Ojol Pakai Motor Listrik, Langkah Strategis Dorong Masifnya Kendaraan Listrik di Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 28 Mei 2024 - 16:43 WIB

Ilustrasi motor listrik
Ilustrasi motor listrik

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Salah satu langkah strategis untuk mendorong kendaraan listrik masif di Indonesia adalah motor listrik. Produsen baterai Gotion Indonesia dan ECGO bekerjasama untuk mentargetkan 1 juta pengendara motor listrik untuk ojek online (OJOL) dalam 3 tahun ke depan.

National Project Manager Enhancing Readiness for the Transition to Electric Vehicles in Indonesia (ENTREV) Eko Adji Buwono menilai langkah strategis ini merupakan wujud dukungan semua pihak untuk mensukseskan target pemerintah dalam memasifkan kendaraan listrik.

"Kolaborasi yang nyata, bukan saja saling menguntungkan  dan memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak (Gotion dan ECGO) tapi juga berdampak positif terhadap keseluruhan ekosistem," kata Eko.

Eko menjelaskan dalam memasifkan kendaraan listrik di Indonesia memang membutuhkan kerjasama semua pihak. Tidak hanya pemerintah dan BUMN saja, tetapi juga pihak swasta. Kedepan, bisnis kendaraan listrik merupakan ceruk bisnis baru yang menguntungkan.

Sedangkan untuk konsumen, dengan masifnya infrastruktur kendaraan listrik saat ini dan komponen yang mudah ditemukan memudahkan pelanggan dalam memiliki kendaraan listrik.

"Dan bagi konsumen sebagai pengguna EV juga dimudahkan dalam upaya memiliki motor listrik yang lebih affordable, perawatan yang mudah dan kesempatan menjual kembali dengan resiko kerugian yang lebih kecil," kata Eko.

“Kolaborasi dengan ECGO ini merupakan momen penting bagi kami saat kami berupaya menanamkan keberlanjutan di sektor-sektor ekonomi utama. Solusi baterai inovatif kami bukan hanya tentang memajukan teknologi tetapi sangat penting untuk membuat dampak nyata bagi tujuan Energi Nasional Indonesia, terutama dalam meningkatkan kualitas udara perkotaan dan meningkatkan kualitas hidup jutaan orang,” kata Anthony, Chairman Gotion Indonesia.

Kerja sama 2 juta unit paket baterai ini akan dimulai pada tahun ini dengan 200.000 paket baterai untuk 100.000 motor listrik. Sementara pada 2025 mendatang, Gotion Indonesia akan meningkatkan produksi mencapai 800.000 paket baterai untuk 400.000 motor listrik dan disusul pada 2026 mencapai 1 juta paket baterai untuk 500.000 motor listrik ECGO.

Menurut data yang diungkapkan oleh ECGO, dari 120 juta sepeda motor di Indonesia, 12 juta digunakan untuk kebutuhan logistik, ojol, pengiriman makan dan layanan kurir. Sementara 6 juta di antaranya aktif setiap hari dengan rata-rata 160 km cakupan jarak.

Diharapkan dengan tujuan 1 juta motor listrik sebagai substitusi juga bisa membantu efisiensi bagi pengemudi ojol. Dengan klaim biaya per kilometer baterai lithium hanya 15 persen dibanding bensin, ada peningkatan 40 persen dari hasil yang didapat oleh pengemudi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Signify dan Mercedes-AMG PETRONAS Formula 1 Team kerjasama.

Kamis, 04 Juli 2024 - 23:24 WIB

Signify dan Mercedes-AMG PETRONAS Formula 1 Team Luncurkan Kolaborasi Baru

Signify mengusung spirit yang sama dengan Mercedes-AMG PETRONAS F1 Team di bidang inovasi yang bertanggung jawab untuk mendorong kemajuan di industri, bahkan lintas sektoral.

Media Gathering Coway bertajuk “Change Your Water, Change Your Life”.

Kamis, 04 Juli 2024 - 22:40 WIB

Coway Kembali Berikan Jaminan Air Minum Murni dan Halal

Coway beberkan komitmennya hadirkan jaminan air minum murni dan halal lewat sertifikat halal dari BPJPH.

BSI Deposito Wakaf seri 04 ITB diresmikan oleh RCEO BSI Regional Bandung Fitria Ekayani (tengah), Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro (kiri) dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB, Prof. Muhammad Abduh (kanan).

Kamis, 04 Juli 2024 - 22:10 WIB

BSI & ITB Luncurkan BSI Deposito Wakaf untuk Masjid di Cirebon

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), BSI Maslahat, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi meluncurkan BSI Deposito Wakaf dengan seri-04, Masjid ITB Kampus Cirebon.

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono pada saat menerima penghargaan

Kamis, 04 Juli 2024 - 20:38 WIB

Bank DKI Sabet Penghargaan Pada Ajang Indonesia Banking Service Excellence 2024

Bank DKI kembali meraih penghargaan dari lembaga independen, kali ini sebagai The 3rd Best Overall BPD dalam Pelayanan Prima pada ajang 21st Banking Service Excellence 2024, yang diselenggarakan…

Pengumuman PJF 2024

Kamis, 04 Juli 2024 - 18:40 WIB

Queen At The Opera Batal Tampil di Prambanan Jazz Festival 2024

Prambanan Jazz Festival 2024 kembali digelar dengan menghadirkan Panggung Special Show yang berbeda dengan gelaran tahun sebelumnya. Salah satu yang direncanakan bakal tampil di Panggung Special…