Ekspansif! DAMRI Siap Mengaspal di Arab Saudi

Oleh : Candra Mata | Minggu, 19 Mei 2024 - 09:57 WIB

Armada DAMRI siap yang siap beroperasi (Doc: Perum DAMRI).
Armada DAMRI siap yang siap beroperasi (Doc: Perum DAMRI).

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pimpinan DAMRI telah melakukan kunjungan ke Arab Saudi dalam rangka survei investasi dan ekspansi bisnis layanan transportasi haji dan umrah di Arab Saudi, pada Maret 2024.

Kunjungan tersebut sekaligus menindaklanjuti memorandum of understanding (MOU) antara DAMRI dengan BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) tentang Potensi Kerjasama Investasi di Bidang Transportasi Darat, pada November 2023.  

Chrystian R.M Pohan, Corporate Secretary DAMRI mengatakan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk menggali potensi investasi di Arab Saudi sekaligus membangun sinergi antara Pemerintah Indonesia melalui DAMRI sebagai operator transportasi darat dengan Pemerintah Arab Saudi. 

“Layanan ini nantinya sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat dan memperluas jaringan transportasi DAMRI khususnya di wilayah Timur Tengah dan upaya optimalisasi potensi pasar haji dan umrah,” tambah Pohan. 

Selain itu, kerjasama ini juga bertujuan untuk menciptakan devisa negara dan mengembalikan Capital Outflow Republik Indonesia pada industri haji dan umrah di bidang transportasi. 

“Potensi bisnis di Arab Saudi yang dapat menjadi peluang bagi DAMRI di antaranya layanan antar jemput jamaah umroh dan haji, antar jemput wisata (charter), dan pemanfaatan rest area sebagai kantor dan Pool DAMRI,” ucapnya.

Selama di Arab Saudi, pimpinan DAMRI melakukan kunjungan ke beberapa stakeholder terkait, antara lain KJRI Jeddah, Kantor Urusan Haji (KUH), Agen Pemegang Merk (APM), beberapa calon partner yang potesial, serta pihak pihak yang dapat mendukung. 

Selain itu, juga melakukan survei ke berbagai tempat di Jeddah, Mekkah, hingga Madinah, di antaranya Terminal Bus di Jeddah, seperti Terminal Bus Al Balat dan Kereta Sulaymaniyah Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz dan Bandara Haji Jeddah, Terminal Perkotaan di Jabal Thawr Road Mekkah, Terminal bus Ajyad Mekkah, Airport Terminal International Madinah, dan Stasiun Kereta Api Cepat Madinah. 

DAMRI berharap dengan terjalinnya kerjasama ini mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jemaah haji dan umrah yang bermobilitas di kawasan Arab Saudi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

JBA

Selasa, 02 Juli 2024 - 10:26 WIB

Lengkapi Ekosistem Bisnis Perseroan, ASLC Mulai Merambah ke Bisnis Motor Bekas

Emiten perdagangan otomotif omnichannel bisnis penjualan retail mobil bekas (Caroline.id), bisnis lelang (JBA) dan bisnis gadai mobil (MotoGadai), PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) melebarkan…

Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco Arif Kayanto (kanan) sedang meninjau kesiapan booth pameran UMKM binaan Kideco dalam rangkaian acara Bina Mitra UMKM Award 2024

Selasa, 02 Juli 2024 - 07:40 WIB

Kideco Jaya Agung Raih Penghargaan di Ajang Bina Mitra UMKM Award 2024

PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, berhasil meraih penghargaan Gold sebagai Pembina UMKM dan Pendamping UMKM Terbaik 2 yang diberikan kepada…

Demo tolak PPDB DKI Jakarta (Foto: Tribunews)

Selasa, 02 Juli 2024 - 05:55 WIB

DKI Jakarta Sempurnakan PPDB dengan Zonasi Prioritas

Jakarta, FMB9 - Dinas Pendidikan DKI Jakarta (Disdik DKI) terus berkomitmen meningkatkan akses pendidikan melalui penyempurnaan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jakarta.…

Ilustrasi Gedung KPK

Selasa, 02 Juli 2024 - 05:52 WIB

KPK Dorong Penegakan Antikorupsi dalam PPDB

Jakarta, FMB9 - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berupaya mendorong penanaman dan penegakan nilai-nilai antikorupsi dalam semua lingkungan pendidikan, termasuk dalam proses Penerimaan…

SMA 40 yang mendapatkan fasilitas belajar dari Telkom

Selasa, 02 Juli 2024 - 05:46 WIB

Telkom Fasilitasi SMA Negeri 40 Jakarta Wujudkan Kegiatan Belajar Mengajar yang Lebih Efisien dan Transparan

Dalam rangka mendukung digitalisasi di sekolah, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan platform digital yang membantu proses belajar mengajar lewat Pijar Sekolah.