Mowilex Raih Peringkat GOLD Green Label Indonesia

Oleh : Nina Karlita | Senin, 10 Juni 2024 - 22:58 WIB

 Seluruh produk Mowilex PRO telah tersertifikasi Green Label Indonesia peringkat GOLD dan salah satunya digunakan pada bagian exterior Jakarta International Stadium.
Seluruh produk Mowilex PRO telah tersertifikasi Green Label Indonesia peringkat GOLD dan salah satunya digunakan pada bagian exterior Jakarta International Stadium.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mowilex meraih sertifikasi Green Label Indonesia (GLI) dengan peringkat tertinggi yaitu GOLD dari organisasi nirlaba Green Product Council Indonesia (GPCI). Penghargaan itu wujud komitmen Mowilex sebagai perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Tahun ini merupakan tahun ketiga berturut-turut Mowilex mendapatkan peringkat GOLD. Sebanyak 17 produk interior dan eksterior Mowilex Professional seluruhnya lolos sertifikasi GLI.  

Capaian ini didapat Mowilex setelah berhasil dalam sejumlah aspek penilaian yang menjadi pertimbangan GPCI dalam memberikan sertifikasi. Di antaranya, aspek kualitas produk yang dinyatakan tidak mengandung bahan metal berbahaya seperti logam berat dan timbal.

Selain itu, Mowilex telah melalui tahap pengujian kadar VOC (Volatile Organic Compound) dengan nilai VOC sangat rendah dibawah 50g/L yang merupakan batas ketat yang dikeluarkan oleh EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat. 

Penilaian juga mencakup penilaian terhadap penghematan konsumsi energi. Terjadi penghematan konsumsi listrik perusahaan yang lebih rendah mencapai 25,73% dibandingkan tahun sebelumnya dan penghematan konsumsi air yang mencapai 19.37% per produksi.

Penilaian lainnya yang menjadi bahan pertimbangan GPCI adalah aspek sistem manajemen lingkungan yang telah tersertifikasi ISO 14001, serta pengelolaan limbah dengan menunjuk pihak berijin yang telah sesuai standar PP No.22 Tahun 2022. 

Seluruh aspek di atas diuji dan diaudit oleh PT IAPMO Indonesia, yang memverifikasi komitmen dan dokumen resmi perusahaan untuk meminimalisasi dampak lingkungan dalam proses produksi. Proses audit dan pengujian oleh PT IAPMO ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk Mowilex memenuhi standar tertinggi untuk bisa mendapat peringkat GOLD sertifikasi GLI. 

Dengan berhasil melewati proses tersebut, produsen cat dan pelapis premium Mowilex dianggap telah berhasil mengadopsi dan menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab, bahkan juga berdampak positif, pada lingkungan. 

Chairman GPCI Yudiono memberi apresiasi atas konsistensi Mowilex sebagai pionir dan pemimpin praktik berkelanjutan di industri ini, juga atas usaha perusahaan untuk terus memberikan yang terbaik bagi konsumen. 

Saat ini tercatat, produk Mowilex merupakan produk terbanyak di kategori cat yang disertifikasi Green Label Indonesia. 

“Pilihan produk ramah lingkungan dalam produk cat bukan sekadar tentang membuat rumah menjadi indah, tapi juga menjaga keberlangsungan lingkungan yang kita tinggali,” kata Yudiono. 
 
Pembaruan sertifikasi Green Label Indonesia ini melibatkan 17 produk Mowilex, yang 10 di antaranya adalah produk anyar. 

Produk-produk berkualitas tinggi dan ramah lingkungan ini digunakan dalam sejumlah proyek-proyek besar skala nasional dan internasional. Sebut saja Jakarta International Stadium (JIS), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, serta Bali International Hospital. 
 
Terkait keberlanjutan, Mowilex tidak hanya menjadi perusahaan manufaktur pertama yang mengantongi sertifikat netral karbon dari Climate Impact Partners. Perusahaan juga meraih sertifikasi Singapore Green Label dari The Singapore Green Labelling Scheme (SGLS) untuk produk-produk retail utama Mowilex. 
 
“Ini membuktikan bahwa Mowilex memiliki produk-produk ramah lingkungan dan berdedikasi tinggi dalam tanggung jawab terhadap lingkungan. Tentunya sertifikasi ini merupakan sebuah bentuk pengakuan atas produk kami yang diproduksi secara bertanggung jawab sejak beroperasi pada 1970.” kata CEO Mowilex, Niko Safavi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Utama BNI saat di Kantor Perwakilan di Sidney Australia

Minggu, 08 September 2024 - 07:58 WIB

Kantor Perwakilan BNI di Sydney Siap Disulap Jadi Kantor Cabang Tahun Depan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperluas jaringan internasional dengan meresmikan Kantor Perwakilan BNI di Sydney, Australia.

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…