Kolaborasi BIRU dan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis Dorong Penyerapan Tenaga Kerja Lulusan SMK

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 04 Juni 2024 - 22:34 WIB

(dari kanan) Presiden Direktur PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU), Kristiyanto Widiyawan; bersama Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Yogi Iswandi saat penandatanganan kerja sama.
(dari kanan) Presiden Direktur PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU), Kristiyanto Widiyawan; bersama Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Yogi Iswandi saat penandatanganan kerja sama.

INDUSTRY.co.id - Bogor - PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) meresmikan kerja sama Pengembangan Pelatihan Keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat. 

Kemitraan ini mempertegas komitmen BIRU dalam memperluas kontribusinya bagi pertumbuhan ekosistem industri hospitality, khususnya sektor perhotelan, sekaligus mendukung agenda pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM.

Kemitraan ini mencakup pelatihan, pendampingan, konsultasi, dan pengembangan kompetensi untuk meningkatkan kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sektor perhotelan. Para siswa akan mengikuti serangkaian pelatihan serta peningkatan kompetensi yang terfokus dan praktis di bidang front office, housekeeping, hingga layanan food and beverage. 

Anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group, IDX: DOID) yang berfokus di bidang pendidikan, vokasi, dan ekonomi sirkular ini akan menempatkan siswa dari mitra SMK untuk magang di Hotel Royal Tulip Gunung Geulis.

Hotel Royal Tulip Gunung Geulis juga akan berperan aktif dalam mengevaluasi dan memvalidasi modul pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan oleh BIRU. 

Kemitraan platform Bisa Ruang Vokasi (BRV) mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan industri melalui konsep ‘link and match’, mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM sekaligus mengurangi kesenjangan antara kurikulum pendidikan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Kristiyanto Widiyawan, Presiden Direktur BIRU, mengatakan, kerja sama dengan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis menambah portofolio kemitraannya dengan industri dalam mengembangkan program pelatihan dan pengembangan kompetensi siswa dan lulusan SMK. 

"Sebagai hotel bintang 5 ternama di Indonesia, Hotel Royal Tulip Gunung Geulis merupakan mitra ideal bagi BIRU untuk mengembangkan modul pelatihan BIRU sesuai dengan standar tertinggi perhotelan, sejalan dengan rencana ekspansi BIRU," kata Kristiyanto.

Yogi Iswandi, Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, menyambut baik kolaborasi ini. Karena menurutnya, kerja sama antara industri dan pendidikan sangat penting untuk menghadapi tantangan di dunia industri yang terus berkembang. 

"Melalui kolaborasi ini, kami mendapatkan akses langsung kepada talenta siap industri yang sesuai standar Hotel Royal Tulip Gunung Geulis. Kami yakin kolaborasi ini akan membuka peluang besar bagi para siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis dan pengetahuan mendalam tentang industri perhotelan,” kata Yogi.

Sebagai salah satu wujud nyata komitmen environmental, social and governance (ESG) Delta Dunia Group, BIRU diharapkan dapat mendukung agenda pembangunan berkelanjutan perusahaan, khususnya dalam hal peningkatan kompetensi SDM yang berdaya saing global melalui pendidikan berbasis industri dan pemberdayaan kewirausahaan sosial. 

Sebelumnya, BIRU telah menjalin kemitraan serupa dengan Hotel Indah Palace di Solo, Jawa Tengah. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2018, BRV telah berhasil mendukung kebutuhan tenaga kerja di industri energi dan pertambangan dengan melatih 2.113 siswa SMK dari 23 SMK di seluruh Indonesia. 

Sejak 2023 BIRU memperluas jangkauannya ke sektor pariwisata dan perhotelan dengan menargetkan 44.000 peserta didik, 2.500 penerima beasiswa, dan 2.000 peserta pengembangan kompetensi guru hingga 2027.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dena Firmayuansyah, FMCG Commercial Leader NIQ Indonesia dan Bramantiyoko Sasmito, Analytic Leader NIQ Indonesia.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:56 WIB

NielsenIQ Mid-Year Consumer Outlook: Konsumen Indonesia Lebih Berhati-hati Dalam Berbelanja

NielsenIQ (NIQ), perusahaan consumer intelligence terkemuka di dunia, hari ini merilis laporan Mid-Year Consumer Outlook: Guide to 2025. Laporan ini menyoroti kecenderungan konsumen di Indonesia…

HK Peduli salurkan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan memberikan dukungan beasiswa pendidikan tinggi di Aceh

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:08 WIB

Salurkan Program TJSL, Hutama Karya Peduli Berikan Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi Putra Putri TNI-POLRI di Aceh

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Pendidikan menyalurkan beasiswa dalam Program Dukungan Pendidikan Perguruan Tinggi…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi saat paparan di Bali

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:01 WIB

BSI Harap Izin Buka Cabang Direstui Pemerintah Arab Saudi

Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) benar-benar menjadi bank syariah secara global. Dubai sudah dicengkram menjadi Cabang pertama BSI di di luar negeri.

Festival Panen Makmur

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:00 WIB

Festival Panen Makmur Kembali Digelar: Langkah Bersama Petani Lokal Menuju Pertanian yang Lebih Optimal

Setelah sukses menggelar Festival Panen Makmur di Takalar, Sulawesi Selatan pada tanggal 23 dan 24 Juli 2024 lalu yang dihadiri oleh ratusan petani, Cap Panah Merah (CPM), Brand dari Perusahaan…

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:30 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Capai Rp1,4 Triliun Sampai Akhir September 2024

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) telah merealisasikan penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,465 triliun hingga September 2024 dengan laju…