Taiwan Excellence Dorong Kerjasama Taiwan-Indonesia melalui Inovasi Smart City

Oleh : Wiyanto | Rabu, 22 Mei 2024 - 16:28 WIB

Presiden & CEO TAITRA, Simon Wang saat memberikan sambutan di Paviliun Taiwan Excellence dalam pameran Taiwan Expo 2024.
Presiden & CEO TAITRA, Simon Wang saat memberikan sambutan di Paviliun Taiwan Excellence dalam pameran Taiwan Expo 2024.

INDUSTRY.co.id-Jakarta- Pavilion Taiwan Excellence memamerkan sebanyak 29 produk unggulan dari sejumlah perusahaan-perusahaan asal Taiwan, dalam event Taiwan Expo 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, 16-18 Mei 2024. Taiwan Excellence merupakan penghargaan bergengsi untuk produk-produk terbaik Taiwan, yang merepresentasikan inovasi, keberlanjutan, dan kecerdasan.

Selain itu pameran produk, Pavilion Taiwan Excellence juga mengadakan presentasi industri khusus pada tanggal 17 Mei 2024 dengan tema "Integrating Innovative Solutions for Urban Development”, untuk memfasilitasi pertukaran industri antara Taiwan dan Indonesia. Dengan memanfaatkan pondasi industri teknologi dan komunikasi (TIK) yang kuat di Taiwan, acara tersebut membawa solusi pintar dan inovatif untuk mempromosikan pengembangan perkotaan.

Saat ditemui di lokasi acara, Director of Economic Division, Taipei Economic and Trade Office in Indonesia, Mr. Frank Lu mengatakan bahwa Taiwan ingin menjaga hubungan ekonomi yang erat dengan Indonesia, yang merupakan anggota penting ASEAN dan mitra dagang ke-14 Taiwan. Sementara industri TIK Taiwan memiliki pondasi yang kokoh, menawarkan solusi komprehensif mulai dari komponen elektronik hingga digitalisasi, smartifikasi, dan otomatisasi. Dengan ekosistem industri yang lengkap dan pengalaman riset dan pengembangan serta manufaktur yang luas, Taiwan sangat kompetitif secara internasional dan memiliki pengalaman sukses yang meluas hingga aplikasi smart city.

“Saat ini, Indonesia sedang gencar berinvestasi pada proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) yang bertujuan untuk menciptakan kota baru yang lebih cerdas, ramah lingkungan, dan bersih. Hal ini memberikan peluang untuk pertukaran teknis yang lebih erat antara Taiwan dan Indonesia, sehingga mendorong pengembangan bersama dalam inisiatif smart city,” kata Frank Lu.

Sementara itu Presiden & CEO TAITRA, Simon Wang mengungkapkan bahwa dalam Indeks Smart City April 2024 yang baru saja diumumkan, peringkat global Taipei City mengalami lonjakan luar biasa ke peringkat 16, melompat 13 posisi secara signifikan. Kemajuan Taiwan dalam bidang TIK dan pengembangan kecerdasan buatan (AI) memainkan peran penting dalam kemajuan ini.

“Dengan memanfaatkan teknologi AI, Taiwan telah memfokuskan upayanya pada sektor-sektor seperti otomatisasi industri, ritel, pendidikan, perawatan kesehatan, transportasi, dan lain-lain. Melalui inovasi perangkat lunak dan perangkat keras, serta aplikasi industri yang praktis, Taiwan telah membangun ekosistem smart city yang kokoh,” ujar Simon Wang.

Dia menambahkan, bahwa saat ini industri Taiwan sangat fokus pada “Transformasi Digital” dan “Transformasi Hijau”. Selaras dengan tren industri, Taiwan Excellence pun memasukkan inovasi dan keberlanjutan ke dalam kriteria pemilihannya. Hal ini mendorong perusahaan Taiwan untuk menerapkan transformasi digital yang ramah lingkungan. Produk-produk pemenang penghargaan dan penawaran Taiwan di berbagai sektor membantu mengoptimalkan operasi, meningkatkan efisiensi, dan mendorong pelestarian lingkungan, sehingga berkontribusi terhadap hasil transformasi digital ramah lingkungan yang sebenarnya.

“Hal itu melampaui penerapan praktis di sektor-sektor seperti layanan smart healthcare, smart education, intelligent transportation systems, dan intelligent buildings. Taiwan Excellence juga mengintegrasikan konsep-konsep ini ke dalam pengembangan dan bimbingan UKM di Taiwan, memastikan bahwa rantai pasokan Taiwan selaras dengan tren industri global,” tambah Simon Wang.

Taiwan pun telah menjadi pemain kunci dalam lanskap AI global. Perusahaan-perusahaan Taiwan mendominasi lebih dari 90 persen pasar server AI global, memamerkan keahlian dalam desain, pengembangan, dan produksi server berkelas tinggi. Bahkan CEO NVIDIA, Jensen Huang secara publik telah mengakui posisi Taiwan sebagai pusat kecerdasan buatan (AI) dan revolusi industri baru.

