OttoDigital Edukasi Karyawan Cerdik Finansial

Oleh : Wiyanto | Jumat, 21 Juni 2024 - 12:45 WIB

Aplikasi Otto
Aplikasi Otto

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Kemajuan teknologi digital memicu lebih banyak orang bisa mengakses layanan jasa keuangan dan meningkatnya inklusi. Di sisi lain, kecepatan inovasi dan inklusi keuangan belum diimbangin dengan pemahaman yang matang terhadap pengelolaan keuangan yang baik.

Faktanya, berdasarkan data OJK, indeks inklusi keuangan tercatat meningkat 85,1 persen sedangkan indeks literasi keuangan masih cukup rendah di angka 49,68 persen, bahkan hanya 30% karyawan di Indonesia yang paham mengelola finansial mereka. Atas kondisi tersebut, OttoDigital, sebagai grup usaha digital ekosistem yang menyediakan solusi holistik, memperkuat komitmennya dengan mengusung kampanye #UsahaLebihBijakFinansial melalui platform digital yang bertujuan untuk bantu mengatur dan mengelola keuangan secara lebih cerdik dan sehat..

Direktur PT IndoArtha Perkasa Sukses, Grace Sunarjo mengatakan bahwa rendahnya literasi keuangan menunjukan masih banyaknya masyarakat atau para pekerja terjebak dalam keputusan yang kurang bijak dalam mengatasi masalah keuangan. “OttoDigital melalui lini bisnis PT IndoArtha Perkasa Sukses ingin memberikan edukasi dalam membangun kesiapan finansial melalui platform Otto. Aplikasi ini didukung dengan berbagai fitur pendukung seperti investasi hingga fasilitas ambil gaji lebih awal kapan pun di mana pun untuk kebutuhan dana darurat, yang membantu karyawan mencapai tujuan finansial mereka (financial goals),” ujar Grace Sunarjo.

Dengan mengusung kampanye #UsahaLebihBijakFinansial, rangkaian edukasi melalui aktivitas offline dan online terus dilakukan guna membangun kesadaran untuk mempersiapkan diri sebagai pekerja yang handal dalam mengatur keuangan. Semangat bijak finansial dimulai dengan Talkshow Edukasi dengan tema ‘Atur Siklus Beban Keuangan dan ‘Rahasia Mencapai 100 Juta Pertama’ kepada karyawan. Pada kesempatan ini, OttoDigital menghadirkan narasumber hebat, yaitu Perencana Keuangan, Aliyah Natasya, M. Sc., CFP, IFP yang membawakan edukasi finansial dari perilaku dan sudut pandang dalam mengambil keputusan terhadap uang serta cara cerdik mencapai 100 Juta pertama ala karyawan.

Financial Planner CFP|IFP, Aliyah Natasya menjelaskan lebih lanjut bahwa edukasi finansial menjadi upaya untuk mengenal, memahami dan mengontrol keputusan dalam mengelola keuangan. “Fenomena masalah keuangan yang terjadi sering kali karena banyak orang yang belum cakap dalam mengatur keuangan tetapi lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Saat dihadapkan dengan realita, selalu berkutat dengan mindset jangka pendek bukan jangka panjang. Ditambah lagi dengan kondisi kebanyakan para pekerja yang merasa belum bisa untuk menabung ataupun berinvestasi. Untuk itu, membangun kedisiplinan keuangan dan meningkatkan pertumbuhan nilai aset harus segera ditanamkan dengan seksama,” tambah Aliyah

Melanjutkan edukasi keuangan, OttoDigital juga sudah menayangkan podcast KPR ‘Karyawan Pejuang Rupiah’ sebanyak 3 episode dengan edisi perdana “Usaha Melakukan Adegan Dewasa dari Dompet Karyawan”, selanjutnya “Usaha Nyusun Dana Darurat? Hari-hari aja Udah Darurat” dan tayangan ke 3 “Bukan Lagi Waktunya Jadi People Pleaser, Ini Saatnya untuk Taking Control”. Dimana podcast ini dimaksudkan bagi para karyawan untuk mulai lebih dewasa dalam mengelola arus keuangannya dan mulai menyusun dana untuk kebutuhan yang mendesak. Podcast KPR hadir sebagai media bagi karyawan untuk bisa berekspresi melalui obrolan ringan yang menjadi insight dan inspirasi bagi karyawan dan para pekerja lainnya. Podcast KPR tayang dua minggu sekali setiap hari Jumat melalui YouTube channel dan layanan musik digital Spotify.

