Silmy Karim Beri Kemudahan Calon Haji

Oleh : Wiyanto | Rabu, 28 Februari 2024 - 12:14 WIB

Jemaah haji (Foto Dok Industry.co.id)
Jemaah haji (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Layanan keimigrasian bagi Jamaah Haji Indonesia hadir di Solo dan Surabaya.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmy Karim mengatakan kemudahan layanan keimigrasian melalui Makkah Route Initiatives (MRI) bagi jamaah calon haji Indonesia segera hadir di Solo dan Surabaya.

Silmy menjelaskan MRI memungkinkan jamaah calon haji untuk memenuhi semua persyaratan visa di bandara keberangkatan sehingga menghemat waktu berjam-jam menunggu saat tiba di Arab Saudi. Demikian mengutip keterangan tertulis di Jakarta, Selasa

Selain itu, pemeriksaan keimigrasian oleh Imigrasi Arab Saudi dilakukan sebelum keberangkatan sehingga jamaah tidak perlu melewati tahapan imigrasi di Bandara tujuan.

"Saya sangat mengapresiasi, berterima kasih, dan mendukung sepenuhnya kemudahan keimigrasian bagi jamaah calon haji,” kata Silmy dalam pertemuan dengan Dirjen Imigrasi Arab Saudi Sulaiman bin Abdul Aziz di Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi Kerajaan Arab Saudi, Riyadh, Senin (26/2).

Pada tahun sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi telah memberlakukan layanan pemeriksaan prakedatangan di Bandara Soekarno-Hatta melalui MRI. Skema tersebut diperuntukkan jamaah haji dari sejumlah negara, salah satunya Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Silmy pun menawarkan agar layanan MRI dapat diperluas tidak hanya di Bandara Solo dan Surabaya, melainkan juga berbagai bandara lain di Indonesia.

Dia turut membuka pembicaraan mengenai kemungkinan skema itu diterapkan secara resiprokal, tempat petugas imigrasi Indonesia melakukan pemeriksaan keimigrasian prakepulangan pada bandara di Arab Saudi sebelum para jamaah haji kembali ke Indonesia.

"Secara resmi nanti kami akan bersurat. Hal ini menjadi perhatian kami, bagaimana caranya agar para tamu Allah ini bisa kami permudah prosesnya saat berangkat dan pulang," jelas Silmy.

Dirjen Imigrasi Arab Saudi Sulaiman bin Abdul Aziz menyambut baik usulan tersebut dan mengutarakan harapannya untuk bisa menyelesaikan permasalahan warga negara Indonesia lainnya, seperti visa, izin tinggal, dan daftar hitam (blacklist).

"Tetapi, kami juga berkomitmen untuk mempermudah proses pelayanan bagi jamaah haji dan umrah asal Indonesia,” kata Sulaiman.

Silmy berharap pertemuan dengan Dirjen Imigrasi Arab Saudi akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam upaya perlindungan terhadap WNI, khususnya di Arab Saudi.

"Dirjen Imigrasi Arab Saudi sangat terbuka dan memiliki itikad baik untuk membantu menyelesaikan permasalahan WNI di Arab Saudi dengan memberikan kemudahan-kemudahan bagi warga Indonesia yang bermasalah di sana," ujar Silmy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Asuransi Indonesia, Yulius Bhayangkara di Hari Asuransi

Jumat, 18 Oktober 2024 - 14:11 WIB

Ini Upaya Menerobos Masyarakat Melek Asuransi

Hari Asuransi diperingati setiap tanggal 18 Oktober, yang juga bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan, tahun ini tercatat menjadi perayaan Hari Asuransi yang ke-18. Menggunakan momentum yang…

simbolis menyetorkan sampah kemasan plastik Super Indo dan PZ Cussons pada kick off “Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik.”

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Super Indo dan PZ Cussons Luncurkan Program Pengelolaan Sampah Plastik Berhadiah

Super Indo berkolaborasi dengan PZ Cussons Indonesia dalam peluncuran program inovatif bertajuk “Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik.”

Program CSR terintegrasi seperti yang diinisiasi oleh MNC Group, diyakini akan membawa dampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:27 WIB

MNC Group Dorong Sinergi Nasional CSR untuk Percepat Pembangunan Infrastruktur di Daerah Tertinggal

MNC Peduli, sebagai sayap sosial dari MNC Group, telah berperan aktif dalam berbagai proyek pembangunan, termasuk penyediaan jembatan penghubung di pedesaan, akses air bersih, serta fasilitas…

Pembukaan Gerai Baru Hokben+

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:11 WIB

HokBen Hadirkan Suasana Baru Melalui Pembukaan Gerai HokBen+ di Grand Kota Bintang Bekasi

Untuk memanjakan konsuman sekaligus mengapresiasi para pelanggan setianya, HokBen menghadirkan sebuah pengalaman istimewa melalui pembukaan gerai HokBen+(Plus) yang menjadi tempat berinovasi…

atas dari kiri: Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia, Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communications & Government Affairs Mondelez Indonesia, (bawah ki-ka) Era Soekamto selaku perancang busana dan Nusantara Wisdom Consultant dan Nadine Chandrawinata selaku kain tradisional enthusiast dan public figure dalam peluncuran edisi spesial Oreo Batik.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:05 WIB

Oreo Luncurkan Edisi Khusus Wastra, Angkat Keberagaman Budaya Indonesia

Oreo memperkenalkan edisi spesial dengan kemasan yang terinspirasi dari berbagai corak wastra Nusantara, dari 4 jenis wastra dari berbagai daerah, di antaranya Batik Mega Mendung dari Cirebon,…