PSMTI Bedah Peluang dan Tantangan Pemerintahan Baru Dalam Wujudkan Kedaulatan Pangan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 April 2024 - 10:57 WIB

PSMTI Bedah Peluang dan Tantangan Pemerintahan Baru Dalam Wujudkan Kedaulatan Pangan
PSMTI Bedah Peluang dan Tantangan Pemerintahan Baru Dalam Wujudkan Kedaulatan Pangan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta memberikan dukungan program pemerintah kedaulatan dan ketahanan pangan nasional.

Hal itu disampaikan Wilianto Tanta dalam pembukaan Seminar Nasional Mewujudkan Kedaulatan dan Ketahanan Pangan Nasional Menuju Indonesia Emas 2045, Kamis 28 Maret 2024, secara daring zoom meetings.

Bagi Wilianto Tanta, PSMTI merupakan organisasi yang sangat peduli dengan perkembangan bangsa Indonesia. Secara organisasi, PSMTI mendukung sepenuhnya menuju Indonesia Emas 2045.

"Kami turut mendukung Indonesia Emas 2045 dan tidak kalah penting, memastikan adanya kedaulatan dan ketahanan pangan bidang nasional. Berangkat dari itu, PSMTI menyelenggarakan sebuah seminar dengan harapan bisa memberikan wawasan kepada masyarakat dan para anggota PSMTI se-Indonesia," ujar Wilianto Tanta.

PSMTI selaku organisasi mendukung penuh pemerintahan sekarang dan yg akan datang dengan menjaga program kedaulatan pangan, karena bagi PSMTI inilah yang menjadi kekuatan bangsa.

Program ini mampu membantu Indonesia menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. Melaluifood  estate, akan  terbentuk  sebuah  integrasi  solid  yang  menghubungkan  petani  dan konsumen secara langsung.

"Kami yakin bahwa seminar ini bisa bermanfaat bagi Indonesia. Ini menjadi komitmen PSMTI untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang," tukasnya.

Disisi lain, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, yang menjadi keynote speaker juga menyampaikan bahwa Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia, akan tetapi memiliki berbagai peluang dan tantangan, sehingga Pemerintah mampu memetakan apa yang menjadi kebutuhan disektor pangan.

"Kami mengajak PSMTI untuk kolaborasi dengan berbagai unsur dan mendukung berbagai kebijakan Pemerintah disektor pangan dari hulu hingga hilir," jelas Arief.

Sambung, Wakil Ketum PSMTI Bidang Kesehatan dan Pendidikan, Prof Ariawan Gunadi, menjelaskan bahwa upaya yang harus dilakukan Pemerintah adalah Pembangunan pertanian yang inklusif dan efisien, Peningkatan infrastruktur dan teknologi pertanian, Kolaborasi lintas sektor dengan entrepreneur untuk mengembangkan ternak lokal.

"Selain itu, harus adanya diversifikasi pertanian dan menerapkan praktik pertanian berkelanjutan, dan Manajemen rantai pasokan pangan yang kuat. Karena Ketahanan pangan merupakan sistem terintegrasi yang terdiri atas 4 aspek: ketersediaan pangan, kemerataan distribusi pangan, keamanan pangan, keterjangkauan pangan. Semuanya harus dipenuhi dan dilaksanakan dengan baik," kata Ariawan.

Untuk itulah, PSMTI menyelengarakan seminar agar masyarakat paham dengan program tersebut. Pakar pangan seperti Hadi Nainggolan yang merupakan CEO Daun Agro Group sekaligus Ketua BPP HIPMI Bidang Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan hadir sebagai pembicara bersama dengan Prof Dr. Ariawan Gunadi, selaku Wakil Ketum PSMTI Bidang Kesehatan dan Pendidikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Utama BNI saat di Kantor Perwakilan di Sidney Australia

Minggu, 08 September 2024 - 07:58 WIB

Kantor Perwakilan BNI di Sydney Siap Disulap Jadi Kantor Cabang Tahun Depan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperluas jaringan internasional dengan meresmikan Kantor Perwakilan BNI di Sydney, Australia.

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…