Gelar Tech Link Summit, Kemenperin Dorong Kolaborasi Industri dengan Startup Teknologi

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 Juni 2024 - 17:00 WIB

Dirjen IKMA Kemenperin, Reni Yanita
Dirjen IKMA Kemenperin, Reni Yanita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) meluncurkan program Tech Link Summit 2024. 

Langkah tersebut sebagai upaya mengakselerasi transformasi teknologi dan menjembatani peluang kolaborasi antara pelaku industri dengan penyedia dan startup teknologi.

"Dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang semakin pesat, kolaborasi antara tech startup dengan dunia industri menjadi semakin penting," jelas Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita di Jakarta (21/6).

Oleh karena itu, Reni mengajak pimpinan perusahaan atau asosiasi industri menggali potensi solusi yang bisa diciptakan oleh startup Indonesia untuk menciptakan nilai baru dalam berbagai rangkaian proses bisnis perusahaan. 

"Bekerja sama dengan tech startup bisa menjadi strategi quick wins bagi industri untuk melakukan transformasi teknologi sesuai tuntutan pasar," terangnya.

Kemenperin menyelenggarakan Tech Link Summit 2024 sebagai forum pertemuan bagi industri, teknologi startup,dan pemangku kepentingan lainnya untuk bertukar gagasan, berbagi wawasan, hingga menjalin kemitraan yang menghasilkan nilai tambah (added value) bagi keberlangsungan industri dalam negeri. Tech Link Summit 2024 akan diadakan pada 18-20 Juli 2024 di Gedung PIDI 4.0, Jakarta Selatan.

Kemenperin juga menggandeng Asosiasi Startup for Industry Indonesia (Starfindo) dalam menggelar Tech Link Summit.

Tech Link Summit merupakan salah satu rangkaian kegiatan Startup4industry yang sudah dilaksanakan oleh Kemenperin sejak tahun 2018, meliputi program pembinaan standar dan kebutuhan dunia industri yang melibatkan 1.115 startup dan menghasilkan 120 finalis yang sudah mendapatkan pembinaan agar dapat memenuhi standar dan kebutuhan dunia usaha dunia industri.

Melalui Tech Link Summit 2024, para startup dengan potensi yang dimilikinya akan bertemu dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, berdasarkan kemampuan teknologi serta proses bisnis industri yang akan didorong untuk melakukan transformasi teknologi.

“Tech Link Summit akan menjadi forum tahunan tempat para pelaku industri dapat mengeksplorasi dan mencari inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhannya,” ungkap Reni.

Reni berharap, pada seminar dan diskusi yang dilakukan, startup yang hadir atau melalui Starfindo dapat menyampaikan dengan baik value yang didapat pelaku industri jika mengimplementasikan solusi atau inovasi tech startup.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RTP Gatotkaca

Selasa, 02 Juli 2024 - 11:44 WIB

Kementerian PUPR Ubah Kawasan Kumuh Mrican di Sleman Menjadi Permukiman Layak Huni

Penanganan permukiman kumuh di Indonesia merupakan mandat dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 serta Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2020 mengenai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN)…

JBA

Selasa, 02 Juli 2024 - 10:26 WIB

Lengkapi Ekosistem Bisnis Perseroan, ASLC Mulai Merambah ke Bisnis Motor Bekas

Emiten perdagangan otomotif omnichannel bisnis penjualan retail mobil bekas (Caroline.id), bisnis lelang (JBA) dan bisnis gadai mobil (MotoGadai), PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) melebarkan…

Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco Arif Kayanto (kanan) sedang meninjau kesiapan booth pameran UMKM binaan Kideco dalam rangkaian acara Bina Mitra UMKM Award 2024

Selasa, 02 Juli 2024 - 07:40 WIB

Kideco Jaya Agung Raih Penghargaan di Ajang Bina Mitra UMKM Award 2024

PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, berhasil meraih penghargaan Gold sebagai Pembina UMKM dan Pendamping UMKM Terbaik 2 yang diberikan kepada…

Demo tolak PPDB DKI Jakarta (Foto: Tribunews)

Selasa, 02 Juli 2024 - 05:55 WIB

DKI Jakarta Sempurnakan PPDB dengan Zonasi Prioritas

Jakarta, FMB9 - Dinas Pendidikan DKI Jakarta (Disdik DKI) terus berkomitmen meningkatkan akses pendidikan melalui penyempurnaan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jakarta.…

Ilustrasi Gedung KPK

Selasa, 02 Juli 2024 - 05:52 WIB

KPK Dorong Penegakan Antikorupsi dalam PPDB

Jakarta, FMB9 - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berupaya mendorong penanaman dan penegakan nilai-nilai antikorupsi dalam semua lingkungan pendidikan, termasuk dalam proses Penerimaan…