di sana dan di HPL kami lainnya di kemudian hari. Menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi mercusuar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sehingga kedua negara bisa menjadi motor penggerak kemajuan ekonomi Asia, ujarnya.

Badan Bank Tanah merupakan badan khusus yang dibentuk oleh pemerintah pusat dan diberi kewenangan untuk menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadilan untuk kepentingan umum, kepentingan sosial, kepentingan pembangunan nasional, pemerataan ekonomi, konsolidasi lahan, dan reforma agraria.

Direktur Utama J Trust Consulting Indonesia, Takeshi Ikeda menjelaskan J Trust Consulting Indonesia hadir di Indonesia untuk menyediakan layanan konsultasi seperti business matching dan pemasaran dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman J Trust Group global.

Melalui MoU dengan Badan Bank Tanah ini kami dapat berkontribusi pada ekonomi Indonesia serta mendukung pembangunan Ibu Kota Negara baru dan juga tentunya pada pengembangan program dan kegiatan ekonomi dari para investor asal Jepang.

J Trust Bank selaku institusi keuangan yang menjadi bagian dari MoU ini siap memberikan dukungan berupa layanan perbankan berstandar Jepang seperti pembiayaan kepada para investor melalui 46 kantor cabangnya yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Direktur Bisnis J Trust Bank, Widjaja Hendra menyampaikan Kami berterima kasih kepada Badan Bank Tanah atas kesempatan yang diberikan kepada J Trust Bank untuk dapat berkontribusi pada proyek Penajam Eco City di Penajam Paser Utara, yang keberadaannya akan mendukung pengembangan Ibu Kota Negara baru kita yaitu Nusantara

J Trust Bank berkomitmen berperan aktif pada kegiatan bisnis di tanah air dimana pelaku usaha asal Jepang dapat memanfaatkan peluang bisnis yang ada di Indonesia. Kami percaya mengelola sumber daya secara bijak bersama-sama ini akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Jepang secara berkelanjutan. sambung Widjaja Hendra

J Trust Bank dan J Trust Consulting Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang makmur dan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia melalui kegiatan bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf, Sandiaga Uno saat menghadiri UN CAP-CSA di Filipina

Minggu, 30 Juni 2024 - 13:20 WIB

Hadiri UN CAP-CSA di Filipina, Menparekraf Sepakati Pendidikan & Investasi Dorong Pariwisata Berkelanjutan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri “The 36th Joint Meeting of the UN Tourism Commission for East Asia and the Pacific & the UN Tourism…

Prambanan Jazz Festival 2024

Minggu, 30 Juni 2024 - 13:00 WIB

Digelar Sebentar Lagi, Festival Prambanan Jazz 2024 Bakal Dipenuhi Musisi Lokal Hingga Internasional

Festival musik Prambanan Jazz 2024 akan segera digelar selama tiga hari berturut-turut pada awal bulan Juli 2024. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, musisi-musisi nasional hingga internasional…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat menemani sang istri, Loemongga Haoemasan menerima penghargaan di ajang Kartini Award 2024

Minggu, 30 Juni 2024 - 12:05 WIB

Keren! Loemongga Haoemasan Raih Penghargaan Bergengsi di Ajang Kartini Award 2024

CEO Asiana Group, Loemongga Haoemasan berhasil membawa pulang piala penghargaan Kartini Award 2024. Istri dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita tersebut meraih penghargaan…

Menparekraf, Sandiaga Uno

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:20 WIB

Menteri Sandiaga Uno Rayu Travel Agent Tiongkok Perbanyak Paket Pariwisata ke Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para penyedia perjalanan di Tiongkok untuk memperbanyak paket wisata ke Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Juneyao Airlines

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:15 WIB

Kunjungi Trip.com & Juneyao Airlines, Menparekraf Jejaki Kerja Sama Bidang Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Trip.com dan Juneyao Airlines di Shanghai untuk menjajaki kerja sama dan menyampaikan…