Safari Literasi Duta Baca Indonesia di Tarakan, Gol A Gong Beri Pelatihan Menulis

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 25 Juni 2024 - 23:27 WIB

Duta Baca Indonesia, Gol A Gong di acara Safari literasi Duta Baca Indonesia Berdaya Dengan Buku di Tarakan, Kalimantan Utara.
Duta Baca Indonesia, Gol A Gong di acara Safari literasi Duta Baca Indonesia Berdaya Dengan Buku di Tarakan, Kalimantan Utara.

INDUSTRY.co.id - Tarakan, Kalimantan Utara - Pj Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), Bustan, menekankan bahwa penguasan Iptek, kecakapan inovasi dan membaca sebagai modal dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Membaca membuka kesempatan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan serta pintu menuju berbagai kesempatan. Maka, jadikan membaca sebagai gaya hidup dan identitas masyarakat yang cerdas dan berdaya saing,” ujar Bustan.

Bustan menyampaikan hal itu saat memberi sambutan kegiatan dalam kegiatan Safari literasi Duta Baca Indonesia Berdaya Dengan Buku, yang digelar Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Kota Tarakan (25/6/2024).

Bustan menyadari bahwa cita-cita menjadikan aktivitas menjadi gaya hidup merupakan jalan panjang yang mesti ditempuh. 

Maka, pihaknya hingga kini terus berupaya menghadirkan aktivitas keliterasian menarik, mulai dari membacakan buku, mendongeng, lomba resensi buku, bedah buku, majalah dinding (mading) tiga dimensi, pameran buku, lomba teater, festival literasi, kemah literasi, dan lain sebagainya.

Saat ini di provinsi Kaltara tidak kurang telah berdiri 82 Taman Baca Masyarakat (TBM), 72 pegiat literasi, dan penulis-penulis yang concern dengan dunia keliterasian.

Sementara itu, Duta Baca Kaltara periode 2020-2024, Dharmawati, mengakui bahwa cita-cita melabelkan identitas masyarakat cerdas dan berdaya saing melalui kebiasaan membaca tidak ringan. 

"Ini wajib dilakukan sejak dini. Ia meyakini kalau tidak ada anak yang tidak suka membaca. Fakta yang terjadi adalah akses buku yang sesuai kebutuhan usia anak yang masih kurang,” jelasnya. 

Senada dengan Dharmawati, Bunda Literasi Kota Tarakan, Melisa Ruslina, mengatakan bahwa usia dini adalah masa emas. Keingintahuan yang sangat besar menjadi jembatan untuk mendapatkan pengetahuan yang banyak di usia mereka. 

“Kita harus bisa menjadi role model bagi mereka karena anak merupakan peniru ulung, imbuh Melisa.

Kegiatan Duta Baca Berdaya Dengan Buku merupakan bagian dari program besar Gerakan Indonesia Membaca yang diinisiasi oleh Perpusnas. Program tersebut memuat juga agenda Sepekan1Buku, kepenulisan berbasis konten lokal, dan membacakan nyaring (read aloud).

Di samping gelar wicara  dihadiri oleh para pegiat literasi, guru, mahasiswa, duta baca pelajar dan daerah, Duta Baca Indonesia Gol A Gong ikut serta aktif memberikan pelatihan kepenulisan kepada 20 peserta yang diharapkan akan muncul penulis-penulis baru yang mengangkat tema potensi dan kearifan lokal masyarakat Tarakan atau pun Kaltara.

Di sela-sela kegiatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara juga  mengukuhkan Duta Baca Provinsi Kalimantan Utara 2024-2028, Vikyco Romana Putra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:30 WIB

Bank Mandiri menjadi Bank Nasional dengan penghargaan terbanyak pada FinanceAsia Award 2024, Bukti Keunggulan, Inovasi, dan Komitmen Keberlanjutan

Bank Mandiri menjadi bank nasional yang meraih penghargaan terbanyak pada ajang FinanceAsia tanggal 27 Juni 2024 di Hong Kong. FinanceAsia merupakan media publikasi berbasis di Hong Kong dan…

Ilustrasi Boikot

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:13 WIB

Dua Survei Ungkap Aksi Boikot Berhasil Gerus Produk Terafiliasi Israel di Indonesia

Dua survei terbaru membuktikan, boikot konsumen Indonesia memang punya daya gedor dahsyat, karena mampu menggerus penjualan produk-produk perusahaan multinasional terafiliasi Israel.

Media Briefing ICDX

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:01 WIB

Tepat 15 Tahun Beroperasi, Begini Strategi ICDX Group untuk Keberlanjutan

Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), pada tahun 2024 ini tepat 15 tahun beroperasi. Dalam ulang tahun ini, ICDX Group mengambil…

PT PP

Selasa, 02 Juli 2024 - 15:44 WIB

PTPP Penuhi Kewajiban Obligasi dan Sukuk Mudharabah Tepat Waktu

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu perusahaan BUMN konstruksi dan investasi di Indonesia (“PTPP”) telah melakukan pembayaran atas Obligasi Berkelanjutan III Tahap I tahun 2021 Seri A…

Program Women in Sales

Selasa, 02 Juli 2024 - 15:17 WIB

Lewat Program Women in Sales, Multi Bintang Indonesia Ciptakan Lingkungan Kerja Inklusif

Multi Bintang Indonesia, bagian dari The HEINEKEN Company, produsen merek bir premium internasional Heineken® dan BINTANG, terus menciptakan lingkungan kerja yang inklusif melalui program Women…