Direktur Kao Indonesia: Jababeka di Hati Karena Menjadi Rumah Pertama Kami

Oleh : Amru, Eddy, Abi | Selasa, 26 Maret 2024 - 05:28 WIB

Direktur PT KAO Indonesia, Kouji Kogasaki.
Direktur PT KAO Indonesia, Kouji Kogasaki.

INDUSTRY.co.id - Exclusive, Interview - Direktur PT Kao Indonesia, Kouji Kogasaki memiliki selera humor yang bagus. Semua pandangannya, disampaikannya dengan humble dan hangat, namun tetap kritis dalam mengomentari berbagai macam topik terkait bisnis Kao Indonesia.

Sosok tinggi tegap pecinta sate ayam dan nasi goreng ini telah memberikan warna tersendiri di lingkungan PT Kao Indonesia. 

“Pak Kogasaki ” demikian Kouji Kogasaki disapa, belum lama ini  berbincang-bincang dengan redaksi INDUSTRY.co.id seputar sepak terjang PT Kao Indonesia, terutama kesannya selama berkantor di Kawasan Industri Jababeka (KIJA), Cikarang. Berikut petikan wawancaranya:

Bisa cerita awal mula Kao Indonesia menjadi tenant Jababeka?

Tahun 1985 adalah awal perjalanan Kao di Indonesia. Dalam pendiriannya di Indonesia. Kao Indonesia merupakan Perusahaan Joint Venture antara Kao Corporation dengan PT Rodamas melalui PT Dino Indonesia Industrial Ltd.

Lalu kemudian, tahun 1990 PT Dino Kao Indonesia didirikan sebagai Perusahaan distributor dari PT Dino Indonesia Industrial Ltd,. 

Dan pada 1996 Kao memutuskan membangun fasilitas produksi pertamanya di Jababeka Cikarang dan selanjutnya pada tahun 2012 membangun pabrik kedua di Karawang.

Apa kesan Anda terhadap Jababeka?

Jababeka memiliki tempat yang spesial (di hati) untuk kami, karena di sini, pabrik sebagai rumah pertama kami dibangun. Kami mengucapkan terimakasih kepada Jababeka yang telah mendukung kami selama ini. Baik dukungan terhadap  pengembangan fasilitas produksi. 

Dan selama berada di Jababeka, perjalanan kerjasama dimulai dengan baik sejak tahun 1996. Hingga saat ini kami sudah bertumbuh dengan baik di Jababeka dan kami optimis terkait pengembangan fasilitas produksi seiring dengan bertumbuhnya bisnis Perusahaan.

Bagaimana dengan dukungan pelayanan dan fasilitas di Jababeka?

Ya, sampai saat ini kami puas atas pelayanan yang diberikan Jababeka atas fasilitas yang diberikan untuk factory kami. Ke depan kami sedang fokus pada perkembangan solar panel energy.

Sementara untuk factory, kami berharap Jababeka membantu kami untuk mewujudkannya.

Berapa jumlah pabrik yang dimiliki Kao Indonesia?

Saat ini kami memiliki dua fasilitas produksi satu di Jababeka dan yang satunya berada di Karawang. Selain itu kami memiliki Logistic Center, kantor cabang serta perwakilan distributor di seluruh Indonesia.

Berapa total jumlah karyawan Kao Indonesia?

Jumlah karyawan perusahaan lebih dari 2000 karyawan yang mayoritas berada di kedua fasilitas produksi kami lalu tersebar di kantor pusat, logistic center dan kantor cabang serta perwakilan distributor.

Apa langkah strategis dari Kao Indonesia?

 Tentu saja Kao Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dan bertransformasi dalam menyediakan layanan dan produk dengan kualitas terbaik untuk Masyarakat Indonesia melalui pendekatan ESG Strategi dalam payung “Kirei Lifestyle Innovation”.

Dari sisi produksi, pertama, langkah strategi kami adalah memastikan keselamatan karyawan “Safety First, Go Anzeni” Kemudian selanjutnya adalah mengenai kualitas produk yang selalu dipertahankan dan dikembangkan melalui berbagai invoasi dan teknologi yang seperti empowering speed activity. 

