Indopoly (IPOL) Siapkan Capex Sekitar Usd100 Juta untuk Proyek Ekspansi Penambahan Kapasitas

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 12 Juni 2024 - 17:48 WIB

Direksi PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk (IPOL) Kiri-Kanan: Jeffrey Halim, Wakil Direktur Utama. Gordon Zhao Yu Giang, Direktur. Irawan Sastrotanojo, Komisaris Independen. Leo Firdaus, Direktur
Direksi PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk (IPOL) Kiri-Kanan: Jeffrey Halim, Wakil Direktur Utama. Gordon Zhao Yu Giang, Direktur. Irawan Sastrotanojo, Komisaris Independen. Leo Firdaus, Direktur

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk (IPOL) produsen film premium terkemuka untuk industri flexible packaging tahun ini telah mengalokasikan dana sekitar US$100 juta untuk menuntaskan proyek ekspansi penambahan kapasitas.

Hal tersebut dilakukan produsen film premium jenis Biaxially-Oriented Polypropylene (BOPP) dan Biaxially- Oriented Polyester (BOPET) yang digunakan dalam pengemasan makanan, pengemasan non makanan, industri laminasi grafis dan lain sebagainya, guna menopang rencana ekspansi untuk memperkuat pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.

Jeffrey Halim, Wakil Presiden Direktur PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk menjelaskan, strategi peningkatan kapasitas ini merupakan proyek milestone Perseroan yang telah direncanakan dan dimulai sejak 2022 lalu. Kami percaya, serangkaian inovasi dan ekspansi strategis yang kami lakukan secara signifikan akan meningkatkan profitabilitas dan menambah diversifikasi portofolio produk perusahaan.

Indopoly yang saat ini memiliki 3 pabrik yang tersebar di Indonesia dan Tiongkok tersebut, memiliki program ekspansi dan inovasi strategis untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan. Beberapa program strategis yang dijalankan Perseroan antara lain;

1.      Peningkatan Kapasitas Mesin BOPP

Indopoly akan meningkatkan kapasitas produksinya dengan menambah dua mesin BOPP (Biaxially Oriented Polypropylene) paling mutakhir di Purwakarta, Indonesia, dan di Suzhou, Tiongkok.

Ekspansi ini akan meningkatkan kapasitas tahunan perusahaan dari 100.000-ton menjadi 165.000-ton, menandai peningkatan signifikan sebesar 65%. Dengan peningkatan kapasitas ini, Indopoly bermaksud untuk mencapai skala ekonomis sehingga biaya produksi per unit akan menjadi lebih rendah.

Perusahaan menargetkan mesin-mesin baru ini akan beroperasi penuh pada akhir tahun 2024.

2.      Peningkatan Kapasitas Mesin Metalizing Perusahaan

Indopoly juga meningkatkan kapasitas mesin metalizing  dengan menambah dua unit mesin metalizing yang memiliki teknologi terbaru. Mesin-mesin canggih ini mampu memproduksi tipe film dengan ketahanan yang tinggi seperti AlOx (Aluminium Oxide) dan SiOx (Silicon Oxide), film- film ini memiliki fitur transparan yang ideal untuk menampilkan isi produk di dalam kemasan dengan jelas. Kedua mesin ini secara kolektif akan meningkatkan kapasitas produksi hingga sekitar 22.400 ton per tahun.

3.      Investasi Mesin Offline Coating

Selain mesin BOPP dan metalizing, Indopoly juga melakukan investasi mesin Offline Coating baru untuk lebih mendiversifikasi penawaran produk premium Perusahaan.

Penambahan ini akan meningkatkan efisiensi produksi film ultra high barrier serta berbagai film high-end lainnya, film-film ini ditargetkan akan menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan kemasan berbahan PVDC yang penggunaannya semakin dibatasi.

Bekerja sama dengan tim R&D-nya, Indopoly mendorong inovasi produk dengan mengembangkan film dengan ultra high barrier dan film mono-material yang ramah lingkungan dan lebih mudah didaur ulang. Komitmen terhadap inovasi dan keberlanjutan ini terbukti dengan diperkenalkannya serangkaian produk baru yang inovatif pada tahun 2024, termasuk film breathable anti-fog, oxo-biodegradable BOPET, dan Nylon Replacement film, serta berbagai tipe film ultra high barrier lainnya. Penawaran produk-produk ini tidak hanya memenuhi permintaan pelanggan yang terus berkembang, tetapi juga mendukung kebijakan ekonomi sirkular yang mendorong produsen untuk memproduksi produk yang  lebih mudah di daur ulang.

