BASF Gelar ‘Construction Sustainability Day’: Dorong Kolaborasi untuk Masa Depan Konstruksi Berkelanjutan di Indonesia

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 13 Juni 2024 - 11:17 WIB

BASF Indonesia gelar 'Construction Sustainability Day'
BASF Indonesia gelar 'Construction Sustainability Day'

INDUSTRY.co.id - Jakarta, BASF menyelenggarakan ‘Construction Sustainability Day’, sejalan dengan misi BASF, yaitu “we create chemistry for a sustainable future” atau "kami menciptakan kimia untuk masa depan berkelanjutan", berfokus pada industri konstruksi di Indonesia. Dengan mempertemukan perwakilan pemerintah, asosiasi industri, akademia, dan pelaku industri konstruksi, acara ini mendorong kolaborasi menuju masa depan konstruksi yang lebih ramah lingkungan.

Menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan, BASF telah mengembangkan solusi bangunan berkelanjutan yang dapat membantu mengurangi jejak karbon produk dan memberikan kebermanfaatan yang bernilai dengan sumber daya terbarukan. Secara global, BASF juga telah mengurangi emisi gas rumah kaca juta dari 21.2 juta ton pada tahun 2018 menjadi 16.9 juta ton pada tahun 2023. Bahan material dari BASF membantu menciptakan, melindungi, dan mempertahankan berbagai proyek konstruksi untuk masa depan yang lebih aman dan berkelanjutan. Oleh karena itu, dalam acara ini, BASF Indonesia memamerkan berbagai solusi berkelanjutannya yang dirancang untuk mendukung pembangunan hijau. Solusi-solusi ini ditampilkan dalam empat buah mini booth, meliputi solusi atap dan lantai (roof & flooring solutions), kaca dan jendela (glass & windows), dinding, coatings, dan aditif (wall, coatings, and additives), serta infrastruktur (infrastructure).

Dr. Christofer Arisandy, Presiden Direktur BASF Indonesia, memaparkan peran perusahaan dalam mendorong konstruksi berkelanjutan melalui berbagai produk inovatif dan rendah karbon. "Kami ingin lebih mengembangkan portofolio produk kami menuju perlindungan iklim, netralitas karbon, dan sirkularitas. BASF telah mengembangkan aplikasi digital untuk menghitung jejak karbon produk dari awal hingga akhir. Dengan aplikasi ini, BASF dapat menghitung jejak karbon dari sekitar 45.000 produk secara global sehingga kami dapat menyediakan data penting kepada pelanggan kami untuk seluruh rangkaian produk mereka.”

Komitmen BASF terhadap keberlanjutan tidak hanya tercermin dari pengembangan produk. Dr. Christofer Arisandy menekankan upaya berkelanjutan BASF untuk menyempurnakan portofolio bahan kimianya demi masa depan yang lebih berkelanjutan. “Melalui acara ini, BASF ingin mengambil peran aktif dalam menggalang kolaborasi nyata untuk konstruksi berkelanjutan di Indonesia,” kata Dr. Christofer. “Kami percaya dengan upaya bersama, kita dapat mencapai target net zero di Indonesia serta membangun masa depan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan bagi industri konstruksi.”sambungnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga berperan penting dalam acara ini, dengan Ir. Kimron Manik, MSc, Direktur Keberlanjutan Konstruksi, menyampaikan pidato utama sebagai keynote speaker. Pemaparan beliau berfokus pada peran penting konstruksi berkelanjutan dalam mencapai target net zero di Indonesia, pengembangan infrastruktur hijau sebagai landasan masa depan Indonesia, dan pentingnya kerangka hukum untuk mendukung upaya konstruksi berkelanjutan. 

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan acara Construction Sustainability Day, mengingat kegiatan ini dapat menjadi momentum kita bersama untuk berkomitmen dan mewujudkan upaya pembangunan infrastruktur berkelanjutan yang terintegrasi dengan seluruh stakeholder dan seluruh elemen lingkungan. Semoga peran aktif Pemerintah dan stakeholder terkait untuk menyiapkan pasokan mata rantai yang komprehensif, khususnya industri konstruksi dalam negeri, mampu mendukung prinsip-prinsip pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan,” ungkap Ir. Kimron Manik, MSc, Direktur Keberlanjutan Konstruksi Kementerian PUPR.

Acara ini juga menghadirkan diskusi panel yang menarik dengan para pembicara ahli di bidang konstruksi berkelanjutan, antara lain: Ar. Gregorius Budi Yulianto, IAI, AA, Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia yang memberikan perspektif arsitektur terhadap bangunan hijau dan konstruksi berkelanjutan. Hadir pula Dewi Larasati, S.T., M.T., Ph.D., Kepala Program Studi Pascasarjana Arsitektur, Kelompok Keahlian Teknologi Bangunan, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan ITB yang membahas teknologi dan perkembangan terkini dalam bidang bangunan berkelanjutan. Kris Rianto Adidarma, selaku Ketua Umum Asosiasi Produsen Cat Indonesia, turut berpartisipasi memaparkan peran industri cat dalam mendukung bangunan hijau dan konstruksi berkelanjutan.

Selain itu, Green Building Council Indonesia (GBCI) menghargai upaya BASF dalam menyelenggarakan acara ini yang selaras dengan misi GBCI. “Saya turut mengapresiasi BASF Indonesia yang telah menginisiasi acara Construction Sustainability Day pada hari ini. Acara ini sejalan dengan misi kami sebagai Green Building Council Indonesia yang juga diakui internasional, untuk terus mendorong transformasi pasar dan pelaku industri ke arah bangunan dan konstruksi yang lebih berkelanjutan di Indonesia," jelas Ir. Iwan Prijanto, MM, GP selaku Chairperson of Green Building Council Indonesia.

Adapun untuk diketahui, dalam gelaran tersebut BASF pertemukan para pemangku kepentingan untuk berbagi gagasan tentang konstruksi ramah lingkungan. Lalu BASF menghadirkan solusi berkelanjutan untuk mendukung bangunan hijau, serta memberikan ruang para ahli diskusikan peran penting konstruksi berkelanjutan untuk mencapai target net zero di Indonesia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Utama BNI saat di Kantor Perwakilan di Sidney Australia

Minggu, 08 September 2024 - 07:58 WIB

Kantor Perwakilan BNI di Sydney Siap Disulap Jadi Kantor Cabang Tahun Depan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperluas jaringan internasional dengan meresmikan Kantor Perwakilan BNI di Sydney, Australia.

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…