Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI) EXPO dan Seminar Ke-13 Kembali Digelar Untuk Mendukung Pertumbuhan Industri Kosmetika Di Indonesia

Oleh : Erni S | Jumat, 31 Mei 2024 - 09:45 WIB

Pembukaan ICI Expo dan Seminar 2024
Pembukaan ICI Expo dan Seminar 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Produk kosmetik semakin mendapatkan hati di konsumen tanah air. Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, industri kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat hingga 10,6%, dari 913 perusahaan di tahun 2022 menjadi 1.010 di pertengahan tahun 2023. Kualitas produk yang aman, baik dan juga inovatif perlu semakin diperhatikan. Bahan baku yang tepat dan berkualitas menjadi bagian terpenting untuk mencapai hal tersebut. 

Melihat potensi tersebut, PERKOSMI (Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia) kembali mengadakan acara Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI) Expo and Seminar yang ke-13 di tahun 2024 ini dengan tema “Innovation and Formulation Trend to Support the Rapid Growth of Indonesian Cosmetic Market” (Tren Inovasi dan Formulasi untuk Membantu Pertumbuhan Pasar Kosmetik Indonesia yang Sangat Pesat). 

“Selama 47 tahun PERKOSMI terlibat aktif dalam memajukan industri kosmetika tanah air baik skala usaha kecil hingga skala besar nasional maupun multinasional. Kami memberikan wadah bagi kemajuan semua anggota kami serta dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing industri kosmetika di Indonesia. Salah satunya melalui acara Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) Expo and Seminar yang kembali kami selenggarakan sebagai wujud nyata Perkosmi dalam menjembatani secara langsung pertemuan semua pemangku kepentingan  dalam  industri kosmetika baik pemilik brand kosmetika, industri penyedia bahan baku, kemasan, mesin, lembaga pemerintah, universitas dan juga seluruh masyarakat yang berkaitan dengan kosmetika. ,” ujar Sancoyo Antarikso, Ketua Umum Perkosmi.

Indonesia Cosmetics Ingredients telah diselenggarakan sejak tahun 2006, di mana acara ini menjadi ajang pameran dan promosi bagi para pemasok lokal dan global untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bahan baku, kemasan, produk, peralatan laboratorium dan mesin mutakhir serta tren dan teknologi terkini yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kosmetik kepada kalangan industri kosmetika di Indonesia dan di negara ASEAN. 

Tahun ini, ICI diikuti lebih dari  200 perusahaan dalam dan luar negeri; menampilkan 453 stan pameran. ICI juga menyediakan stan tidak berbayar bagi 14 stan instansi Pemerintah dan Universitas serta 30 stan produk jadi sebagia besar UKM mewakili berbagai Pengurus Daerah Perkosmi. 

“ICI 2024 digelar lebih besar dari sebelumnya, terlihat dari jumlah partisipan yang terus meningkat di setiap penyelenggaraannya. Setiap tahun kami juga meningkatkan target pengunjung ICI, dan tahun ini kami menargetkan sebanyak  9.000 pengunjung. Semoga antusiasme ICI 2024 menjadi pertanda baik bahwa industri kosmetika di Indonesia akan semakin besar dan terus maju ke depannya,” ujar Rustam Suleman, Ketua Pelaksana ICI 2024. 

Selain sebagai titik pertemuan para penggiat industri kosmetika di Indonesia, ICI 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti Zona Inovasi yang menampilkan bahan baku  terkini termasuk bahan baku yang telah diekspor ke luar negeri; Lab Formulasi yang disediakan untuk beberapa supplier bahan baku sebagai sarana untuk mendemonstrasikan secara langsung formulasi kosmetik kepada pengunjung pameran yang terdaftar. ICI juga menyelenggarakan 26 seminar seputar industri kosmetika yang menghadirkan  pembicara dalam dan luar negeri. 