Dan dari sisi keberlanjutan, inisiatif utama yang kami lakukan adalah energy efficiency dengan pengembangan Solar Panel, REC, dan study Biomethane.  

Lalu tentang rencana sehingga harapannya produk kami dapat diterima dengan baik sesuai harapan pelanggannya.

Bisa diceritakan makna Kirei Lifestyle yang menjadi misi Kao?

Kao secara global memiliki strategi ESG (Environmental, Social dan Governance) yang kami sebut Kirei Lifestyle Plan. Dalam implementasi nya di Indonesia tentu saja kami melakukan beberapa pendekatan lokal yang disesuaikan dengan budaya, norma dan value serta kebutuhan Masyarakat Indonesia. 

Kirei Lifestyle Plan kami wujudkan dalam terobosan inovasi produk dan layanan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup Masyarakat. 

Kirei berarti Indah, cantik, bersih dan peace of mind dalam keseharian di lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini lah yang mau kami persembahkan melalui produk-produk kami agar Masyarakat dapat menjalani gaya hidup Kirei.

Apa hobi Anda?

Saya senang membaca buku. Setiap malam sebelum tidur saya selalu melakukan kegiatan membaca bahkan sampai akhirnya tak sadar menyudahinya dengan tertidur.

Saya membaca semua jenis bacaan, tidak hanya novel misteri dan lainnya. Karena dengan kegiatan membaca tersebut saya mendapatkan banyak informasi.

Sudah berapa lama Anda berada di Indonesia?

Saya sudah dua tahun 10 bulan. Namun keluarga saya ada di Jepang. Sebenarnya saya ingin keluarga ada bersama saya di Indonesia tetapi ada hal yang belum memungkinkan. Salah satunya karena anak saya sedang menempuh Pendidikan.

Apa makanan favorit Anda selama di Indonesia?

Sate ayam, saya suka, nasi goreng juga saya suka

Apa filosofi hidup Anda?

Filosofi hidup saya sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi our founder yaitu “good fortune is given only to those who work diligently and behave with integrity” yang dimana itu menjadi bagian dari budaya Perusahaan yaitu The Kao Way. (ada tertulis di dinding kantor kami).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Thomas Franken, Direktur K, Portfolio Plastics & Rubber, Messe Düsseldorf GmbH dan Rini Sumardi Direktur Wakeni (wahana kemala niaga)

Kamis, 21 November 2024 - 14:51 WIB

Messe Duesseldorf Ajak Industri Plastik dan Karet Indonesia Akselerasi Penerapan Industri Hijau Melalui Pameran K

Jakarta– Messe Düsseldorf selaku penyelenggara pameran K mengajak para pengusaha industri plastik dan karet Indonesia untuk mengakselerasi penerapan industri hijau di lingkungan bisnis mereka.

Peluncuran Nippon Paint Spotless Plus Series

Kamis, 21 November 2024 - 14:26 WIB

Nippon Paint Luncurkan Spotless Plus Series Dengan Inovasi AirGuard Technology untuk Rumah Lebih Sehat

Nippon Paint meluncurkan Spotless Plus Series dengan hasil akhir Matt & Sheen, cat interior ultra-premium dengan spesifikasi setara untuk project rumah sakit, kini dapat digunakan oleh para…

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad

Kamis, 21 November 2024 - 13:42 WIB

Peringatan Bulan Mutu Nasional 2024: Standardisasi untuk Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan

Dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan mendukung target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 %, Pemerintah Indonesia terus mendorong penerapan pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam…

Bank Saqu rayakan satu tahun perjalanan dengan menghadirkan program Rising Stars

Kamis, 21 November 2024 - 12:42 WIB

Rayakan Satu Tahun Perjalanan, Bank Saqu Gelar Rising Stars sebagai Ajang Apresiasi Bagi Mitra Strategis

Dalam rangka merayakan perjalanan tahun pertama yang penuh inspirasi, Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab, menggelar acara…

Pameran SIAL Interfood

Kamis, 21 November 2024 - 11:19 WIB

Korea Pavilion Hadirkan 24 Brand Ternama di SIAL Interfood 2024

Kementerian Pertanian Republik Korea bersama dengan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) berpartisipasi dalam Pameran Pangan Terbesar se-Indonesia, SIAL Interfood 2024 yang…