“Indopoly mengantisipasi pertumbuhan pendapatan yang signifikan di tahun 2025 yang didorong oleh telah beroperasinya investasi yang telah kami sampaikan diatas. Perusahaan memegang teguh komitmennya untuk terus tumbuh dan berkembang dengan fokus untuk memaksimalkan profitabilitas dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.” Tutup Jeffrey Halim dalam siaran pers.

PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk didirikan berdasarkan Akta No. 114 tanggal 24 Maret 1995 di Jakarta. Indopoly merupakan produsen film premium terkemuka untuk industri flexible packaging dengan merek dagang terdaftar. Perseroan memproduksi film premium jenis Biaxially-Oriented Polypropylene (BOPP) dan Biaxially- Oriented Polyester (BOPET) yang digunakan dalam pengemasan makanan, pengemasan non makanan, industri laminasi grafis dan lain sebagainya yang telah dipasarkan ke seluruh dunia dan saat ini melayani lebih dari 250 pelanggan korporasi multi nasional di seluruh dunia. Perseroan memiliki 3 (tiga) fasilitas produksi yang berada di lokasi strategis, yaitu di Purwakarta, Indonesia dan 2 (dua) pabrik lainnya berlokasi di Tiongkok, yaitu di Kunming dan Suzhou. Ketiga fasilitas pabrik ini telah dilengkapi peralatan produksi berteknologi tinggi, memiliki standar manajemen tinggi dan memiliki sertifikasi manajemen terkemuka dalam kualitas, lingkungan, energi, keamanan pangan dan pengujian laboratorium.

Pemegang saham pengendali Perseroan saat ini adalah Jefflyne Golden Holding Pte. Ltd 29.54%, PT Supernova flexible Packaging 28.70% dan Noble Ox International Ltd 21.15%. Adapun saham publik di BEI tercatat sebesar 18,61%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Samsonite Kembali Hadir dengan Luggage Trade-in Program dan Serangkaian Inisiatif Keberlanjutan

Sabtu, 14 September 2024 - 20:21 WIB

Samsonite Kembali Hadir dengan Luggage Trade-in Program dan Serangkaian Inisiatif Keberlanjutan

Jakarta- Samsonite, brand koper global terkemuka yang terus memberikan definisi baru dalam kenyamanan bepergian melalui solusi bagasi yang inovatif dan stylish, kembali hadir dengan kampanye…

RCTI siap menggelar IMAA 2024.

Sabtu, 14 September 2024 - 19:43 WIB

IMAA 2024 Digelar, Hadirkan 15 Kategori Penghargaan Untuk Insan Perfilman

Hadirkan 15 kategori penghargaan, malam puncak IMAA 2024 bakal disiarkan langsung RCTI pada 15 Oktober 2024.

Menhan Prabowo Subianto bertemu PM Vietnam H.E. Pham Minh Chinh di akhir kunjungan kerjanya

Sabtu, 14 September 2024 - 19:29 WIB

Menhan Prabowo Bertemu PM H.E. Pham Minh Chinh Di Akhir Kunjungan Kerja Ke Vietnam

Di akhir kunjungan kerja ke Vietnam, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Vietnam H.E. Pham Minh Chinh, di Vietnam, pada Sabtu (14/9/2024).

Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia Letjen TNI (Purn) Bambang Ismawan (kanan)

Sabtu, 14 September 2024 - 18:06 WIB

ASABRI Berikan Layanan Prima kepada Kasum TNI Letjen (Purn.) Bambang Ismawan

ASABRI senantiasa berupaya untuk dapat memberikan Layanan Prima kepada para Pesertanya, salah satunya melalui penyerahan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama kepada Kepala…

Daikin Proshop Showroom di Semarang

Sabtu, 14 September 2024 - 17:57 WIB

DAIKIN Proshop Showroom Buka di Semarang

Ekspansi PT. Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) dalam mengembangkan pemasaran lini produk AC Home Central terus berlanjut.