Irwan, S.Si, Apt, M.K.M, Direktur Pengawasan Kosmetik BPOM mengatakan, “Selama lima tahun terakhir, industri kosmetika di Indonesia mengalami perkembangan pesat dan konsisten. Ini adalah berkat kerja sama dari seluruh pelaku industri untuk mendorong kemajuan industri dengan meningkatkan kualitas dan daya saing produk kosmetika tanah air, dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, kemanfaatan dan mutu. BPOM terus mendukung kegiatan Indonesia Cosmetic Ingredients agar terus bisa memberikan manfaat dan bergerak bersama-sama untuk memberikan produk yang terbaik bagi konsumen Indonesia.“

Hadir pula para usahawan di industri kosmetika yang turut memberikan pandangannya terkait ICI 2024, “Acara seperti ICI sangat membuka kesempatan kepada kami para pengusaha bahan baku untuk dapat bertemu langsung dengan para pemilik brand, serta dapat menjalin hubungan kerja sama yang saling menguntungkan,“ ujar Listianawati Setio, Commercial Director, PT Merpati Mahardika. 

"ICI merupakan wadah yang penting bagi pengusaha bahan baku, terutama  sebagai sarana untuk memperkenalkan bahan baku alami asli Indonesia yang berkualitas kepada para produsen kosmetika dan juga masyarakat Indonesia", demikian pandangan yang disampaikan oleh Putri Happy KC, Head of Marketing  PT Haldin Natural.

dr. Sari Chairunnisa, Sp. KK, Vice President of Research & Development, PT Paragon Technology and Innovation menanggapi positif penyelenggaraan ICI 2024, “Pameran ICI 2024 merupakan one-stop shopping untuk produk bahan baku yang aman dan berkualitas, sehingga kami dapat terus menghasilkan produk-produk berkualitas bagi konsumen kami.”

PERKOSMI berharap bahwa melalui penyelenggaraan ICI 2024, pelaku industri kosmetika Indonesia dapat terus terkinikan dengan tren dan teknologi terbaru di dunia kosmetika, serta mampu memproduksi produk kosmetika yang inovatif, aman dan berstandar dunia. “Kami bersemangat untuk terus dapat meningkatkan perkembangan industri kosmetika di Indonesia  dan memastikan  konsumen Indonesia bisa mendapatkan produk terbaik,” tutup Sancoyo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:30 WIB

Bank Mandiri menjadi Bank Nasional dengan penghargaan terbanyak pada FinanceAsia Award 2024, Bukti Keunggulan, Inovasi, dan Komitmen Keberlanjutan

Bank Mandiri menjadi bank nasional yang meraih penghargaan terbanyak pada ajang FinanceAsia tanggal 27 Juni 2024 di Hong Kong. FinanceAsia merupakan media publikasi berbasis di Hong Kong dan…

Ilustrasi Boikot

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:13 WIB

Dua Survei Ungkap Aksi Boikot Berhasil Gerus Produk Terafiliasi Israel di Indonesia

Dua survei terbaru membuktikan, boikot konsumen Indonesia memang punya daya gedor dahsyat, karena mampu menggerus penjualan produk-produk perusahaan multinasional terafiliasi Israel.

Media Briefing ICDX

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:01 WIB

Tepat 15 Tahun Beroperasi, Begini Strategi ICDX Group untuk Keberlanjutan

Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), pada tahun 2024 ini tepat 15 tahun beroperasi. Dalam ulang tahun ini, ICDX Group mengambil…

PT PP

Selasa, 02 Juli 2024 - 15:44 WIB

PTPP Penuhi Kewajiban Obligasi dan Sukuk Mudharabah Tepat Waktu

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu perusahaan BUMN konstruksi dan investasi di Indonesia (“PTPP”) telah melakukan pembayaran atas Obligasi Berkelanjutan III Tahap I tahun 2021 Seri A…

Program Women in Sales

Selasa, 02 Juli 2024 - 15:17 WIB

Lewat Program Women in Sales, Multi Bintang Indonesia Ciptakan Lingkungan Kerja Inklusif

Multi Bintang Indonesia, bagian dari The HEINEKEN Company, produsen merek bir premium internasional Heineken® dan BINTANG, terus menciptakan lingkungan kerja yang inklusif melalui program Women…