Setiap tahun, Taiwan Excellence memilih produk-produk unggulan berdasarkan kriteria seperti keberlanjutan, desain, riset dan pengembangan, kualitas, dan pemasaran, berfungsi sebagai patokan untuk produk-produk Taiwan. Banyak perusahaan di domain AI dan smart city yang berkomitmen untuk memajukan teknologi terbaru dan solusi inovatif. Pada acara presentasi industri "Integrating Innovative Solutions for Urban Development” tanggal 17 Mei, sejumlah perusahaan Taiwan seperti TPIsoftware, IBASE Technology, CHIMEI Motor Electronics, dan VISION Automobile Electronics memamerkan solusi-solusi luar biasa dalam bangunan hemat energi, smart retail, transportasi cerdas, dan smart homes yang didukung oleh AIoT, dan berkontribusi secara signifikan pada pengembangan perkotaan.

Dalam acara tersebut TPIsoftware menyatakan komitmennya untuk menyediakan solusi perangkat lunak untuk membantu perusahaan dalam transformasi digital, melalui produk mereka yaitu digiRunner. Produk digiRunner disesuaikan untuk integrasi sistem perusahaan, menyediakan lingkungan yang aman untuk manajemen API, analisis, implementasi, dan lain-lain.

“Ini memungkinkan integrasi yang mulus di antara berbagai layanan ESG, termasuk platform Manajemen Karbon GreenSwift kami yang propietari dan Sistem Konservasi Energi Bangunan AI ElectriSwift kami. Selain itu, produk ini berintegrasi dengan platform dan sumber daya data eksternal, meningkatkan manajemen keberlanjutan perusahaan dan membuka jalan menuju kesuksesan di masa depan yang berkelanjutan,” kata Mr. Hien Le, Presales Manager of TPIsoftware Corporation.

Sementara itu IBASE Technology mengkhususkan diri dalam bidang profesional komputer industri, dengan fokus terbaru pada pengembangan aplikasi untuk Solusi Edge AI Computing. Teknologi dan produk inovatif mereka banyak digunakan dalam berbagai sektor seperti Smart Retail, Intelligent Transportation, Industrial Automation, Smart Agriculture, Networking & Communication, di antara lain.

“Misalnya, Sistem Deteksi Keamanan Cerdas AI menyediakan solusi yang lebih efisien untuk sistem deteksi bea cukai berbasis AI, memastikan deteksi dan identifikasi otomatis untuk menghilangkan barang-barang ilegal atau berbahaya dan menjaga keselamatan penerbangan,” kata Mr. Roland Chen, Vice President of IBASE Technology Inc.

Selanjutnya CHIMEI Motor Electronics mempresentasikan solusi sistem Edge AI In-Transit untuk transportasi cerdas. Tim CHIMEI Motor Electronics berdedikasi pada bidang “optik dan visi”, khususnya pengembangan teknologi inti dari “sistem AI tertanam”. Sebagai contoh, desain optik sistem pemantauan pengemudi (Driver Monitoring System/DMS) dapat menangani kondisi cahaya matahari yang kuat dan kondisi cahaya rendah di malam hari, sehingga dapat mendeteksi kondisi fisiologis pengemudi atau lingkungan eksternal untuk berbagai aplikasi AI.

“Selain pengembangan sistem AI-ADAS generasi berikutnya, upaya kolaboratif dengan produsen mobil sedang dilakukan untuk mengintegrasikan sensor-sensor yang berbeda dan algoritma keputusan kontrol AI, bertujuan untuk tata letak yang lebih maju. Tujuannya adalah untuk menjadi bagian integral dari rantai pasokan kendaraan otonom,” ujar Ms. Cynthia Hsu, Sales Manager of CHIMEI Motor Electronics Co., Ltd.

Kemudian VISION Automobile Electronics telah memperluas fokusnya di luar elektronik otomotif untuk mencakup pengembangan solusi IoT untuk kehidupan rumah pintar. Dengan berbagai aplikasi praktis dalam otomatisasi rumah, keamanan rumah, hemat energi, dan pemantauan lingkungan, mereka menawarkan solusi seperti pemantauan kualitas udara, sistem deteksi masuk & gerakan, serta sistem keamanan.

“Jaringan pemantauan kualitas udara administrasi lingkungan mendapat manfaat dari teknologi sensing PM 2.5 yang dikembangkan oleh ITRI, menyediakan ekspansi modular untuk berbagai skenario outdoor dan fungsi sensing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik,” ungkap Mr. Paul Lo, VP of Marketing and RD Division of VISION Automobile Electronics Industrial Co., Ltd.

Acara presentasi tersebut mendapat partisipasi antusias dari industri dan akademisi Indonesia yang hadir, dan mendapatkan umpan balik yang positif. Profesional industri dan akademisi yang hadir pada acara tersebut menyatakan tanggapan antusias dan sikap positif terhadap kolaborasi masa depan dengan keempat perusahaan tersebut. Para peserta acara berharap Taiwan dan Indonesia menjadi mitra penting dalam rantai industri smart city global, membentuk hubungan yang erat melalui penelitian dan pengembangan kolaboratif teknologi inovatif dan aplikasi industri praktis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Utama BNI saat di Kantor Perwakilan di Sidney Australia

Minggu, 08 September 2024 - 07:58 WIB

Kantor Perwakilan BNI di Sydney Siap Disulap Jadi Kantor Cabang Tahun Depan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperluas jaringan internasional dengan meresmikan Kantor Perwakilan BNI di Sydney, Australia.

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…