#UsahaLebihBijakKeuangan bagi karyawan yang komprehensif melalui aplikasi Otto juga hadir dengan beragam fitur layanan lainnya seperti transaksi produk-produk digital; tagihan listrik, air, BPJS, telkom, TV Kabel, beli skin dan item game favorit, serta pembayaran transaksi QRIS di lebih dari 46 juta merchant QRIS yang sudah berpartisipasi.

Sebagai financial aggregator, aplikasi Otto bekerjasama dengan para penyedia produk finansial yang berlisensi dan penyedia produk non-finansial yang lengkap serta telah bekerjasama dengan lebih dari 20 mitra distribusi yang memberikan akses untuk memberikan edukasi dan literasi finansial kepada karyawan sehingga dapat menjangkau target market yang luas.

“Kami optimis bahwa #UsahaLebihBijakFinansial melalui aplikasi Otto dapat turut mendukung peningkatan literasi finansial sekaligus membangun kesadaran untuk mulai menata keuangan dengan cerdik. Kedepannya, kami berharap dapat terus menemani karyawan dan segenap masyarakat untuk menjalani berbagai tahapan hidup dengan rasa tenang dan aman,” tutup Grace Sunarjo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST Jababeka (KIJA)

Sabtu, 29 Juni 2024 - 18:31 WIB

KIJA Gelar RUPST, SD Darmono 'Turun Gunung' Kembali Nahkodai Jababeka

PT Jababeka Tbk (KIJA) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS/Rapat) Tahunan Tahun Buku 2023 pada hari Jumat, 28 Juni 2024 bertempat di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta.…

Orang-orang meminum susu

Sabtu, 29 Juni 2024 - 14:13 WIB

UGM dan Kementan Pecahkan Rekor MURI Minum Susu dengan Peserta Terbanyak

Masih dalam rangkaian memperingati Hari Susu Nusantara 1 Juni 2024 dan Lustrum XI Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan…

Talkshow disampaikan oleh Direktur Compliance & Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (tengah); Komisaris PT Bank Jago Tbk Anika Faisal (paling kiri); Direktur Keuangan SDM, dan Umum PT Bursa Efek Indonesia Risa E. Rustam (dua dari kiri); Komisaris PT Permodalan Nasional Madani Nurhaida (empat dari kiri); dan Pengamat Ekonomi Aviliani (paling kanan).

Sabtu, 29 Juni 2024 - 14:01 WIB

BSI Siap Jadi Partner Para Ibu Lewat Produk-Produk Syariah yang Cocok untuk Keluarga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong literasi dan inklusi keuangan syariah khususnya pada perempuan dan para ibu. Hal ini dilakukan agar mereka tidak masuk dalam risiko kejahatan…

Vasaka Hotel Jakarta

Sabtu, 29 Juni 2024 - 12:17 WIB

Rayakan Summer Long Weekend Bersama Vasaka Hotel Jakarta

Vasaka Hotel Jakarta baru saja merilis promo kamar yang sangat menarik dengan menargetkan segmentasi keluarga yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga terkasih…

Program ‘CSR Maritim’ Nippon Paint

Sabtu, 29 Juni 2024 - 11:40 WIB

Ratusan Kapal Nelayan Ramaikan Pantai Boom Tuban, Ikuti Kompetisi Menghias Kapal Pada Program ‘CSR Maritim’

Sebagai negara yang sangat besar dan luas, wilayah geografis Indonesia didominasi dengan perairan dan gugusan pulau sehingga tak ayal negara ini dikenal sebagai negara Maritim dan juga bangsa…